Sejak diumumkan menjadi Pandemik Internasional oleh WHO (World Health Organisation) pada 11 Maret 2020, masyarakat di seluruh dunia dihimbau untuk tetap tinggal di rumah. Himbauan untuk tetap tinggal dalam rumah atau mengisolasi diri, dengan harapan langkah tersebut bisa memutus rantai penyebaran virus.Â
Virus corona sendiri atau juga disebut Covid-19 tersebar melalui tetesan pernapasan yang dihasilkan selama batuk, bersin, bahkan melalui pernafasan normal yang kemudian menyentuh permukaan wajah orang lain. Sayangnya, orang yang tertular tidak dapat segera menyadari kondisi tersebut. Covid-19 memiliki waktu inkubasi mulai lima hari hingga 14 hari.
Hingga 22 Maret 2020, WHO melansir setidaknya terdapat 267,013 kasus dari 184 negara dengan angka kematian 11.201. Angka kematian tertinggi masih berasal dari China dengan 81.416 kasus. Indonesia sendiri melalui laman https://www.covid19.go.id/situasi-virus-corona/ melansir informasi setidaknya terdapat 450 kasus, 392 dirawat, 20 sembuh, dan 38 orang meninggal. Pemerintah Indonesia dan berbagai tokoh masyarakat dan Agama telah berusaha membujuk masyarakat untuk patuh berdiam diri di rumah setidaknya selama 14 hari.
Tagar yang diunggah mengiringi isu corona virus antara lain Corona sebanyak 336.450 tweet, diikuti Coronavirus (165.089 tweet) dan Covid19 (55.538 tweet)
Kota yang paling sering di sebut adalah Jakarta, sedangkan Indonesia bersama USA adalah negara yang paling banyak membicarakan virus corona di Twitter.
CNN Indonesia termasuk salah satu dari lima influencer yang memiliki engagement terbaik. Masyarakat Indonesia terlihat sering membagikan tautan website mereka melalui twitter, hal ini dapat diamati dari banyaknya website media Indonesia yang muncul pada daftar 15 situs yang paling banyak dibagikan terkait virus corona.
Amin.
(Sebagian Besar Data diakses dari Drone Emprit Academic pada 22 Maret 2020)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H