Mohon tunggu...
Naufal Akbar Nugraha
Naufal Akbar Nugraha Mohon Tunggu... Mahasiswa - Penulis Opini

Naufal Akbar Nugraha lahir pada 6 Oktober tahun 2001 di kota Malang. Naufal adalah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang Faklutas Ekonomi dan Bisnis Program Studi Akuntansi

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Perkembangan Bisnis Transformasi Digital pada Aplikasi Gojek dalam Revolusi Industri 4.0

19 November 2021   22:00 Diperbarui: 20 November 2021   00:04 1887
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Perkembangan bisnis dapat dilakukan melalui sebuah inovasi dengan tujuan meningkatkan nilai daya saing bisnis suatu perusahaan. Menurut Huges dan Kapoor (2010) bisnis adalah suatu kegiatan usaha individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. 

Dalam bisnis terdapat peluang bisnis guna mencapai suatu tujuan perusahaan dalam mendapatkan nilai yang bermanfaat seperti laba, aset dan finansial dengan berbagai faktor internal dan faktor eksternal. Menurut Robbin dan Coulter peluang usaha adalah sebuah proses yang melibatkan individu atau kelompok yang menggunakan usaha dan sarana tertentu untuk menciptakan suatu nilai tumbuh guna memenuhi sebuah kebutuhan tanpa memperhatikan sumber daya yang digunakan.

Transformasi digital merupakan salah satu inovasi yang tepat dalam revolusi industri 4.0. Menurut Yoo, Henfridsson dan Lyytinen (2010) transformasi digital adalah perubahan yang disebabkan oleh teknologi di banyak tingkatan dalam organisasi yang mencakup eksploitasi teknologi digital untuk meningkatkan proses yang ada dan eksplorasi inovasi digital yang berpotensi mengubah model bisnis. 

Dalam revolusi industri 4.0 bahwa transformasi digital mampu membuka peluang bisnis dalam sebuah perusahaan rintisan. Revolusi industri 4.0 menunjukkan bahwa perkembangan teknologi memudahkan setiap individu dalam melakukan aktifitas transaksi secara online. Salah satu penerapan dari terciptanya revolusi industri 4.0 ialah perusahaan rintisan yang bergerak dalam bidang transportasi secara online yang merupakan aplikasi gojek.

Gojek adalah sebuah perusahaan rintisan yang digagas anak bangsa yang diyakini dapat membawa dampak positif bagi perekonomian Indonesia melalui nilai ekonomi dan aliran investasi yang semakin besar untuk masyarakat Indonesia. Bahkan kehadiran gojek mampu menarik aliran modal asing ke Indonesia. Peran gojek sangat besar dan penting sehingga memimpin transformasi digital dalam revolusi industri 4.0. 

Kini layanan gojek berkembang dengan sangat pesat. Gojek merupakan aplikasi dengan layanan transportasi online namun semakin berkembang mulai dari bidang logistik, pesan makanan dan belanja, pembayaran, bisnis bahkan hiburan. Berikut beberapa menu layanan yang terdapat dalam aplikasi gojek antara lain :

  • Layanan transportasi dan logistik terbagi menjadi beberapa layanan antara lain :
  • Go-ride merupakan layanan transportasi dengan sepeda motor yang dapat mengantar penumpang ke tempat tujuan dengan lebih mudah dan lebih cepat.
  • Go-car merupakan layanan transportasi dengan mobil untuk mengantar penumpang kemanapun dengan nyaman
  • Go-send merupakan layanan kurir untuk kirim dokumen atau barang dalam waktu singkat.
  • Go-box merupakan layanan untuk pemindahan barang berukuran besar dengan menggunakan pick up, truk atau mobil tertutup.
  • Go-bluebird merupakan layanan transportasi untuk bepergian dengan taksi legendaris.
  • Layanan pesan makan dan belanja terbagi menjadi beberapa layanan antara lain :
  • Go-food merupakan layanan untuk pesan antar makanan yang bekerja sama dengan lebih dari 400.000 merchant di Indonesia.
  • Go-mart merupakan layanan untuk belanja ribuan barang kebutuhan rumah dari berbagai merchant atau toko.
  • Go-med merupakan layanan untuk beli obat dari apotik terdekat dengan resep dokter, vitamin, suplemen dan kebutuhan medis lainnya.
  • Go-shop merupakan layanan untuk belanja barang apapun dari toko manapun.
  • Layanan pembayaran terbagi menjadi beberapa layanan antara lain :
  • Go-pay merupakan layanan pembayaran virtual dengan mudah dan cashless secara digital.
  • Go-tagihan merupakan layanan untuk pembayaran tagihan.
  • Go-paylater merupakan layanan dengan belanja sekarang dan dibayar akhir bulan.
  • Go-give merupakan layanan untuk pembayaran donasi dan zakat.
  • Go-sure merupakan layanan untuk proteksi kesehatan, handphone dan kendaraan.
  • Go-investasi merupakan layanan untuk pembayaran investasi.
  • Go-corp merupakan layanan untuk pengelolaan biaya transportasi karyawan.
  • Layanan hiburan terbagi menjadi beberapa layanan antara lain :
  • Go-play merupakan layanan untuk nonton tayangan eksklusif.
  • Go-tix merupakan layanan untuk beli tiket nonton tanpa harus antri.
    Gambar Ilustrasi 1 Driver Gojek Melakukan Transaksi Melalui Merchant
    Gambar Ilustrasi 1 Driver Gojek Melakukan Transaksi Melalui Merchant

Dari gambar ilustrasi diatas menunjukkan transaksi yang dilakukan oleh driver gojek terhadap suatu merchant. Pada aplikasi gojek terdapat sebuah layanan berupa go-pay yang merupakan layanan pembayaran virtual dengan mudah dan cashless secara digital. 

Transformasi digital dalam era revolusi industri 4.0 pada gojek menunjukkan perkembangan teknologi masa kini yang beralih dari pembayaran secara tunai dengan pembayaran virtual atau cashless sehingga memudahkan para driver gojek maupun para pelanggan dalam melakukan pembayaran pada sebuah merchant tertentu seperti pembayaran transaksi pada restoran, pembelian pulsa dan kuota, pembayaran listrik dan PDAM, pembayaran BPJS kesehatan maupun BPJS ketenagakerjaan dan masih banyak lagi tanpa harus membawa uang secara tunai.

Gambar Ilustrasi 2 Transaksi Yang terjadi Antara Driver Gojek dan Pelanggan
Gambar Ilustrasi 2 Transaksi Yang terjadi Antara Driver Gojek dan Pelanggan

Dari gambar ilustrasi diatas menunjukkan transaksi yang dilakukan oleh driver gojek dan pelanggan. Pada aplikasi gojek terdapat sebuah layanan berupa go-ride yang merupakan layanan transportasi dengan sepeda motor yang dapat mengantar penumpang ke tempat tujuan dengan lebih mudah dan lebih cepat. 

Transformasi digital dalam era revolusi industri 4.0 pada gojek menunjukkan perkembangan teknologi masa kini yang beralih dari ojek pangkalan menjadi ojek online sehingga memudahkan masyarakat dalam mencari transportasi yang mereka butuhkan hanya dengan sekali sentuhan dalam satu aplikasi tanpa harus menunggu lama.

Dari layanan – layanan gojek yang telah dijelaskan diatas menunjukkan bahwa terjadi inovasi pada perkembangan bisnis yang terdapat dalam aplikasi gojek akibat dari adanya transformasi digital pada revolusi industri 4.0. Hal tersebut memberikan dampak positif terhadap nilai daya saing perusahaan sehingga menjadikan gojek sebagai salah satu perusahaan decacorn pertama di Indonesia. 

Terdapat lima factor penentu keberhasilan brand awareness dari gojek yang pertama ialah produk dengan semakin lengkapnya layanan – layanan pada aplikasi gojek yang membantu dan memudahkan aktivitas masyarakat, yang kedua ialah harga yang relatif terjangkau untuk kalangan masyarakat bawah hingga menengah, yang ketiga ialah kemudahan mendapatkan driver, yang keempat ialah promosi yang menarik sehingga perhatian konsumen dan terakhir ialah pelayanan terbaik yang diberikan driver.

Transformasi digital dalam era revolusi industri 4.0 memberikan dampak yang besar dan berkembang bagi aplikasi gojek dengan memberikan nilai yang tinggi bagi pelanggan dimana pelanggan merasakan manfaat yang positif dari layanan – layanan aplikasi gojek. 

Peningkatan nilai pelanggan gojek ini seiring menjadi peningkatan nilai tambah dan nilai daya saing perusahaan bagi gojek. Hal ini yang membuat gojek mampu bersaing dalam bisnis dengan kompetitor lainnya karena memiliki nilai keunggulan yang kompetitif. Transformasi digital dalam era revolusi industri 4.0 pada aplikasi gojek yang berhasil dilakukan ialah transformasi internal dalam meningkatkan kemampuan hasil kerja untuk mencapai tujuan perusahaan dan transformasi eksternal dalam meningkatkan pelayanan yang maksimal kepada pelanggan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun