Di era serba digital saat ini, media sosial memiliki peran penting dalam fenomena-fenomena sosial. Banyaknya konten-konten kreatif yang bertebaran membuat pekerjaan Content Creator semakin diminati. Content Creator sendiri adalah sebutan bagi orang yang memproduksi konten di sosial media. Membuat konten sangatlah mudah, dengan satu gadget pun dapat menghasilkan beberapa konten.
Penyebaran konten di media sosial sangatlah cepat yang kemudian berkembang beberapa tren. Sebuah konten yang berkembang menjadi tren dapat dimonetisasi. Tren-tren tersebut juga berpengaruh terhadap fenomena-fenomena sosial yang terjadi di masyarakat. Banyak hal dapat dipengaruhi oleh tren-tren di media sosial seperti perkembangan fashion, gaya hidup, dan makanan. Namun, ada pula Content Creator yang membuat konten edukasi.
Melihat bagaimana mudahnya membuat konten dan dampak besar yang dihasilkan membuat profesi Content Creator semakin diminati. Selain itu, penghasilan yang dihasilkan oleh Content Creator tidaklah sedikit.
Content Creator mampu menghasilkan jutaan hanya dari satu konten. Semakin banyak peminat profesi Content Creator, semakin banyak pula persaingan yang terjadi. Meskipun mudah, Content Creator perlu memperhatikan 5 hal-hal penting berikut agar mampu bersaing dengan Content Creator lainnya.
1.Kecepatan Internet
Tidak dapat dipungkiri bahwa kecepatan internet dibutuhkan dalam proses pembuatan konten. Content Creator yang terkendala oleh kecepatan internet akan lebih sulit dalam membuat konten dibandingkan dengan Content Creator yang terfasilitasi internet cepat. Oleh karena itu, diperlukan internet provider yang mumpuni. Banyak Content Creator yang menggunakan internet provider mahal. Namun, ada pula internet provider murah dan cepat seperti IndiHome dari Telkom Indonesia.
2.Kualitas Internet
Content Creator memerlukan internet yang berkualitas dalam membuat konten untuk menjamin keamanan dalam berinternet. IndiHome milik Telkom Indonesia adalah salah satu internet provider yang berkualitas dan aman.
3.Penggunaan Internet dengan Efisien
Menggunakan internet dengan efisien juga termasuk hal yang diperhatikan oleh para Content Creator. Terkadang, konsumsi internet para Content Creator dapat dibilang lebih banyak ketimbang pengguna internet biasa. Maka dari itu, Content Creator dipaksa untuk mampu menggunakan internet dengan efisien demi menjaga kestabilan keuangan. Namun, Content Creator dapat menggunakan internet provider yang murah seperti IndiHome.
4.Kreativitas
Kreativitas merupakan bagian penting dalam pembuatan konten. Content Creator dipaksa untuk mampu berpikir out of the box saat membuat konten karena konten yang menarik dan kreatif lebih digemari ketimbang konten yang terbilang biasa saja.
5.Strategi
Hal terakhir yang perlu diperhatikan dalam pembuatan konten ialah strategi. Content Creator perlu memiliki target audience yang jelas. Oleh karena itu, strategi diperlukan agar konten mencapai target audience yang tepat.
Mungkin bagi beberapa orang, profesi Content Creator tidak begitu diperlukan. Namun nyatanya Content Creator adalah salah satu pelaku penting dalam penyebaran informasi di medja sosial. Maka dari itu, jadilah Content Creator yang bijak dan pengguna media sosial diharapkan mampu memilih Content Creator yang tepat dan faktual.
Saat ini, sudah banyak perusahaan yang menggunakan jasa profesi Content Creator dalam promosi produk secara digital atau yang kerap kali disebut digital marketing. Di era digital saat ini, digital marketing terbilang lebih efektif ketimbang promosi produk secara tradisional. Perusahaan membayar Content Creator untuk diharapkan mampu membuat suatu produk untuk viral di sosial media. Generasi saat ini melihat peluang yang besar dalam profesi Content Creator sehingga Content Creator menjadi salah satu profesi yang paling diminati saat ini.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H