Mohon tunggu...
Nasywa Hadaya Rahmania
Nasywa Hadaya Rahmania Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi Universitas Brawijaya

Saya suka hal berbau seni.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Komik, Solusi Jitu Tingkatkan Minat Baca Siswa Kelas 1 SD

20 Juni 2024   06:43 Diperbarui: 20 Juni 2024   06:52 75
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pendidikan merupakan kebutuhan dasar bagi manusia, karena melalui pendidikan, seseorang dapat mempelajari dan memahami segala sesuatu yang sebelumnya tidak diketahui. Sebagaimana dijelaskan dalam kutipan, peran guru dalam proses pendidikan sangat penting, di mana guru bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa dan memastikan efektivitas kegiatan pembelajaran. Guru harus memiliki kompetensi dan kemampuan yang memadai agar dapat memberikan pelatihan profesional yang berkualitas kepada para siswa. 

Saat ini, upaya untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas telah menjadi program pemerintah yang terus diupayakan. Namun, tidak hanya pemerintah saja yang terlibat, pihak swasta, lembaga pendidikan, dan masyarakat umum juga turut serta dalam mengupayakan peningkatan kualitas pendidikan. Sebagian masyarakat yang sadar akan pentingnya pendidikan bahkan rela mengeluarkan biaya yang mahal demi mendapatkan pendidikan terbaik bagi anak-anak mereka, dengan harapan agar anak-anak mereka menjadi lulusan yang berkualitas.

Kualitas pendidikan yang baik tidak dapat dipisahkan dari kemampuan membaca yang dimiliki oleh para siswa. Melalui kemampuan membaca, siswa dapat mengakses informasi, memahami materi pembelajaran, dan mengembangkan pengetahuannya. Kemampuan membaca merupakan salah satu keterampilan dasar yang harus dikuasai oleh siswa dalam proses pendidikan, karena hal itu menjadi pondasi bagi keberhasilan belajar mereka. Peran guru sangat penting dalam membantu siswa mengembangkan keterampilan membaca. Guru dapat merancang kegiatan pembelajaran yang menarik dan efektif untuk meningkatkan minat serta pemahaman siswa dalam membaca. 

Selain itu, upaya peningkatan kualitas pendidikan yang dilakukan oleh berbagai pihak, seperti pemerintah, swasta, lembaga pendidikan, dan masyarakat, juga harus mencakup aspek pengembangan kemampuan membaca siswa. Penyediaan fasilitas dan sumber belajar yang memadai, serta program-program khusus untuk meningkatkan literasi membaca, dapat menjadi bagian dari upaya tersebut. Dengan demikian, setiap siswa dapat memperoleh pendidikan yang berkualitas, termasuk dalam hal penguasaan keterampilan membaca yang menjadi dasar bagi keberhasilan belajar mereka.

Selain kemampuan membaca dasar yang harus dikuasai oleh siswa, penyediaan media bacaan yang beragam dan berkualitas juga menjadi faktor penting dalam mendukung keberhasilan pendidikan. Media bacaan yang menarik, seperti buku teks, buku referensi, majalah, surat kabar, dan sumber bacaan digital, dapat meningkatkan minat baca siswa dan memperkaya pengetahuan mereka. 

Guru, dalam perannya sebagai fasilitator pembelajaran, perlu memastikan bahwa siswa memiliki akses yang memadai terhadap berbagai media bacaan yang sesuai dengan kebutuhan dan tingkat pemahaman mereka. Dengan demikian, siswa tidak hanya dapat mengembangkan keterampilan membaca, namun juga dapat memperluas cakrawala pengetahuan dan wawasan yang menunjang keberhasilan pendidikan secara keseluruhan.


Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi siswa kelas 1 SD, yang umumnya sedang dalam tahap awal penguasaan kemampuan membaca. Siswa kelas 1 SD sering mengalami kesulitan dalam mengenal huruf, memahami kombinasi huruf menjadi suku kata, dan kemudian merangkaikannya menjadi kata yang bermakna. Kesulitan ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kematangan kognitif, pengalaman belajar sebelumnya, serta kualitas pengajaran yang diterima. Dalam menghadapi tantangan ini, peran guru sangat penting untuk memberikan pengajaran yang terstruktur, menarik, dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Guru dapat menggunakan berbagai metode dan media pembelajaran yang mendorong keterlibatan aktif siswa, seperti penggunaan kartu huruf, buku cerita bergambar, serta permainan interaktif. Dengan demikian, siswa kelas 1 SD dapat memperoleh fondasi yang kuat dalam kemampuan membaca, sehingga dapat menjadi dasar bagi keberhasilan belajar mereka di tingkat selanjutnya.

Siswa kelas 1 SD yang sedang dalam masa awal penguasaan kemampuan membaca, umumnya sangat tertarik dengan media bacaan yang kaya akan gambar, seperti buku komik. Komik yang menggunakan kombinasi teks dan ilustrasi visual dapat membantu siswa kelas 1 SD memahami isi cerita dengan lebih mudah. Selain itu, format komik yang menarik dan interaktif dapat meningkatkan minat baca mereka. Oleh karena itu, guru perlu menyediakan berbagai macam buku komik yang sesuai dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan siswa kelas 1 SD. Dengan demikian, siswa dapat terbantu dalam memahami materi pelajaran, sekaligus mengasah kemampuan membaca mereka.

Melihat pentingnya kemampuan membaca bagi keberhasilan pendidikan, kami memutuskan untuk membuat terobosan dalam menyediakan bahan bacaan yang menarik bagi siswa kelas 1 SD. Dalam langkah awal, kami fokus pada pembuatan komik untuk salah satu bab dalam mata pelajaran IPA kelas 1 SD, yaitu bab sumber energi, dan kami mengambil bagian energi matahari. Pemilihan ini didasarkan pada pertimbangan bahwa tidak semua materi pelajaran dapat disajikan dalam format komik secara keseluruhan. Kami ingin terlebih dahulu menguji efektivitas penggunaan komik sebagai media belajar yang dapat membantu siswa memahami konsep-konsep IPA dengan lebih mudah. Komik yang kami buat dilengkapi dengan ilustrasi visual yang menarik dan interaktif. Hal ini dilatarbelakangi oleh pemahaman bahwa siswa kelas 1 SD yang masih dalam tahap awal penguasaan membaca, sangat terbantu dengan media bacaan yang menyajikan materi dalam bentuk gambar dan narasi yang mudah dipahami. Melalui format komik ini, diharapkan siswa dapat lebih fokus pada pemahaman isi materi pelajaran, tanpa terkendala oleh kesulitan membaca.

Pemilihan matahari sebagai latar cerita komik membuat konten ceritanya kontekstual dengan lingkungan siswa, karena energi matahari sudah tidak asing dalam kehidupan sehari-hari mereka. Hal ini diharapkan dapat memudahkan siswa dalam memahami materi. Penggunaan komik diharapkan dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang dapat diterapkan guru untuk meningkatkan literasi sains siswa.mDalam pembuatan komik, terdapat beberapa tahapan, yaitu brainstorming, plot, storyboard, naskah, dan inking. Komik ini menggunakan gaya gambar chibi atau child body, yang dipilih berdasarkan pertimbangan efisiensi waktu pembuatan dan target pembaca (siswa SD). Gaya chibi dipilih agar pesan dalam komik dapat diterima dan dipahami dengan baik oleh siswa. 

Manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah memberikan pengalaman belajar yang berbeda dan lebih menyenangkan bagi siswa, sehingga dapat meningkatkan motivasi mereka dalam membaca dan belajar tanpa adanya rasa terpaksa. Selain itu, penelitian ini juga diharapkan dapat membantu meningkatkan kemampuan literasi sains pada siswa. Hasil penelitian ini dapat menjadikan komik sebagai salah satu referensi dan alternatif sumber pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan literasi sains siswa. Selain itu, penelitian ini juga dapat menjadi referensi bagi guru dalam mengembangkan dan menerapkan media serupa pada materi pembelajaran lain. Lebih lanjut, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam upaya peningkatan kemampuan literasi sains siswa di sekolah tersebut. Melalui penelitian ini, kita juga dapat mengetahui dan memahami seberapa besar peranan media komik terhadap peningkatan literasi sains siswa SD. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun