Nasiril, 2023, Mahasiswa (0501201177)Â
Karang Taruna Institut Bandung Barat.
Pendidikan merupakan suatu hal yang selalu menjadi perbincangan di dalam maupun luar negara karena suksesnya pendidikan pada suatu negara itu menjadi tolak ukur suksesnya sebuah negara. Keberhasilan dalam menyukseskan pendidikan berarti sukses pula menyukseskan suatu bangsa, dan semua itu tidak luput dari hasil kinerja seorang guru.
Pada zaman sekarang banyak guru yang pintar namun mereka kurang mampu dalam mengajarkan ilmu yang ia miliki itulah mengapa perlunya sebuah bimbingan ataupun pembinaan terhadap guru supaya dapat mengetahui apa yang menjadi kekurangannya dan bisa menambah kemampuannya dalam proses belajar mengajar. Ada 4 kompetensi yang harus dimiliki seorang guru yakni kompetensi paedagogik, kompetensi sosial, kompetensi kepribadian dan kompetensi iptek (ilmu pengetahuan teknologi).
Perlunya inovasi terhadap pembelajaran supaya guru dapat mengajarkan ilmunya ke peserta didik adalah dengan penerapan lesson study. Menurut Hendrayana (2010 : 10) lesson study adalah suatu model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan prinsip-prinsip kolegalitas dan mutual learning membangun komunitas belajar.
Adapun menurut Lewis dalam Rosita dan Haryati (2021) mendefinisikan bahwa praktik lesson study merupakan suatu proses komprehensif yang didukung oleh tujuan kolaboratif dan pengumpulan data sebagai upaya pemecahan permasalahan pada
prosespembelajaran.
Jadi dapat disimpulkan bahwa lesson study merupakan proses pembinaan pendidik melalui kajian secara kolaboratif dan berkelanjutan berdasarkan prinsip-prinsip kolegalitas sebagai upaya dalam memecahkan permasalahan pada pembelajaran.
Menurut Mulyo Wiharto (2018) Kegiatan Lesson Study terdiri dari langkah-langkah pokok berupa kegiatan merancang pembelajaran untuk mencapai tujuan, melaksanakan pembelajaran, meng- amati pelaksanaan pembelajaran dan melakukan refleksi untuk mendiskusikan pembelajaran yang dikaji tersebut untuk bahan penyempurnaan dalam rencana pembelajaran berikutnya.Â
Sejalan dengan pendapat Mulyo wiharto dapat di simpulkan bahwa langkah-langkah lesson study adalah sebagai berikut:
1. Tahapan persiapan (plan)
tahapan persiapan yaitu tahapan yang di awali dengan merancang pembelajaran yang akan di lakukan dalam hal ini guru menyusun perangkat pembelajaran secara kolaboratif. perangkat yang di maksud meliputi RPP, bahan ajar, dan media pembelajaran.
2. Tahapan pelaksanaan (Do)
tahap pelaksanaan ini biasanya di barengi dengan tahap pengamatan kegiatan ini dilakukan untuk mengukur sejauh mana kemampuan guru dalam menyampaika bahan ajar. Dan mengamati bagaimana perilaku siswa saat pembelajaran di laksanakan.
3. Tahapan refleksi (reflection)
setelah melakukan pembelajaran semuapihak yang terlibat dalam kegiatan lesson study terkecuali siswa, melakukan refleksi untuk membahas pembelajaran yang sudah di laksanakan dan menyempurnakannya, serta merencanakan pembelajaran selanjutnya supaya lebih baik lagi.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H