Mohon tunggu...
Naufal Akbar w
Naufal Akbar w Mohon Tunggu... Sejarawan - mahasiswa

topik tentang kkn

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Sosialisasi Pemasaran Beras Maulana melalui Digital oleh Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

4 Juli 2022   19:19 Diperbarui: 4 Juli 2022   19:36 62
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

     

Abstrak.

Dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok R17 yang di bimbing oleh Dosen Pembimbing bapak Mamang Efendy,S.,M.Psi  , Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat , yaitu terhadap Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) Beras Maulana  yang terdapat di RT 17, RW 04, Desa Sidodadi, Dusun Mijen, kecamatan Taman, Sidoarjo. Kegiatan ini merupakan suatu bentuk implementasi dari salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi, yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan oleh mahasiwa Universitas 17 Agustus Surabaya dibawah bimbingan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM). 

Berdasarkan Analisa kendala yang di hadapi oleh mitra, maka kegiatan yang dilakukan ini bertujuan untuk membantu UMKM Beras Maulana Untuk menyusun strategi pemasaran produk yaitu dengan membuat  kemasan (packaging) yang lebih menarik  dan melakukan sosialisasi pemasaran kepada mitra KKN. Kegiatan KKN ini dilakukan dengan menggunakan metode observasi langsusng untuk memperoleh informasi faktor internal dan eksternal pada keunggulan kompetitif usaha tersebut. 

Kegiatan produksi dilakukan tergolong sederhana dari segi packaging maupun pemasarannya. Produk dikemas menggunakan kemasan karung beras biasa dan  menggunakan logo penjualan yang sederhana dan kurang menarik. Selama kegiatan KKN berlangsung, kami sebagai mahasiswa KKN kelompok R17 memberikan penyuluhan dan pendampingan usaha tersebut. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi mitra dalam mengembangkan usahanya.

Kata Kunci: Inovasi, Packaging, Pemasaran , Beras.

PENDAHULUAN

Permasalahan yang di jumpai Umkm Beras Maulana di desa sidodadi yaitu: kurangnya pengetahuan tentang keterbatasan pengetahuan masyarakat mengenai pemasaran produk secara digital yang dijadikan sarana dalam memasarkan produk. Adapun tujuan dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilakukan di desa Sidodadi adalah: membantu dan memberikan pengetahuan tentang Dunia digital untuk memasarkan produk lebih luas.

Metode pelaksanaan yang dilakukan dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yaitu: pelatihan dan bimbingan memasarkan produk secara digital. Hasil dan luaran yang ditargetkan dari pengabdian yang dilakukan adalah dengan adanya pelatihan tersebut, maka diharapkan kepada Mitra Umkm yang mengikuti pelatihan dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan serta akan termotivasi untuk melakukan pemasaran melalui digital atau media sosial sehingga dapat meningkatkan pendapatan Umkm Beras Maulana.

METODE PELAKSANAAN

Kegiatan ini berlangsung selama 12 hari (mulai tanggal 30 Mei 2022 sampai tanggal 30 Juni 2022, yang dilaksanakan Selama 12 hari. Pelaksanaan Kegiatan ini, secara garis besar memiliki 3 tahapan, yaitu yang pertama adalah tahap persiapan yang meliputi kordinasi perizinan Ketua dan wakil ketua RT setempat, koordinasi dengan Mitra KKN dan Penyusunan rencana kegiatan yang akan dilakukan. Yang kedua, yaitu Tahap pelaksanaan yang meliputi pembelian kemasan, desain logo produk, pengemasan produk, penyuluhan pemasaran Produk dan pemasaran produk. Dan Tahapan yang terakhir adalah evaluasi kegiatan pemasaran dan Penyusunan Laporan Akhir kegiatan KKN.

HASIL DAN PEMBAHASAN

Hasil yang telah dicapai dari program kerja kami diantaranya adalah adanya perubahan yang lebih baik dari segi produk yaitu kemasan dan pemasaran produk secara Digital aar omzet penjualan meningkat dan pangsa pasar yg lebih luas, dan tentunya mengandung informasi mengenai produk sehingga produk dapat dikenal oleh masyarakat.

SIMPULAN

Dari uraian Kegiatan KKN Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya yang bertema "Peningkatan Ekonomi Kerakyatan Di masa Endemik", yang dilakukan oleh mahasiswa kelompok R17 (mulai tanggal 30 Mei 2022 sampai tanggal 30 Juni 2022, yang dilaksanakan Selama 12 hari. dapat diambil Kesimpulan sebagai berikut:

Kegiatan sosial pemasaran secara digital yang lebih baik mampu memberikan dampak positif yang mana produk dapat lebih menarik minat pelanggan dan dikenal di masyarakat sehingga dapat meningkatkan penjualan. Selain itu program kegiatan dapat meningkatkan minat berwirausaha di masyarakat desa sekitar sehingga dapat memicu usaha-usaha home industry baru yang inovatif dan dapat membantu perekonomian masyarakat. Hasil dari Implementasi panduan pemasaran atau marketing dapat bermanfaat bagi mitra UMKM dalam jangka Panjang.

UCAPAN TERIMA KASIH

       Penulis mengucapkan terima kasih kepada LPPM Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Dosen Pembimbing Lapangan Bapak Mamang Efendy,S.,M.Psi , Mitra KKN Beras Maulana, Ketua RT 17 dan Ketua RW 04 Desa Sidodadi Dusun Mijen kecamatan Taman Sidoarjo, serta segala pihak terkait yang telah memberi dukungan terhadap program ini sehingga dapat berjalan dengan baik.

DAFTAR PUSTAKA

*Syukrianti Mukhtar, M. N. 2015 . Peranan Packaging Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Terhadap Konsumen. Jurnal sosial Humaniora.

*Siska C. N., Kintoko, Puji H. P. 2020 . Inovasi Kemasan dan Perluasan Pemasaran Usaha Rempeyek di Yogyakarta. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6-11.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun