Pengalaman menggunakan BRIlink adalah saat saya di Aceh Tenggara, Aceh. Saat itu tempat saya tinggal merupakan wilayah terpencil dan jika ingin ke kota membutuhkan waktu sampai satu jam.
saat mau lebaran saya berencana mengirimkan uang ke kampung. Dan sama saya hanya ada uang tunai sehingga untuk melakukan transfer melalui ATM tidak mungkin.
Oleh karena itu, istri saya menyarankan untuk melakukan pengiriman uang melalui BRIlink yang mana di kampung tersebut ternyata ada agennya. Sehingga tanpa pikir panjang saya langsung datang dan meminta agen BRIlink untuk melakukan pengiriman uang.
Cara melakukan pengiriman yaitu agen BRIlink akan meminta nomor rekening bank yang akan dituju dan juga jenis Bank nya.
Saya yang memang sudah menghafal nomor rekening Bank langsung saya bilang. Dan tidak sampai tiga menit uang berhasil dikirim, cepat nya pengiriman seperti isi pulsa saja pikir saya.
Selain mudah, cepat dan biaya admin nya sama dengan di ATM yaitu lima ribu untuk pengiriman seratus ribu rupiah. Dan biaya pengiriman berlaku kelipatan. Artinya semakin banyak yang dikirim maka semakin besar biaya adminnya.
Sekarang BRI sudah melakukan inovasi yang membuat para perantau tidak panik lagi. Sebab dirantau untuk mengirimkan yang saja harus ke kota dan terkadang ATM nya tidak ada internet. Maklum. Di daerah terpencil sering ada gangguan internet nya karena wilayah yang berbukit dan hutan yang lebat.
Oleh karena itu. Menggunakan jasa agen BRIlink sangat baik untuk melakukan pengiriman uang mendadak khusus anak perantauan. Sebab agen BRIlink menjamin uang aman dan transaksi yang dilakukan juga cepat.
Agen BRIlink yang menggunakan sistem digital cukup mudahkan digunakan sehingga tidak membuat susah bagi orang yang gaptek. Oleh sebab itu, jangan heran bahwa agen BRIlink lebih banyak bapak yang sudah tua daripada anak millenial.
Dengan bisa mengirim uang lewat agen BRIlink maka ibu saya di kampung bisa merasakan daging untuk masakan lebaran.
Adanya agen BRIlink di setiap kampung juga memudahkan orang- orang kota yang ingin mengambil uang lebih mudah sebab jika menggunakan ATM tidak mungkin. Selain ATM ada cuma di lokasi ramai. ATM juga berfungsi jika ada uang.Â
Biasanya di kampung uang di ATM cepat habis. Apalagi pada saat lebaran banyak sekali masyarakat yang akan mengambil uang di ATM.
hanya agen BRIlink yang selalu ada uang sebab biasanya orang yang membuka jasa agen BRIlink pasti pedagang. Sehingga tidak mungkin pedagang di kampung kehabisan uang.
Dengan mudah nya menggunakan BRIlink maka tidak heran sekarang sudah banyak yang membuka jasa agen BRIlink. Sebab BRIlink tidak hanya berfungsi mengirimkan uang namun ada juga beberapa yang bisa di lakukan dengan BRIlink seperti membayar listrik, membayar tagihan kredit, membayar SPP sekolah dan juga bisa mengisi paket internet lewat BRIlink.
Karena banyak fungsi sehingga pergi ke agen BRIlink solusi yang tepat bagi orang-orang kampung yang jauh dari kota.
selain itu, BRI juga sekarang sudah berinovasi dengan membuat produk baru yang bernama BRImo yaitu aplikasi BRI mobile yang artinya BRI bisa digunakan dimana pun hanya dengan menggunakan HP android.
aplikasi BRI mobile yang berbasis android ini juga berfungsi bagi pemudik yang sedang melakukan perjalanan karena hampir setiap toko atau restoran makanan sekarang sudah menggunakan scan barcode untuk pembayaran.
 Tentu hal ini sangat memudahkan kan pengguna sebab jika membawa uang tunai takut di tengah perjalanan akan di rampok atau hilang dicuri oleh pencopet.
Ada nya BRIlink dan BRI mobile menandakan begitu seriusnya pihak BRI untuk memudahkan konsumen nya. Hal ini tidak heran jika BRI merupakan satu-satunya Bank di Indonesia yang menggunakan satelit sendiri.
Saya dulu sempat heran mengapa BRI berani meluncurkan satelit sendiri padahal penggunaan satelit cukup mahal. Namun sekarang saya baru mengetahui bahwasanya dengan menggunakan satelit sendiri maka jangkauan pelayanan BRI bisa seluruh Indonesia tanpa gangguan internet yang selama ini menjadi terjadi.
Dengan adanya satelit sendiri maka BRI menjadi mandiri dalam penggunaan data konsumen, yang mana masalah data sekarang menjadi perhatian konsumen mengingat sangat banyak data bocor dari Bank.
Sehingga menjadikan konsumen mengalami kerugian non materi yang menganggu kehidupan konsumen disebabkan data bocor. Sebab jika data bocor maka tiba -tiba pasti ada nomor yang masuk menawarkan produk. Dan nomor yang masuk tidak sedikit malah dalam satu hari bisa lima produsen menawarkan produknya ke nomor HP yang sudah bocor di Bank.
Oleh karena itu, saya sangat yakin bahwa BRI dengan produk nya akan terus berkembang dan dapat menjamin sepenuh nya data pengguna.
Keutamaan punya satelit sendiri dapat membuat BRI menjangkau wilayah terpencil yang operator lain tidak bisa masuk. Sehingga bagi pengguna BRIlink jangan takut kehilangan internet atau sinyal jika pulang kampung yang terpencil sekali.
Intinya selain mudah melakukan transaksi digital dengan agen BRIlink. Masalah takut data kebocoran juga tidak perlu khawatir karena BRI mempunyai satelit sendiri yang mempunyai keamanan kuat.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H