Review Jurnal "Implementasi Digital Marketing Guna Peningkatan Peluang Pasar Produksi Hasil Ternak Puyuh di Desa Galuga"
Disusun Oleh : Enok Rusmanah, Arie Wibowo Irawan , Fredi Andria
Judul : "Implementasi Digital Marketing Guna Peningkatan Peluang Pasar Produksi Hasil Ternak   Puyuh di Desa Galuga"
Volume : Vol 6, Nomor 1
Tahun : 10-10-2019
Penulis : Enok Rusmanah, Arie Wibowo Irawan , Fredi Andria
Reviewer : Naufal Wibisono R (021121372) 7 I
Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian ini  adalah untuk :
1. Memberikan pemahaman mengenai peluang pasar mengenai diversifikasi/diferensiasi produk.
2. Memberikan pengetahuan mengenai digital marketing untuk meningkatkan kemampuan penguasaan cara pemasaran digital di   bidang peternakan,
3. Meningkatkan kemampuan membuat akun pribadi/usaha di bidang peternakan
Subjek Penelitian
    Subjek penelitian ini adalah masyarakat Desa Galuga, khususnya para peternak puyuh skala UMKM dan perangkat desa yang terlibat dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mereka mengenai digital marketing dan strategi pemasaran untuk produk ternak puyuh.
Metode Penelitian
Metode penelitian yang digunakan adalah presentasi, pembuatan buku ajar sebagai buku panduan dengan bahasa yang sederhana, serta tutorial pembuatan akun aplikasi media sosial. Metode pelatihan dilaksanakan melalui kombinasi tutorial dan praktik langsung, dengan pengamatan kerja pembuatan akun media sosial dalam aplikasi digital marketing.
Variabel yang diteliti dalam penelitian ini mencakup:
      (1) Peluang pasar mengenai diversifikasi/diferensiasi produk,
      (2) Pengetahuan mengenai digital marketing untuk meningkatkan kemampuan  penguasaan cara pemasaran digital di    bidang peternakan
      (3) Kemampuan membuat akun pribadi/usaha di bidang peternakan.
Hasil Penelitian
      Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta pelatihan, yaitu peternak puyuh di Desa Galuga, menunjukkan minat terhadap peluang bisnis baru setelah mengikuti pelatihan digital marketing. Meskipun demikian, mereka menghadapi kendala teknis dan keberanian untuk mencoba. Pelatihan ini diharapkan dapat membantu peternak meningkatkan produksi dan penjualan mereka dengan memanfaatkan platform online untuk terhubung dengan pelanggan dan mitra potensial. Saran untuk keberlanjutan program mencakup pendampingan rutin dan peningkatan pemahaman teknologi.
Kelemahan Penelitian
     Kelemahan dari jurnal ini kurangnya data yang diberikan seperti berapa sampel yang mengikutu pelatihan serta perlu penelitian selanjutnya untuk mengetahui apakah penerapan dari jurnal ini berhasil atau gagal.
Kesimpulan
    Kesimpulan dari jurnal ini adalah bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Desa Galuga oleh tim Fakultas Ekonomi Unpak berhasil meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peternak puyuh dalam digital marketing. Pelatihan yang berlangsung selama 3 hari ini mencakup tutorial dan praktik langsung dalam pembuatan akun media sosial, serta materi tentang pengelolaan ternak puyuh dan strategi pemasaran. Meskipun peserta menunjukkan minat terhadap peluang bisnis baru, mereka juga menghadapi kendala teknis dan keberanian untuk mencoba. Oleh karena itu, saran untuk keberlanjutan program mencakup pendampingan rutin dan peningkatan pemahaman teknologi agar peternak dapat memanfaatkan platform online untuk meningkatkan produksi dan penjualan mereka.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI