Naurah Sekar Athirah
Mahasiswi Fikom Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
Dosen: Saeful Mujab, S. Sos, M.I.Kom
Perkembangan teknologi saat ini menghadirkan berbagai media baru, salah satunya yaitu media sosial. Kegiatan komunikasi sudah semakin mudah dengan adanya media sosial sebagai sarananya.
Beberapa manfaat dari media sosial yaitu sebagai sarana penyebaran informasi, wadah interaksi dan komunikasi, serta sarana untuk membangun hubungan pertemanan yang efektif.
Media sosial yang saat ini banyak digunakan oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia adalah Instagram, dimana didalam Instagram para pengguna dapat mengunggah postingan foto atau video yang dapat dilihat oleh banyak orang atau pengguna Instagram lainnya.
Instgram juga dapat digunakan sebagai saluran komunikasi politik, salah satunya digunakan untuk kampanye politik, kampenye politik merupakan kegiatan untuk memengaruhi proses pengambilan keputusan para pemilih dan juga ajang untuk menarik perhatian para pemilih kepada calon kandidat pemilihan.
Pada tanggal 3 Oktober 2022, Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden pada pemilihan presiden 2024 nanti. Nasdem memilih Anies Baswedan menjadi calon presiden dari partainya karena dianggap memiliki keyakinan pemikiran -- pemikiran dalam perspektif baik secara makro maupun mikro.
Anies Baswedan pun menggunakan Instagram pribadinya untuk mengabadikan momen kampanye yang dilakukannya. Ia menawarkan kepada masyarakat rekam jejak yang telah ia lakukan selama menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta periode 2017 -- 2022. Selain itu, ia pun memiliki tim pendukung yaitu Relawan IndonesiAnies sebagai relawan untuk membantunya dalam kampanye calon presiden periode 2024 -- 2029 dan ingin mengajak masyarakat untuk bersama-sama mengedepankan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
Anies Baswedan juga telah melakukan beberapa safari politik ke beberapa wilayah di Indonesia, seperti di Ciamis, Medan, Palu, hingga Aceh.
Dengan adanya media sosial, para tokoh politik atau pemerintah dapat menyebarkan informasi, melihat reaksi masyarakat, dan dapat dijadikan saluran komunikasi politik seperti kampanye ini.
Selain sebagai media penyampaian informasi oleh tokoh politik atau pemerintah, melalui media sosial masyarakat juga dapat melihat, menilai, dan memberikan masukan atau aspirasi mereka terhadap kinerja pemerintah.
Namun, siapapun nantinya yang menjadi Presiden RI periode 2024 -- 2029, semoga dapat menjalankan tugasnya sesuai dengan rencana yang ditawarkan kepada masyarakat dan menjalankan tugasnya untuk kepentingan masyarakat Indonesia.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H