Mohon tunggu...
Naufal Ardi
Naufal Ardi Mohon Tunggu... Wiraswasta - Kurir paket

Hobi main game dan kulinee

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

peran manajemen risiko dalam meningkatkan kinerja perusahaan PT Sicepat Ekspres Indonesia

15 Oktober 2024   21:10 Diperbarui: 15 Oktober 2024   21:16 14
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

PERAN MANAJEMEN RISIKO DALAM MENINGKATKAN KINERJA PERUSAHAAN PT.SICEPAT EKSPRES INDONESIA

Manajemen risiko di PT Sicepat Ekspres Indonesia berperan penting dalam meningkatkan kinerja Perusahaan dengan mengidentifikasikan dan mengelola risiko yang muncul dalam proses pengiriman barang. Melalui penerapan strategi GRC(Governance, Risk, and Compliance), Sicepat dapat mencapai keunggulan kinerja, terutama dalam menghadapi tantangan seperti pandemi dan persaingan yang ketat. Selain itu, manajemen risiko membantu perusahan dalam meminimalisir kerugian dan meningkatkan kepuasan pelanggan melalui pengendalian kualitas layanan dan tanggung jawab terhadap barang kiriman.

Berikut cara manajemen risiko di PT Sicepat Express Indonesia mengidentifikasi risiko terbesar:

Langkah-langkah yang di ambil PT Sicepat Ekspres Indonesia dalam mengidentifikasikan kemungkinan risiko adalah mengidentifikasikan kemungkinan risiko yang dapat mempengaruhi operasional dan tujuan Perusahaan. Proses ini melibatkan kolaborasi lintas departemen untuk memastikan bahwa semua aspek, seperti risiko hukum, lingkungan, dan pasar, diperhatikan secara menyeluruh. Dengan pendekatan ini, Perusahaan dapat menciptakan daftar risiko yang komprehensif untuk analisis lebih lanjut.

Bagaimana cara manajemen risiko mempengaruhi kepuasan pelanggan di PT Sicepat Ekspres:

Manajemen risiko di PT Sicepat ekspres berpengaruhi signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan cara:

  • Identifikasi Risiko: Mengidentifikasi potensi masalah seperti keterlambatan dan kerusakan barang, yang dapat mempengaruhi pengalaman pelanggan
  • Protokol Kesehatan: Menerapakan prtokol kesehatan untuk menjaga keamanan pengiriman selama pandemi, meningkatkan kepercayaan pelanggan.
  • Tanggung Jawab dan Ganti Rugi: Menyediakan kompensasi untuk kerusakan yang terbukti, menunjukkan komitmen terhadap kepuasan pelanggan.
  • Inovasi Teknologi: Menggunakan teknologi untuk meningkatkan efisiensi operasional, yang berkontribuksi pada pengiriman tepat waktu.

Dengan Langkah-langkah ini, Sicepat mampu meningkatkan kepuasan pelanggan secara keseluruhan.

Apa saja contoh risiko opersional yang sering dihadapi oleh PT Sicepat Ekspres Indonesia:

PT Sicepat Ekspres Indonesia menghadapi beberapa risiko operasional yang signifikan.

Keterlambatan Pengiriman: Terjadi akibat penumpukan barang, kesalahan kurir, atau masalah logistic lainnya.

Kerusakan Barang: Dapat disebabkan oleh proses pengangkutan yang tidak sesuai standar atau kelalaian dalam penanganan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun