Perkembangan dunia Teknologi memang sangat beragam, alih-alih perkembangan zaman teknologi ini berbagai badan instansi, lembaga bahkan para insinyur terus berinovasi untuk mentuntaskan masalah yang di hadapi zaman serba digital ini. Seperti yang kita ketahui berbagai sektor sudah menggunakan teknologi serba canggih, mulai dari sektor informasi, telekomunikasi, keuangan, dan masih banyak lagi berbagai sektor yang kini sudah menerapkan perkembangan Teknologi.
Nah! Seperti yang kita ketahui di Indonesia sendiri sudah di ramaikan yang namanya sektor transportasi online, yang dimana dengan kehadiran transportasi online ini membantu berbagai aktivitas yang di jalankan. Terutama bagi para pengguna di daerah yang dulu kesulitan untuk mendapatkan transportasi secara cepat dan tentunya up to date.Â
Berbicara soal Transportasi Online tidak ada habisnya di perbincangkan di Indonesia, diawal rilis saja ada peristiwa Pro Kontra adanya transportasi online ini.Â
Nah! Masih ingat temen-temen Kompasianer ketika mau berangkat kesuatu tempat dengan kendaraan umum, lalu ada kekesalan yang di rasakan yaitu kendaraannya "Ngetem"? Yaa, ini hal yang pernah saya rasakan dulu sebelum adanya transportasi online. Tapi dengan adanya transportasi online bukan berarti temen-temen Kompasianer tidak menggunakan lagi transportasi umum, karena menurut saya ketika dalam mendesak pun transportasi konvensional sangat dibutuhkan. Tapi ingat! semua tergantung dalam kondisi pengguna itu sendiri.Â
Dari tadi bahas soal transportasi online, "terus transportasi online mana yang rekomended ni?"
Diawal rilis adanya transportasi online banyak sekali nama-nama / brand / pelaku bisnis yang membuka bisnis transportasi online. Tapi, ada salah satu yang hingga kini masih populer serta bertahan yaitu GRAB. Yaa, Grab mulai hadir di Indonesia sejak tahun 2014 dengan layanan terbaiknya saat itu GrabBike, GrabCar dan GrabFood.Â
Dikutip laman resmi Grab (21/11/2017), Grab telah berkontribusi dalam industri transportasi Tanah Air dengan bekerja sama dengan pihak pemerintah dalam mengatasi berbagai tantangan transportasi dan keuangan konsumen di Indonesia. Dengan rangkaian layanan transportasi yang lengkap dan inovasi teknologi, Grab telah berkontribusi dalam membuat perjalanan menjadi lebih mudah, aman, dan lebih efisien dengan mengurangi waktu perjalanan hingga 64% dibandingkan transportasi umum di Indonesia.Â
Dengan kehadiran Grab, dapat menuntaskan Hadir di 100 Kota dari Aceh sampai Papua, Grab jadi Layanan Transportasi dan Pembayaran Terluas di Indonesia. Berbagai 100 kota yang tersebar di Indonesia banyak sekali layanan yang akan di nikmati #AplikasiUntukSemua diantaranya :Â
- GrabCar
- GrabBike
- GrabFood
- GrabFresh
- GrabExpress
- BookMyShow di Grab
- Hooq di Grab
- Pembayaran Non-tunai (OVO)
- Dan masih banyak lagi layanan lainnya
Pengguna Sekaligus Mitra
Nah! Saking penasarannya selain menjadi pengguna setia Grab dari tahun 2015 saya pun menjadi salah satu Mitra dari layanan Grab itu sendiri. Dengan rasa penasaran saya "Bagaimana proses berjalan dari sistem Grab terapkan ini". Secara umum sistem berjalan transportasi online memang sama seperti pada aplikasi saingannya Grab, mulai dari Unduh aplikasi, pendaftaran akun, pilih jenis layanan, dan siap nikmati layanan tersebut semuanya sama. Yang membedakan adalah Citra khas, layanan dan kualitas masing-masing pembisnis.Â
Dari sisi pengguna sendiri, saya sudah memakai aplikasi Grab sudah bertahun-tahun dan kini masih Pasif dalam menggunakannya karena dalam berpergian saya lebih mayoritas kendaraan pribadi. Tapi dalam waktu mendesak, ketika saya tidak berpergian misalnya ke Station Kereta Api saya selalu pilih Grab untuk menemani perjalanan sampai tujuan.
Dari sisi Mitra sendiri, saya awalnya hanya ingin mengetahui sistem berjalan di aplikasi Grab dari Mitra. Dan tentunya ketika saya memahami dari sisi Mitra, saya akan lebih menghargai dan memahami di kedua belah pihak (Penumpang & Mitra). Nah! Hingga kini akun Mitra saya pun masih aktif, tapi jarang saya pergunakan karena hambatan masalah waktu untuk kembali mencobanya.
Cerita lain, ketika saya tidak menggunakan kendaraan pribadi saya selalu mengingat adanya Grab. Misalnya yang sering saya pakai adalah layanan GrabBike ketika berangkat kerja ke kantor mau tidak mau harus menggunakan aplikasi Grab, karena kondisi kawasan rumah kost saya berada di perumahan tepatnya di kota Depok. Jadi cukup sulit untuk menjangkau transportasi umum. Karena waktu sudah mepet, maka dengan adanya Grab membuat saya kebantu banget dalam menjalani aktivitas sehingga bisa Grab Aplikasi "Anti Ngaret" deh. Â
Mamfaat - Mamfaat dari Aplikasi Grab
Ada beberapa keuntungan yang bisa temen-temen Kompasianer rasakan ketika menggunakan aplikasi Grab. Untuk memahaminya berikut ulasannya :Â
1. Memudahkan Bepergian
Salah satu alasan kenapa saya memilih Grab di banding aplikasi lain, karena Grab #SelaluBisa dan memiliki layanan transportasi yang beragam ditambah dengan harga yang cukup ekonomis beserta penawaran layanan lain yang cukup menarik.Â
Karena saya sering berpergian, maka sebagai setia pengguna transportasi online dari Grab, ada beberapa mamfaat yang akan saya rasakan yaitu sebagai penumpang sangat dimudahkan ketika bepergian ketika bekerja, urusan bersama keluarga dan dinas tertentu. Maka dengan adanya Grab sangat dimudahkan sekali untuk transportasi keseharian temen-temen.
2. Solusi Anti Ngaret & Anti Macet
Grab menjadi solusi tepat ketika saya dinas luar misalnya layanan GrabCar menjadi layanan yang saya gunakan ketika supir kantor jadwalnya padat. Sehingga ketika ada kegiatan di luar kantor saya selalu menggunakan Grab tanpa harus Ngaret.
Layanan lain seperti GrabBike, menjadi solusi tepat untuk menuntaskan kemacetan di kota-kota dan tentunya ini menjadi pilihan utama saya ketika bergegas untuk cepat sampai tujuan. Tidak hanya itu saja, saya lebih menyukai transpotasi online ini karena para mitra lebih berpengalaman mengetahui rute jalan, sehingga menjadi pilihan tepat tuntaskan kemacetan di kota-kota.
3. Banyak Pilihan Layanan
Seperti yang saya jelaskan di atas tadi, Grab tidak hanya memiliki dari segi layanan transportasi tapi dari sisi lain seperti penjemputan barang, pembelian makanan, pembelian pulsa hanphone, pembelian Token Listrik, pembelian belanjaan, pembelian tiket, pemesanan hotel, pembayaran tagihan, pembelian video Hooq.Â
Jasa Clean & Service (layanan service AC, layanan service mesin cuci, layanan service kulkas, layanan daily cleaning, layanan sofa cleaning, layanan sedot tungau, layanan kelistrikan, layanan pertukangan, layanan perbaikan atap, layanan pengecetan dan layanan bangunan rumah).Â
Begitu banyak pilihan layanan yang akan temen-temen rasakan, dan tentunya Grab pasti menerapkan kualitas dari layanan yang dibuatnya dengan bekerja sama dengan mitra yang handal dalam bidangnya. Â
4. Pembayaran Simpel
Soal permbayarannya, Grab menerapkan pembayaran non-tunai dengan bekerja sama dengan OVO sebagai pembayaran non-tunai alias e-wallet. Dalam aplikasi Grab ketika temen-temen Kompasianer memesan produk/ layanan dari Grab ada dua pilihan pembayaran : Tunai & Non-Tunai. Sehingga cukup simpel dan cepat dalam melakukan transaksi di zaman era digital ini.Â
5. Bayar Tanpa Dompet
Masih sering bawa dompet / uang cash? Memang cukup ribet ketika membawa uang cash hingga berjuta-juta sehingga rawan kriminal. Nah! Dengan adanya aplikasi ini, ketika temen-temen di suatu tempat berkenan untuk membeli sesuatu makanan/ minuman dan tidak bawa uang cash dan harus cari ATM terlebih dahulu. Maka dengan adanya aplikasi Grab ini, temen-temen sudah bisa bayar pakai aplikasi Grab di Restoran/ Gerai/ Supermarket yang bekerja sama dengan grab, tandanya cukup mudah temen-temen cari tempat yang ada lambang Grab / pembayaran pakai OVO.
6. Reward / HadiahÂ
Nah! Untuk temen-temen yang setia terhadap aplikasi Grab ini tentunya akan mendapatkan Reward / hadiah berupa poin ketika memesan layanan Grab. Poinnya sendiri beraneka ragam dan poin tersebut bisa temen-temen Kompasianer tukarkan hadiah menarik Makanan & Minuman, Belanja dan Layanan Token Listrik.Â
Bagaimana menarik kan?
7. Banyak Promo
Nah! Temen-temen yang hobi berburu Promo, di aplikasi Grab wajib banget di coba karena Promo-nya gila-gilaan looh. Mulai dari layanan GrabBike, GrabCar, GrabExpress, GrabFood dan masih banyak lagi. Pokoknya seruuuu deh.
8. Makin Kaya Informasi
Nah! Yang saya sukai dari aplikasi Grab ini terdapat informasi yang menarik, mulai dari informasi terhangat, terbaru, dan informasi-informasi yang ada di tanah air Indonesia ini semua lengkap. Selain temen-temen menikmati layanan dari Grab, tapi juga dapat informasi yang tidak ketinggalan. Sehingga temen-temen tetap kaya informasi dari perkembangan dunia Teknologi ini.Â
Bagi yang belum mencobanya menggunakan aplikasi Grab, silahkan simak video dibawah ini untuk mendaftarkan akun di Grab :
Kesimpulan
Dengan kehadirannya aplikasi transportasi online Grab ini sangat membantu dalam berbagai aktivitas keseharian. Sehingga berbagai layanan yang ada, maka Grab menjadi salah satu #AplikasiUntukSemua yang hadir untuk memebuhi kebutuhan sehari-hari.
Nah! Saya sudah mencoba berbagai mamfaat dari aplikasi Grab, sekarang saatnya temen-temen Kompasianer mencoba mamfaat dari aplikasi Grab yaa. Bagi temen-temen yang belum mencobanya bisa langsung Unduh Aplikasi Super App dari Grab di Playstore Android dan versi Appstore dengan kata kunci Grab.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H