Sejak merebaknya pandemi virus corona di Indonesia, pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk mencegah penyebarannya. Salah satunya adalah surat edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, di mana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan instruksi kepada sekolah untuk melakukan pembelajaran jarak jauh dan merekomendasikan siswa untuk belajar dari rumah.
    Pada pembelajaran jarak jauh peserta didik sering mengalami kebingungan dan sulit memahami materi yang disampaikan oleh guru karena media yang digunakan hanya sebatas pemberian materi secara tertulis tanpa ada penjelasan dari guru mata pelajaran tersebut. Banyak peserta didik yang merasa bosan dengan metode pembelajaran yang itu-itu saja.
    Bagi para guru yang kesulitan menetukan metode pembelajaran yang tepat, bisa menggunakan metode pembelajaran video based learning. Metode pembelajaran video based learning adalah salah satu inovasi pembelajaran yang menarik. Dengan metode pembelajaran ini, cara penyampaian pengetahuan ataupun keterampilan dilakukan dengan menggunakan video. Dengan mengunakan media pembelajaran berupa video, diharapkan peserta didik akan lebih tertarik.
Namun, yang sekarang menjadi pertanyaan, apakah yang menjadi kelebihan video bila digunakan untuk media pembelajaran? Berikut alasannya :
1. Efektif dan Efisien
Belajar menggunakan video lebih efektif untuk menjelaskan suatu informasi dalam waktu yang singkat. Semakin sedikit durasi dari video tersebut, maka pembelajaran dapat lebih bermakna, karena peserta didik justru bisa lebih mudah memahami dengan video yang singkat namun mencakup seluruh informasi , dibandingkan dengan video durasi panjang yang cenderung membosankan. Saat ini, produksi video dapat dilakukan sendiri di rumah dengan biaya yang relatif murah. Anda bahkan dapat menggunakan kamera ponsel Anda untuk merekam video dan hasilnya dapat digunakan berkali-kali.
2. Pengalaman Belajar yang Baru
Belajar menggunakan video akan memberikan pengalaman belajar yang baru bagi peserta didik. Hal ini karena video dapat memberikan hiburan sambil belajar, sehingga belajar tidak harus menegangkan dan membosankan. Pengalaman baru semakin terasa ketika peserta didik diperlihatkan video interaktif. Keterlibatan seorang peserta didik diperlukan saat memutar video untuk menambahkan pengalaman baru bagi peserta didik tersebut.
3. Mudah Dimengerti
Video pembelajaran dibuat dengan gambar realistis yang didukung dengan desain grafis dan teks yang minim, sehingga memudahkan peserta didik untuk memahami informasi yang disajikan. Peserta didik dapat mengikuti gambar yang ditampilkan, menyerap nilai informasi dan memperoleh keterampilan yang disajikan dengan lebih mudah.
4. Mendukung Pembelajaran Aktif
Video interaktif memberikan siswa kesempatan untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Video interaktif baru dapat ditampilkan ketika peserta didik yang menggunakannya bereaksi atau berinteraksi. Tentu saja, secara aktif menawarkan pengalaman langsung yang pasti akan diingat oleh para peserta didik.
Untuk mengembangkan inovasi tersebut, guru dapat mengemas pembelajaran daring secara kreatif dan inovatif sehingga menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H