Mohon tunggu...
Lulu Naura Nur Syahidah
Lulu Naura Nur Syahidah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mendengarkan musik adalah hal yang wajib kulakukan tiap harinya, dengan hobi membaca dan juga olahraga sebagai pelengkap. Kesukaanku makanan pedas dan asin, juga kamu.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Konsep Kematangan dalam Psikologi Pendidikan dan Pengaruhnya dalam Teori Belajar Behavioristik dan Humanistik

28 Oktober 2024   15:41 Diperbarui: 28 Oktober 2024   16:40 44
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Dalam psikologi pendidikan, pemahaman tentang kematangan sangat penting untuk mengoptimalkan proses belajar. Kematangan mencakup aspek fisik, emosional, sosial, dan kognitif yang mempengaruhi kesiapan individu dalam belajar dan beradaptasi dengan lingkungan. Artikel ini membahas konsep kematangan serta pengaruhnya dalam dua pendekatan psikologi belajar, yaitu teori behavioristik dan humanistik, yang masing-masing menawarkan wawasan berbeda tentang proses pembelajaran.

Konsep Kematangan dan Aspek-aspeknya

Kematangan (maturation) merujuk pada kondisi di mana individu mencapai tingkat perkembangan tertentu, baik secara biologis maupun psikologis, yang memungkinkan mereka untuk berfungsi optimal dalam belajar. Aspek-aspek kematangan meliputi:

  1. Kematangan Sosial: Kemampuan untuk beradaptasi dengan norma sosial dan berinteraksi secara efektif.
  2. Kematangan Emosional: Keterampilan untuk mengelola emosi dan membina hubungan harmonis dengan orang lain.
  3. Kematangan Intelektual: Kemampuan berpikir kritis dan menganalisis informasi yang penting untuk memecahkan masalah.
  4. Kematangan Fisik: Kesiapan tubuh dan sistem saraf untuk melakukan aktivitas belajar.

Dengan memahami aspek-aspek ini, pendidik dapat mengukur kesiapan belajar siswa sehingga mampu menyediakan pendekatan pengajaran yang sesuai.

Teori Belajar Behavioristik

Teori behavioristik memandang belajar sebagai perubahan perilaku yang terjadi akibat hubungan stimulus-respons. Teori ini menitikberatkan pada peran lingkungan dalam memodifikasi perilaku melalui penguatan atau hukuman. Tokoh utama dalam teori ini, seperti Thorndike, Pavlov, dan Skinner, mengembangkan konsep-konsep berikut:

  • Classical Conditioning (Pavlov dan Watson): Perubahan perilaku melalui stimulus yang berulang-ulang.
  • Operant Conditioning (Skinner): Menekankan pentingnya penguatan (reward) dan hukuman untuk membentuk perilaku.
  • Connectionism (Thorndike): Belajar adalah proses trial-and-error yang memperkuat hubungan antara stimulus dan respons.

Dalam praktik pembelajaran, teori ini diterapkan melalui penguatan positif, pembiasaan, dan latihan berulang-ulang untuk mendorong kebiasaan belajar.

Teori Belajar Humanistik

Pendekatan humanistik, yang dipelopori oleh tokoh seperti Maslow dan Rogers, memandang individu sebagai makhluk yang memiliki potensi untuk berkembang secara bebas. Teori humanistik mengedepankan pembelajaran yang berfokus pada pencapaian aktualisasi diri dan pemenuhan kebutuhan dasar. Beberapa prinsip utama dari teori ini adalah:

  1. Hierarki Kebutuhan (Maslow): Menyatakan bahwa individu harus memenuhi kebutuhan dasar, seperti kebutuhan fisiologis, rasa aman, cinta, penghargaan, dan aktualisasi diri.
  2. Pembelajaran Bermakna (Rogers): Menekankan pentingnya pengalaman belajar yang relevan dan bermakna bagi siswa.
  3. Self-actualization: Potensi tertinggi seseorang dalam mencapai tujuan dan aspirasi pribadi.

Penerapan teori humanistik dalam pembelajaran memungkinkan siswa untuk berkembang secara mandiri, memilih tujuan mereka sendiri, dan belajar melalui eksplorasi dan pengalaman langsung.

Implikasi dalam Pembelajaran

  1. Behavioristik: Dalam konteks pendidikan, teori behavioristik menekankan pentingnya penguatan melalui reward dan punishment. Hal ini sering diaplikasikan dalam pengelolaan kelas, seperti memberikan penghargaan kepada siswa yang berprestasi atau hukuman ringan untuk kesalahan tertentu. Pendidik dapat merancang pembelajaran yang terstruktur dengan aktivitas yang diulang-ulang agar keterampilan siswa terbentuk menjadi kebiasaan.

  2. Humanistik: Teori humanistik mengajarkan pendidik untuk melihat siswa sebagai individu unik yang memiliki kebutuhan emosional dan sosial. Proses belajar diatur sedemikian rupa agar siswa dapat mengembangkan pemikiran kritis, kreativitas, dan pemahaman diri. Dalam pendekatan ini, guru bertindak sebagai fasilitator yang mendukung siswa dalam menemukan makna dan tujuan belajar mereka sendiri.

Kesimpulan

Kematangan individu dan pendekatan belajar behavioristik serta humanistik memberikan landasan penting bagi psikologi pendidikan. Behaviorisme, dengan pendekatan penguatan dan respons yang sistematis, cocok untuk pembelajaran yang terstruktur. Sementara itu, pendekatan humanistik mendukung pencapaian potensi penuh siswa melalui pengalaman belajar yang personal dan bermakna. Kombinasi dari kedua pendekatan ini dapat menciptakan lingkungan belajar yang holistik dan adaptif, yang responsif terhadap kebutuhan individu serta mendorong perkembangan intelektual, emosional, dan sosial siswa.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun