Mohon tunggu...
Nathanael Cahya
Nathanael Cahya Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Nathanael Cahya. 115190307

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pentingnya Product Concept dalam Mengembangkan Bisnis

29 Mei 2022   12:45 Diperbarui: 29 Mei 2022   12:52 470
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pentingnya Product Concept dalam mengembangkan Bisnis

Oleh

Nathanael Cahya

115190307

Perusahaan tidak memiliki masalah" ide"; kebanyakan perusahaan memiliki banyak ide bagus. Tetapi mereka memiliki masalah" mendapatkan ide ke pasar". Itu karena para pemimpin bisnis terlalu sering memberi terlalu banyak bobot pada analisis pada saat mereka memiliki informasi paling sedikit, menghabiskan waktu menyelaraskan pemangku kepentingan daripada bergerak cepat ke evaluasi praktis, atau tidak cukup memperhatikan product concept apa yang dapat menciptakan nilai nyata.

Menurut profesor pemasaran Wharton, LeonardM. Lodish, " posisi dan penetapan harga adalah keputusan pemasaran kewirausahaan paling penting yang dapat Anda buat. Mereka adalah dua masalah dasar yang sangat penting tidak hanya untuk pemasaran usaha kewirausahaan, tetapi untuk usaha itu sendiri. Sebelum Anda pergi keluar dan mengumpulkan banyak uang, sebelum Anda berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan, sebelum Anda mulai menghabiskan uang yang serius, Anda harus mencari tahu apakah ada permintaan untuk product Concept Anda dan apakah Anda dapat menetapkan harga sehingga Anda dapat menghasilkan uang

Beberapa keunggulan utama Product Concept adalah sebagai berikut;

Lebih suka Kualitas daripada Kuantitas

Hal yang paling penting dan baik tentang Product Concept adalah bahwa ia lebih memilih kualitas daripada kuantitas. Bisnis dan perusahaan yang mengikuti filosofi pemasaran ini, fokus utama mereka adalah memproduksi produk/ layanan berkualitas dengan fitur unik dan lebih banyak manfaat daripada kuantitas. Pabrikan mereka benar- benar peduli untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan pelanggan.

Mengembangkan Keingintahuan

Setiap kali sebuah perusahaan meluncurkan produk baru di pasar, itu membuat dan mengembangkan rasa ingin tahu di benak pelanggan. Mereka ingin membeli produk dan memeriksa fitur- fitur baru untuk memuaskan rasa ingin tahu mereka. Perusahaan dan bisnis mempertahankan sorotan di media dan terus menyebarkan pembaruan dan ide tentang produk baru. Bagaimana itu akan berbeda dari model sebelumnya.

Hasilkan Margin Tinggi

Hal yang menarik dari product concept adalah memungkinkan perusahaan untuk menetapkan harga yang lebih tinggi daripada pesaing di pasar. Pelanggan akan bersedia membayar untuk itu. Itu karena citra kualitas yang telah diciptakan perusahaan di benak pelanggan. Mereka percaya bahwa apa yang ditawarkan merek ini, yang lain tidak.

" Sebagai seorang wirausahawan, dapatkah Anda mengembangkan perusahaan yang akan memiliki banyak keunggulan untuk strategis jangka panjang, berkelanjutan, kompetitif? " tanya Lodish, yang seharusnya merupakan pelopor kursus pemasaran kewirausahaan Wharton, wakil dekan Wharton West dan pemimpin Praktikum Konsultasi Global Wharton. " Itulah pertanyaan dasar yang harus dijawab oleh bisnis mana pun ... Penentuan posisi dan penetapan harga -- semuanya saling terkait dan terkait dengan kesuksesan bisnis Anda. "

Tanpa adanya Product Concept maka sebuah kesuksesan bisnis anda akan terasa buram, dan tanpa kehadiran Product Concept yang tepat maka target customer anda tidak dapat tercapai karena anda tidak mengetahui apa yang dibutuhkan produk anda untuk bersaing dengan produk- produk lain dan konsep apa yang membuat produk anda lebih unggul dibanding dengan produk yang lain.

Referensi :

Abril, C., Gavilan, D.Y. and Avello, M. (2019), "Influence of the perception of different types of store brands on consumer typologies and satisfaction levels", Innovative Marketing, Vol. 5, pp. 475-482. 

Adcock, D., Bradfield, R., Halborg, A. and Ross, C. (2018), Marketing-Principles and Practice, Pitman Publishing, London.

Cherunilam, F. (2020), Business Policy and Strategic Management, Himalaya punishing Houses, New Delhi. 

Chew, C. (2019), "Strategic marketing planning and positioning in voluntary nonprofit organizations: empirical findings and implications for British charitable organizations", Aston Business School Research Paper, Aston University, Birmingham, Vol. RP0506 No. May.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun