masyarakat di Negara Indonesia ini selalu mengalami dinamika dari segi kepercayaan, kemampuan, keramahan, dan berbagai hal lainnya dimana kepolisian hadir ditengah masyarakat.
Polri sebagai institusi keamananDinamika ini dialami oleh kepolisian Indonesia karena terjadi banyak kasus, mulai dari kurangnya respon cepat dalam penanganan laporan kepolisian, kasus salah tangkap, anarkisme, faktor kekuasaan didalam diri kepolisian, dan berbagai penyebab lainnya.
Saat ini kepolisian Indonesia mulai perlahan dan pasti mengalami kemajuan dari berbagai aspek masyarakat. Sebagai contoh ada seorang polisi yang dikenal dengan nama Pak Babin selalu tampil di media sosial dengan ciri khas dirinya sebagai seorang babinsa yang mana selalu bersama masyarakat dan beliau termasuk berhasil dalam menyebarkan perasaan positif tentang kepolisian lewat media sosial.
Kepolisian DIY yang setiap waktu dan terutama pada malam hari meningkatkan patrol di daerah rawan agar dapat meminimalisir kejahatan klitih yang meresahkan masyarakat jogja dan dari patroli ini kepolisian dapat menekan secara perlahan angka rawan di jalanan jogja pada malam hari dari ancaman klitih yang berkeliaran.
Dari contoh diatas ini tentunya kepolisian sudah nampak berbenah secara perlahan dan selalu menghadirkan diri kepada masyarakat sebagai lembaga yang akan selalu hadir untuk masyarakat. Dari hal tersebut juga secara perlahan indeks kepercayaan masyarakat Indonesia kepada Institusi Kepolisian juga secara perlahan meningkat, seperti data survei yang mana saat ini kepolisian mendapatkan rating pada bulan februari 2023 mendapatkan 70,8% yang mana hal ini naik dari desember tahun sebelumnya yaitu 2022 adalah 70,4%. Hal ini menunjukan kenaikan kepercayaan masyarakat kepada kepolisian 0,4% dalam waktu 2 bulan dari desember 2022 sampai februari 2023.
Dari banyak contoh ini, tentunya masih banyak cara lainnya yang dapat meningkatkan indeks kepercayaan masyarakat kepada kepolisian di Indonesia ini, berikut beberapa cara yang mungkin bisa diterapkan oleh kepolisian:
1. Â Â Membuka Jalur Komunikasi Yang Baik
Kepolisian dapat menyiapkan jalur komunikasi khusus untuk masyarakat agar masyarakat dapat dengan mudah menghubungi kepolisian untuk meminta tolong dan berkonsultasi. Hal ini sebenarnya sudah diterapkan dengan Call Center 110, akan tetapi penggunaan pada masyarakat dan sosialisasi belum selancar yang diterapkan oleh lembaga kepolisian luar negeri. Apabila kepolisian Indonesia sudah mencapai tingkatan komunikasi yang baik maka indeks kepercayaan masyarakat bisa secara cepat meroket naik.
2. Â Â Merespon Aduan Masyarakat Secara Cepat dan Tepat
Respon yang cepat tentunya akan sangat didambakan oleh setiap masyarakat ketika sedang membutuhkan kehadiran sosok polisi di sekitar mereka, dan ketika sosok polisi ini dengan cepat hadir maka masyarakat akan sering berhubungan dengan kepolisian dan masyarakat akan semakin dekat dengan kepolisian. Akan tetapi dari kepolisian juga harus menerapkan sistem tepat, hal ini dimaksudkan untuk menghindari laporan palsu, iseng, dan jebakan dari oknum masyarakat yang ada. Dengan sistem SOP yang cepat dan tepat apabila dibentuk ini maka indeks kepolisian dalam hal kepercayaan masyarakat akan meningkat karena masyarakat akan merasa terbantu dan percaya kepada kepolisian.
3. Â Â Mengadakan Sosialisasi dan Kegiatan Dengan Masyarakat
Program ini bisa dibuat atau diaktifkan kembali bila sudah ada dalam program kepolisian. Dimana program ini akan berlangsung dan ketika sedang berjalan, kepolisian dan masyarakat akan dekat sehingga masyarakat akan secara perlahan percaya akan institusi kepolisian.
4. Â Â Pembenahan Dari Dalam
Tentunya pembenahan dalam diri kepolisian ini juga penting karena apabila indeks sudah baik akan tetapi masih saja ada oknum maka indeks kepercayaan bisa saja turun secara drastis dan sampai kepada titik terendah. Pembenahan ini tentunya dari pihak kepolisian yang lebih paham apa saja yang harus dibenahi dan ditambahkan dalam segala bentuk pelayanan kepada masyarakat.
5. Â Â Melibatkan Masyarakat Dalam Kegiatan
Ketika masyarakat dilibatkan dalam kegiatan kepolisian maka masyarakat akan secara perlahan merasa dianggap ada dan secara tidak langsung masyarakat juga akan semakin dekat dengan pihak kepolisian, sehingga indeks baik ini akan terawat dan meningkat secara perlahan.
Dari berbagai contoh diatas tentunya masih banyak yang harus ditambahkan dan bisa saja masih ada kekurangan dalam tulisan saya ini. Besar harapan saya untuk kita bisa berdiskusi akan hal ini dan bisa memberikan solusi terbaik agar kepolisian selalu menjadi yang lebih baik lagi. Sekian Mohon Maaf dan Terimakasih.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H