LATAR BELAKANG
Pendidikan yang berkualitas sangat diperlukan untuk mendukung terciptanya manusia yang cerdas serta mampu bersaing di masa mendatang. Pendidikan yang mampu mendukung pembangunan dimasa mendatang adalah pendidikan yang mampu mengembangkan potensi peserta didik, sehingga peserta didik mampu menghadapi dan memecahkan problema kehidupan yang dihadapi. Konsep pendidikan tersebut akan semakin penting ketika seseorang harus memasuki kehidupan di masyarakat dan dunia kerja, karena mereka harus mampu menerapkan apa yang dipelajari di sekolah untuk menghadapi problema yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari baik yang terjadi saat ini maupun yang akan datang.Â
Guru sebagai pamong dapat memberikan tuntunan agar anak dapat menemukan kemerdekaannya dalam belajar. Guru diharapkan memiliki nilai-nilai positif yang dibutuhkan untuk membentuk karakter pelajar Pancasila dengan memberi contoh dan melakukan pembiasaan yang konsisten di sekolah.
Perlunya kolaborasi yang baik dengan warga sekolah dalam proses menciptakan budaya positif di lingkungan kelas maupun sekolah. Dengan kolaborasi yang baik, akan tercipta budaya positif di lingkungan sekolah yang aman, nyaman, dan berpihak kepada murid. Kolaborasi dengan orang tua murid pun penting. Hal ini agar penanaman budaya positif di sekolah bisa berimbas di rumah dan lingkungan.
TUJUAN
Menumbuhkan karakter-karakter yang sesuai dengan karakter profil profil Pancasila melalui pembiasaan pembiasaan baik. Karakter yang diharapkan menjadi manusia dan anggota masyarakat untuk mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya, baik sebagai manusia maupun sebagai anggota nasyarakat. Memfasilitasi murid untuk dapat menyampaikan aspirasinya dan melaksanakan keyakinan kelas yang telah disepakati dengan penuh tanggungjawab.
TOLAK UKUR
Murid dapat melaksanakan keyakinan yang telah disepakati dengan kesadaran diri dan terwujudnya pembiasaan-pembiasaan baik sehingga tercermin karakter profil pelajar Pancasila. Murid terlibat aktif, mandiri, kreatif dan bertanggung jawab dalam belajar Murid toleran, saling menghormati, dan saling menghargai Murid peduli dalam mencintai diri sendiri dan orang lain Murid peduli terhadap kebersihan lingkungan, Hidup sehat, berpakaian rapi dan bersih.
LINIMASA YANG AKAN DILAKUKAN
Rencana aksi nyata dalam menanamkan budaya positif di sekolah dilaksanakan melalui tahapan berikut.
PERENCANAAN
- Meminta dukungan dari kepala sekolah untuk melaksanakan aksi nyata penanaman budaya positif di sekolah
- Mensosialisasikan kepada kepala sekolah dan rekan sejawat mengenai budaya positif dan keyakinan kelas
- Merencanakan jadwal pelaksanaan aksi nyata kepada kepala sekolah dan rekan sejawat
- Menentukan waktu untuk pelaksanaan aksi nyata budaya positif dan keyakinan kelas