Mohon tunggu...
Lulu Naura Nur Syahidah
Lulu Naura Nur Syahidah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mendengarkan musik adalah hal yang wajib kulakukan tiap harinya, dengan hobi membaca dan juga olahraga sebagai pelengkap. Kesukaanku makanan pedas dan asin, juga kamu.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Peran Hereditas dan Lingkungan dalam Perkembangan Individu

28 Oktober 2024   14:41 Diperbarui: 28 Oktober 2024   14:49 16
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar oleh Lubov Lisitsa dari Pixabay

Perkembangan manusia merupakan proses kompleks yang dipengaruhi oleh dua faktor utama: hereditas (faktor genetik) dan lingkungan. Hereditas dan lingkungan sering kali berinteraksi dan saling melengkapi dalam membentuk kepribadian, perilaku, dan potensi seorang individu. Artikel ini akan membahas peran kedua faktor tersebut dalam perkembangan manusia, serta teori-teori utama yang menjelaskan hubungan antara hereditas dan lingkungan.

Hereditas dan Lingkungan: Dasar Pembentukan Individu

  1. Hereditas: Merujuk pada potensi yang diwariskan melalui gen dari orang tua kepada anak. Potensi ini mencakup sifat fisik, seperti bentuk tubuh dan warna kulit, serta bakat dan kecerdasan. Selain itu, hereditas juga berperan dalam menentukan sifat-sifat psikologis, seperti kecenderungan untuk bersikap ekstrovert atau introvert. Dalam perspektif psikologi Islam, hereditas mencakup fitrah yang menjadi dasar bagi potensi bawaan individu yang dapat dikembangkan melalui interaksi dengan lingkungan.

  2. Lingkungan: Faktor lingkungan mencakup segala hal yang memengaruhi individu dari luar, termasuk faktor fisik, psikologis, dan sosio-kultural. Lingkungan berperan penting dalam memfasilitasi perkembangan potensi bawaan. Faktor seperti pola asuh keluarga, pendidikan, status sosial, dan budaya dapat mempengaruhi kepribadian serta sikap individu terhadap diri sendiri dan orang lain.

Teori-Teori Perkembangan: Empirisme, Nativisme, dan Konvergensi

  1. Teori Empirisme: Dikemukakan oleh John Locke, teori ini menyatakan bahwa individu lahir tanpa membawa sifat bawaan, layaknya "kertas putih" yang baru akan diisi oleh pengalaman dan lingkungan. Menurut teori ini, pendidikan dan pengalaman eksternal menjadi faktor utama dalam perkembangan manusia. Jean-Jacques Rousseau juga menekankan bahwa sifat baik atau buruk seseorang terbentuk dari lingkungan.

  2. Teori Nativisme: Teori ini dipelopori oleh Arthur Schopenhauer yang menyatakan bahwa sifat bawaan sudah ada sejak lahir dan berperan besar dalam membentuk kepribadian dan perilaku seseorang. Dalam pandangan ini, lingkungan dianggap memiliki peran yang minimal dalam memengaruhi perkembangan, sehingga faktor genetik menjadi penentu utama karakter individu.

  3. Teori Konvergensi: Dikembangkan oleh William Stern, teori ini menggabungkan unsur empirisme dan nativisme. Teori ini mengemukakan bahwa perkembangan individu merupakan hasil interaksi antara faktor hereditas dan lingkungan. Individu lahir dengan bakat atau potensi tertentu yang akan berkembang optimal jika berada dalam lingkungan yang mendukung. Sebagai contoh, seorang anak berbakat dalam musik akan berkembang lebih baik jika mendapat dukungan dan pelatihan yang memadai.

Faktor-Faktor Penentu Perkembangan

  1. Faktor Hereditas: Dalam konteks perkembangan, hereditas meliputi aspek seperti bakat, kecerdasan, dan kepribadian. Misalnya, seorang anak yang mewarisi bakat seni dari orang tua cenderung memiliki kemampuan seni yang lebih baik dibandingkan anak yang tidak memiliki bakat bawaan serupa.

  2. HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
    Lihat Pendidikan Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun