Mohon tunggu...
nasarudin yusma
nasarudin yusma Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - pelajar/mahasiswa

suka ngopi gak suka rokok

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mengenal Pola Komunikasi Generasi Z dan Alfa di Tengah Era Media Sosial

2 Desember 2024   04:15 Diperbarui: 2 Desember 2024   04:46 40
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Mengenal Pola Komunikasi Generasi Z dan Alfa di Tengah Era Media Sosial

Generasi Z (lahir antara 1997--2012) dan Generasi Alfa (lahir setelah 2012) tumbuh dalam lanskap digital yang mendominasi hampir semua aspek kehidupan. Berbeda dengan generasi sebelumnya yang sempat mengalami transisi dari teknologi analog ke digital, kedua generasi ini terlahir sebagai "digital natives." Interaksi mereka dengan teknologi dan media sosial dimulai sejak usia sangat dini, menjadikan dunia digital sebagai sarana utama komunikasi dan ekspresi diri. Meski membawa manfaat besar, pola komunikasi mereka di era media sosial tidak lepas dari kritik mendalam yang menyoroti konsekuensi psikologis, sosial, dan intelektualnya.

Karakteristik Pola Komunikasi Generasi Z dan Alfa

Generasi Z dan Alfa cenderung menggunakan platform media sosial seperti TikTok, Instagram, YouTube, dan WhatsApp untuk berbagi pengalaman, berinteraksi, dan membangun identitas mereka. Komunikasi melalui teks singkat, emoji, meme, atau video pendek menggambarkan ciri khas mereka yang lebih ekspresif namun sering kali minim kedalaman.

Platform-platform ini mendukung budaya komunikasi yang cepat dan instan, namun cenderung mengorbankan aspek refleksi dan keseriusan. Percakapan mendalam yang melibatkan logika dan emosi sering kali terpinggirkan oleh narasi instan yang lebih mudah dikonsumsi. Sebuah penelitian dari Pew Research Center pada 2023 menunjukkan bahwa Generasi Z menghabiskan rata-rata lebih dari tiga jam per hari di media sosial. Generasi Alfa, yang tumbuh bersamaan dengan perangkat teknologi canggih sejak usia dini, diproyeksikan akan memiliki keterlibatan digital yang lebih intens.

Dampak Terhadap Literasi dan Keterampilan Sosial

Salah satu kritik utama terhadap pola komunikasi digital ini adalah dampaknya terhadap literasi tradisional. Kemampuan menulis, membaca, dan berbicara secara formal sering kali menurun karena preferensi terhadap bahasa informal dan singkatan yang lazim digunakan di media sosial. Generasi ini menjadi terbiasa dengan komunikasi singkat yang tidak selalu mampu menyampaikan gagasan secara mendalam.

Selain itu, media sosial mendorong budaya "scrolling" yang masif, di mana individu cenderung mengonsumsi informasi dalam waktu singkat tanpa pemahaman mendalam. Akibatnya, rentang perhatian mereka menjadi lebih pendek, sehingga sulit untuk memproses informasi kompleks atau terlibat dalam diskusi intelektual yang membutuhkan pemikiran kritis.

Dalam konteks keterampilan sosial, interaksi melalui media sosial sering kali mengurangi empati dan kemampuan membaca isyarat nonverbal. Sebuah studi oleh American Psychological Association menunjukkan bahwa anak muda yang lebih sering menggunakan media sosial cenderung mengalami kesulitan dalam membangun hubungan interpersonal yang bermakna di dunia nyata.

Budaya Validasi Instan dan Tekanan Psikologis

Generasi Z dan Alfa tumbuh di dunia di mana popularitas sering diukur melalui jumlah "likes," "shares," atau "views" di media sosial. Budaya validasi instan ini memunculkan tekanan psikologis yang signifikan. Mereka sering kali merasa tertekan untuk menampilkan citra diri yang sempurna di media sosial, yang dapat memengaruhi kesehatan mental mereka.

Sebuah laporan oleh American Psychological Association pada 2023 mengungkapkan bahwa penggunaan media sosial yang berlebihan dikaitkan dengan peningkatan tingkat kecemasan, depresi, dan ketidakpuasan diri di kalangan remaja. Tekanan untuk mendapatkan validasi digital juga memengaruhi cara mereka berkomunikasi, di mana konten yang dibuat sering kali lebih diarahkan untuk mendapatkan perhatian daripada menyampaikan pesan yang autentik.

Risiko Misinformasi

Media sosial adalah pedang bermata dua dalam penyebaran informasi. Di satu sisi, ia memungkinkan akses cepat ke berita dan ide-ide baru. Namun, di sisi lain, media sosial juga menjadi tempat subur bagi penyebaran misinformasi. Generasi Z dan Alfa, yang terbiasa mengonsumsi informasi secara cepat, sering kali tidak memiliki waktu atau keterampilan untuk memverifikasi kebenaran informasi yang mereka terima.

Misalnya, banyak remaja yang mempercayai berita hoaks atau propaganda karena hanya membaca judul tanpa mendalami isi berita. Kurangnya literasi digital yang memadai membuat mereka rentan terhadap manipulasi informasi, baik dalam konteks politik, sosial, maupun budaya.

Potensi Positif Generasi Z dan Alfa

Meski banyak kritik, Generasi Z dan Alfa juga menunjukkan potensi besar dalam menggunakan media sosial untuk tujuan positif. Mereka memanfaatkan platform digital untuk menyuarakan isu-isu global seperti perubahan iklim, keadilan sosial, dan kesetaraan gender. Gerakan seperti #FridaysForFuture yang dipimpin oleh Greta Thunberg menunjukkan bagaimana generasi muda mampu memanfaatkan media sosial untuk menciptakan dampak global. Kreativitas mereka dalam menggunakan media sosial juga mendorong ekonomi kreatif dan inovasi. Banyak anak muda yang menjadi pengusaha, konten kreator, atau aktivis sosial yang memanfaatkan media sosial sebagai alat utama mereka.

Mengoptimalkan Potensi dan Mengatasi Tantangan

Untuk memaksimalkan potensi Generasi Z dan Alfa sekaligus mengatasi tantangan yang ada, diperlukan pendekatan holistik. Pendidikan harus memainkan peran penting dalam membangun literasi digital yang mencakup aspek teknis, etika, dan pemikiran kritis. Kurikulum pendidikan juga perlu memasukkan pelajaran tentang komunikasi interpersonal yang mendalam dan empati. Selain itu, keluarga dan komunitas perlu mendorong keseimbangan antara dunia digital dan dunia nyata. Interaksi tatap muka harus tetap menjadi bagian penting dalam kehidupan mereka untuk membangun hubungan sosial yang sehat dan bermakna.

Kesimpulan

Generasi Z dan Alfa adalah generasi yang unik, dengan kekuatan besar untuk membentuk dunia masa depan. Meski pola komunikasi mereka di media sosial menghadirkan tantangan, dengan pendekatan yang tepat, mereka dapat mengubah tantangan ini menjadi peluang luar biasa. Dengan bimbingan yang memadai, generasi ini dapat menciptakan dunia yang lebih terhubung, inovatif, dan berempati.

Referensi:

  1. Pew Research Center. (2023). Teens, Social Media, and Technology.
  2. American Psychological Association. (2023). Social Media Use and Teen Mental Health.
  3. Fridays For Future. (2023). Youth Climate Strikes: A Digital Movement.
  4. UNESCO. (2022). Building Digital Literacy in the 21st Century.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun