Mohon tunggu...
Nara
Nara Mohon Tunggu... pegawai negeri -

Pendiam dan lebih suka berkomunikasi lewat tulisan. Instruktur di PPPPTK bidang otomotif dan elektronika Malang

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Blogshop JNE Malang, Nambah Ilmu Nambah Sodara

13 Mei 2015   08:38 Diperbarui: 17 Juni 2015   07:06 75
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar : facebook mbak Wawa

Bertempat di Gedung D Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang, tanggal 12 Mei bertepatan dengan hari Selasa, dilaksanakan acara blogshop kerjasama kompasiana dengan JNE dengan mengusung tema "Inovasi Strategi Bisnis di Media Online". Blogshop ini menghadirkan tiga pembicara dengan tiga topik berbeda namun berkaitan. Pembicara pertama, mas Nurul dari kompasiana, kedua Wahyu Aditya dari Hellomotion dan pembicara ketiga Andre Vincent Wenas dari JNE. Moderator dalam acara ini adalah mbak Wardah Fajri atau biasa dipanggil mbak Wawa.

Saya coba merangkum apa yang dipaparkan oleh ketiga pembicara dalam acara ini.

#1. Kompasiana

Pembicara pertama, memperkenalkan kompasiana kepada peserta, yang ternyata banyak yang belum tahu apa itu kompasiana. Saya mendapatkan istilah baru disini, yaitu crowdsourcing. Tahunya, kompasiana itu  punya slogan sharing and connecting. Nah sekarang ketambahan lagi crowdsourcing, apa pula ini? Ternyata, menurut wikipedia crowdsourcing itu suatu usaha atau tindakan yang dilakukan oleh seseorang ataupun organisasi untuk mendapatkan layanan, ide ataupun konten yang diinginkan dengan menawarkannya kepada masyarakat melalui internet, baik dengan imbalan tertentu ataupun tidak.

Blog, makin banyak saja penggunanya. Baik penulis aktif, penulis kagetan, penulis pemburu hadiah, maupun sekedar yang suka membaca. Kenapa orang suka ngeblog? Pertama untuk kesenangan. Senang nulis, senang kalau tulisannya ada yang membaca, senang kalau ada yang memberi komentar. Kedua untuk membangun koneksi. Berawal dari saling komentar, lanjut ke saling berkenalan, membangun komunitas dan akhirnya kopdar. Ketiga untuk membantu orang lain. Menuliskan topik yang sering dibutuhkan orang sebagai referensi. Misalnya, pak dokter ngeblog dan menuliskan topik kesehatan. Keempat untuk mencari penghasilan. Dengan menuliskan rewiev sebuah produk misalnya. Dengan mengikuti berbagai event lomba ngeblog juga bisa (kalau jadi pemenang).

Pembicara juga memaparkan tentang bisnis/jualan online. Bahwa ada beberapa hal yang menghambat bisnis online, antara lain kepercayaan masyarakat masih rendah terhadap perdagangan online. Jangan-jangan barangnya palsu, jangan-jangan uang sudah ditransfer tapi barang nggak dikirim, jangan-jangan ukuran/warna nggak sesuai dengan di fotonya dan aneka praduga negatif lainnya. Selain itu, di indonesia ini, baru 40% penduduknya punya akun di bank. Padahal kan jualan online mengandalkan pihak bank dalam pembayarannya.

Kalau mau jualan online, konten itu adalah Raja. Ada beberapa prinsip dalam pembuatan konten untuk tujuan marketing :


  • original, maksudnya harus asli. Pakai foto-foto sendiri, jangan copas sana sini
  • patient, sabar kalau dah beberapa hari nggak ada yang "melirik" produk yang sudah ditawarkan
  • timing, perhatikan waktu update produk. Jangan tengah malam. Perkirakan saat jam produktif orang berselancar di dunia maya
  • flexible


Terus, kalau mau buat konten untuk web jualan online, sebaiknya bagaimana? Berikut beberapa tips yang diberikan oleh pembicara :


  • konten harus menarik dan bermanfaat, gunakan visual content, jangan cuma tulisan saja. Gambar-gambar yang menarik, animasi bahkan kalau perlu ada videonya juga
  • tidak mainstream, maksudnya buatlah yang spesial. Yang bisa menjadi ciri khas web jualan online anda
  • berdasarkan data dan fakta, jangan asal ngarang yang indah-indah demi menarik minat konsumen.
  • gunakan bahasa naratif untuk menjelaskan produk yang dijual
  • sering-sering di update, perhatikan waktu dan medianya. FB dan twitter itu punya segmen pengguna yang berbeda, jadi konten jangan disamakan. Perhatikan juga ukuran fotonya.
  • libatkan pembaca. Cara melibatkan pembaca, misalnya dengan mengadakan kuis dengan hadiah produk terbaru dari barang-barang yang ditawarkan.


#2. Hellomotion

Pembicara kedua, founder Hellomotion, Wahyu Aditya. Beliau memaparkan bahwa sebuah ide untuk dapat bertransformasi menjadi sebuah produk itu membutuhkan tiga hal. Pertama, kreativitas. Tanpa pribadi yang kreatif, sebuah ide susah bakal terwujud. Bisa jadi banyak ide terlintas, namun tak pernah ada wujudnya. Kedua, teknologi. Aneka macam peralatan dan perlengkapan dapat membatu kita mewudukan ide. Karena teknologi pada dasarnya memang ada untuk memudahkan pekerjaan manusia. Ketiga, pasar. Harus ada dong orang-orang yang membutuhkan produk yang kita hasilkan. Jangan sampai kita punya banyak produk tapi hanya menumpuk di gudang pada akhirnya, karena tak ada orang yang merasakan manfaat dari produk tersebut.

Beliau memaparkan pengalamannya dalam bidang desain. Bahwa sedari SD memang sudah suka corat-coret membuat komik untuk dikonsumsi teman-temannya. Beliau juga menggawangi lahirnya "kementrian desain republik indonesia, KDRI" yang banyak mengkritisi berbagai logo yang dinilai kaku dan norak. Misinya adalah membuat Indonesia jadi keren. KDRI kini menjadi mitra berbagai instansi pemerintah dalam bidang desain.

#3. JNE

Pembicara ketiga, Chief Human Capital Officer JNE, Andre Vincent Wenas. Beliau memaparkan bahwa JNE memiliki prinsip connecting happines. Kebahagiaan orang yang memperoleh kiriman barang yang diinginkannya dalam kondisi baik dan dalam waktu yang relatif singkat. JNE bergerak dalam bidang kurir dan logistik. JNE merupakan pendukung bagi usaha skala kecil dan menengah, bahkan juga individu. JNE tumbuh dan berkembang berkat perdagangan, terutama e-commerce.

Produk yang paling banyak diperdagangkan secara online adalah apparel, misalnya baju, sepatu, kacamata dan lain-lain. Menyusul diurutan kedua adalah aneka macam gadget. Kalau gadget, apakah ada jaminan barangnya nggak rusak, atau bahkan nggak sampai ke tangan penerima? Jangan khawatir, karena untuk pengiriman barang berharga, JNE memberikan garansi bahwa barang akan sampai dengan selamat. Jika terjadi kerusakan, atau kehilangan, JNE akan mengganti dengan biaya yang besarnya sama dengan harga barang yang dikirimkan. Syaratnya, barang yang dikirim harus diasuransikan. Besarnya premi yang harus dibayar adalah 0,2% dari harga barang.

***

Masing-masing pembicara sudah memberikan pemaparan. Acara dilanjutkan dengan tanya jawab. Karena waktunya terbatas, hanya diberikan kesempatan pada tiga penanya. Selesai sesi tanya jawab, ada hiburan stand up comedy yang berhasil membuat ruangan riuh oleh tawa para peserta.

Selesai acara, tak lengkap rasanya jika belum berfoto bersama. Dan inilah sebagian wajah kompasioner yang hadir diacara kemarin

14314799771481708900
14314799771481708900
Sumber gambar : facebook mas Nurul

Usai foto bersama, kompasioner pindah tempat. Cari tempat yang yang buat ngobrol sambil nyeruput secangkir kopi. Dipilihlah salah satu gerai kopi yang ada di MX mall malang, yang lokasinya tidak terlalu jauh dari acara blogshop.

Ngobrol sana sini, akhirnya terbentuklah komunitas blogger kompasiana malang. Walaupun yang ngumpul saat itu ada juga yang dari Surabaya, Gresik, Mojokerto bahkan Madiun. Sempat bingung juga mau dikasih nama apa. Dan akhirnya terpilihlah nama BOLANG (blogger kompasiana malang).

Sekitar jam 8 perkumpulan ini bubar, diiringi janji untuk membuat tindak lanjut dari apa yang sudah diobrolkan tadi. Sebelum bubar, tak lupa berfoto dulu

14314803911484083851
14314803911484083851
Sumber gambar : facebook mas Nurul

***

Demikianlah laporan singkat hasil mengikuti blogshop kemarin. Jika dirangkum apa yang disampaikan oleh ketiga pembicara, intinya adalah, kalau mau sukses jualan online gunakanlah media sosial secara optimal (blog, fb, twitter, instagram), buatlah konten visual dan yang terakhir, gunakan jasa JNE untuk mengirim barang.

Alhamdulillah, dengan mengikuti kegiatan ini saya jadi nambah ilmunya. Nambah juga saudaranya. Nambah juga koleksi kaosnya. Terimasih Kompasiana. Terimakasih JNE.

14314806421505523496
14314806421505523496
Sumber gambar : dok. pribadi

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun