Indonesia terkenal dengan keindahan alam yang sangat mempesona. Naik kereta api sambil menikmati keindahan alam menjadi healing terbaik dan waktu untuk refleksi diri. Keindahan bukit, hamparan sawah yang hijau, tebing, pegunungan, sungai, dan langit dapat dinikmati dari balik jendela kereta api.
Banyak spot keindahan alam yang bisa diabadikan dalam lensa kamera. Likukan kereta yang bisa dilihat ketika melewati jalur yang berkelok dilengkapi dengan langit dan latar pemandangan alam di sekelilingnya yang indah membuat mata terpesona.Â
Misalnya, jalur Daop 2 Bandung. Jalur ini terkenal dengan pemandangan alam yang indah dengan melewati hamparan sawah yang hijau, perbukitan, pegunungan, terowongan, tebing, dan jembatan.
Menikmati keindahan alam menjadi salah satu alasan penulis memilih menggunakan kereta api. Setiap melewati spot keindahan alam, penulis langsung mengabadikannya. Tidak hanya penulis, tetapi penumpang lain juga mengabadikannya, termasuk Wisatawan Mancanegara (Wisman).Â
Penulis pernah satu kereta dengan rombongan Wisman saat perjalanan ke Bandung dan Yogyakarta. Setiap melewati spot keindahan alam, mereka selalu mengabadikannya menggunakan handphone dan kamera miliknya.
Perjalanan nyaman sambil menikmati keindahan alam merupakan paket lengkap ketika menaiki kereta api. Peningkatan fasilitas dan pelayanan yang baik akan membuat perjalanan terasa lebih nyaman. PT Kereta Api Indonesia (Persero) terus melakukan peningkatan fasilitas dan pelayanan untuk memberikan kenyamanan dan memudahkan penumpang dalam melakukan perjalanan menggunakan kereta api.
Direktur Utama PT KAI (Persero) dipimpin oleh Didiek Hartantyo yang memimpin dari tahun 2020 sampai sekarang. Selama pimpinan Didiek telah terjadi perubahan dan perkembangan dalam fasilitas kereta api, baik di area stasiun maupun di dalam rangkaian kereta api.Â
Kini naik kereta api mudah, tidak ribet, sepanjang perjalanan pun terasa nyaman. Layanan face recognition yang dihadirkan di beberapa stasiun besar dapat mempermudah dan mempercepat penumpang untuk melakukan boarding karena hanya mendeteksi wajah dengan menggunakan kamera sehingga penumpang tidak perlu repot cetak boarding pass dan mengeluarkan kartu identitas. Layanan ini sudah tersedia di 20 stasiun.
Menaiki rangkaian kereta new generation menjadi momen berkesan bagi penulis. Rangkaian yang dihadirkan dengan fasilitas yang baru membuat penulis nyaman dan betah di dalam kereta.Â
Kereta new generation yang dinaiki adalah kereta eksekutif KA Argo Dwipangga relasi Gambir-Solo Balapan PP. Livery KA ini berwarna merah dan terdapat gambar Keraton Solo serta tulisan Argo Dwipangga. Berdasarkan pengalaman penulis, kereta new generation ini terlihat mewah, elegan, dan tidak terlalu berisik suara kereta, berbeda dengan rangkaian kereta sebelumnya.
Semua pintu pada kereta new generation menggunakan pintu otomatis dimana hanya dengan menekan tombol saja untuk buka tutup pintu sehingga memudahkan mobilitas penumpang dan petugas serta tidak perlu mengeluarkan tenaga untuk buka tutup pintu. Hal tersebut juga membuat penumpang tidak perlu bertugas dadakan untuk menutup pintu karena terkadang penumpang yang membuka pintu tidak menutupnya kembali.
Desain interior membuat kabin kereta terlihat mewah. PIDS (Passenger Information Display System) yang ditampilkan di atas pintu dekat kursi penumpang dan TV display memudahkan penumpang mendapatkan informasi.Â
PIDS menyajikan berbagai informasi seperti posisi stasiun, jam, kecepatan kereta, nomor urut kereta, nama dan kontak kondektur, keterisian toilet, stasiun, dan jam pemberhentian kereta. Fasilitas lain, seperti toilet yang kini lebih lengkap dengan foot washer untuk berwudhu dan papan untuk ganti popok bayi.
Duduk di kursi dengan menyandarkan kepala di sandaran pada kursi tersebut, mendengarkan musik sambil melihat pemandangan alam yang indah membuat pikiran menjadi tenang. Interior restorasi kereta yang terlihat lebih mewah dan estetik, sangat bagus untuk mengabadikan momen di dalam restorasi ini. Menikmati coklat panas sembari menghangatkan tubuh di restorasi kereta api menciptakan suasana tenang dan nyaman.
Waktu tempuh perjalanan kereta yang dipangkas membuat perjalanan tidak terasa sudah tiba di stasiun tujuan. Rasanya tidak mau meninggalkan kereta dan ingin kembali menaiki kereta api. Setiap perjalanannya yang membuat rindu dan candu, seakan ingin setiap hari berwisata menggunakan kereta api.
Pelayanan yang diberikan oleh petugas sangat ramah dan responsif, misalnya ketika menanyakan posisi kereta, membeli makanan dan minuman saat di restorasi atau saat pramugara dan pramugari keliling kereta melakukan selling.Â
Pramugara dan pramugari yang berdiri di depan kereta sebelum kereta berangkat selalu memberikan sapaan dan senyuman kepada penulis, bahkan ketika diajak foto, mereka sangat menerima untuk foto bareng. Hal tersebut menjadi pengalaman berkesan dan memuaskan bagi penulis sehingga terus memilih moda transportasi kereta api untuk kedepannya.
Harapan kedepannya untuk KAI yaitu penambahan fasilitas dan layanan pada kereta eksekutif new generation. Penambahan fasilitas dan pelayanan bisa dilakukan dengan adanya fasilitas bantal atau sajian snack dan welcome drink. Hal tersebut bisa sebagai pembeda dengan kereta ekonomi new generation karena fasilitas pada kereta tersebut hampir sama dengan kereta eksekutif new generation.
Volume penumpang Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) terus mengalami kenaikan, apalagi jika libur lebaran dan libur Nataru. Berdasarkan akun Instagram PT KAI (Persero) tercatat sebanyak 33.489.106 penumpang selama periode Januari-September 2024.Â
Penumpang KAJJ tidak hanya penumpang domestik, tetapi penumpang mancanegara atau Wisman juga. Berdasarkan akun Instagram PT KAI (Persero) tercatat sebanyak 433.261 Wisman selama bulan Januari-11 September 2024. Hal tersebut menunjukkan daya tarik Wisman untuk menaiki kereta api sangat banyak.
Oleh karena itu, diharapkan PT KAI terus meningkatkan pelayanan dan melakukan inovasi dalam peningkatan fasilitas kereta. Hal tersebut akan menarik penumpang lebih banyak lagi dan mempertahankan penumpang yang sudah setia dengan kereta api.Â
Terdapat beberapa penumpang kereta yang merupakan para pekerja, untuk inovasi kedepannya mungkin dapat menyediakan ruang kerja di dalam kereta. Tersedianya ruangan tersebut supaya tidak mengganggu kenyamanan penumpang lainnya. Hal tersebut juga supaya tidak menggunakan fasilitas kereta yang lain, seperti restorasi kereta sehingga tidak mengganggu penumpang yang ingin makan di restorasi tersebut.
Semakin meningkatnya fasilitas dan pelayanan yang diberikan akan semakin meningkatkan kenyamanan penumpang selama melakukan perjalanan menggunakan kereta api dan menjadi daya tarik wisatawan baik wisatawan domestik maupun mancanegara.Â
Perjalanan kereta api yang nyaman sambil menikmati keindahan alam merupakan pengalaman berharga yang dapat diingat dalam memori. Dalam setiap perjalanan, tidak hanya melihat, tetapi juga merasakan keindahan alam di sekitar.Â
Mari kita jelajah keindahan alam Indonesia menggunakan kereta api yang kini fasilitas dan pelayanannya semakin bagus!
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H