Mohon tunggu...
nauval alfarizi
nauval alfarizi Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

hobi pembaca dan menulis, memiliki kepribadian yang supel dan ramah.

Selanjutnya

Tutup

Book Pilihan

Menunjang Pariwisata dengan Manajemen Strategi Pemasaran Hotel

3 November 2022   10:22 Diperbarui: 3 November 2022   10:37 621
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Identitas Buku

Judul Buku      : Manajemen Strategi Pemasaran dan Penjualan Hotel

Penulis             : Zulkifli Harahap, Dino Leonandri, Daniel Sihombing, Enos Julvirta Sinuraya, dan Hariman.

Penerbit           : Inteligensia Media (Intrans Publishing Group)

Tahun Terbit   : 2021

Halaman          : x + 290 hlm

ISBN               : 978-623-6548-90-5

Akhir-akhir ini banyak sekali bermunculan tempat wisata atau tempat rekreasi baru. Hampir di setiap kota memiliki tempat wisata terbaru. Tidak dapat dipungkiri, hal tersebut dapat terjadi karena masih banyak sumber daya alam dan model inovasi di dunia pariwisata. Sumber daya alam tidak dapat menjadi objek pariwisata tanpa bantuan sumber daya manusia di dalamnya.

Pertumbuhan sektor pariwisata yang semakin pesat tentunya perlu didukung dengan segi sarana dan prasarana termasuk tempat penginapan. Manajemen dalam strategi memasarkan dan penjualan hotel menjadi poin penting yang perlu dipegang oleh pengelola hotel. Hotel yang menarik dan juga memiliki daya saing tentunya akan semakin diminati oleh para pengunjung, baik pengunjung dalam negeri maupun luar negeri. Tak hanya melulu terkait pariwisata, tempat penginapan juga dibutuhkan bagi mereka yang sedang bepergian jauh, melakukan kunjungan kerja, perjalanan dinas, dan aktivitas lain yang membutuhkan tempat penginapan dengan sarana dan prasarana yang lengkap.

Manajemen pemasaran dan penjualan hotel merupakan hal yang krusial, oleh karena itu buku ini hadir. Buku ini berjudul Manajemen Strategi Pemasaran dan Penjualan Hotel, dan berisi banyak penjelasan tentang aspek manajemen strategi pemasaran dalam sebuah hotel. Buku ini terdiri dari 11 bab. Pada bab-bab awal, disuguhkan materi seputar konsep, karakteristik, hingga fungsi manajemen pemasaran. Selanjutnya, pemaparan materi pada bab-bab pertengahan membahas organisasi departemen penjualan dan promosi hotel, hubungan investasi hotel dengan strategi penentuan Room Rate. Pada bagian akhir, dibahas pula seputar citra merek, harga jual produk dan kualitas layanan perhotelan.

Buku ini sekiranya cocok bagi seseorang yang hendak masuk dalam bisnis perhotelan atau pembaca awam yang suka terhadap dunia perhotelan. Pemaparan materi seputar manajemen strategi pemasaran dijelaskan dengan sangat rinci. Hal tersebut merupakan sebuah keunggulan dari buku ini. Tidak hanya itu, keunggulan lain dari buku ini cukup banyak. Kaya akan teori dari para ahli. Materi yang disampaikan oleh penulis tidak hanya sebatas pengetahuan penulis, namun didukung oleh para ahli yang sudah tidak perlu diragukan lagi kebenarannya. Hal tersebut pastinya membuat pembaca menjadi yakin dan percaya kalau materi yang disampaikan itu benar.

Kelebihan berikutnya dari buku ini adalah diberikan gambar-gambar atau ilustrasi pendukung. Tidak melulu berisi tulisan, buku ini dilengkapi dengan gambar, foto, atau ilustrasi yang berkaitan dengan pembahasan. Hal tersebut kiranya dapat membuang rasa jenuh saat membaca. Terkadang kita merasa jenuh ketika membaca sebuah buku yang hanya berisi tulisan saja. Diberikan contoh yang jelas dan rinci. Setelah diberikan pembahasan yang sudah cukup jelas dan rinci, tidak lupa diberikan contoh penerapannya. Hadirnya contoh, kiranya dapat memberikan kemudahan bagi pembaca terkait pemahaman terhadap materi yang sedang dibahas. Dilengkapi dengan kiat-kiat atau formula yang dapat memberikan keberhasilan. Penjelasan yang rinci tersebut, salah satunya berupa penjabaran formula yang tentunya berguna bagi pembaca. Selanjutnya, poin kekurangan dalam buku ini masih belum ditemukan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun