Kegiatan-kegiatan Pendalaman Keyakinan Kelas (1)
1. Kegiatan Tampak Seperti/Tidak Tampak Seperti
Anggota kelas dibagi menjadi beberapa kelompok, dan setiap kelompok diberikan kertas. Salah satu anggota kelompok membuat huruf T kapital yang besar (Tabel T). Guru memberikan salah satu 'keyakinan kelas' kepada setiap kelompok.Â
Dua kelompok bisa mendapatkan keyakinan yang sama bila ada 10 kelompok. Selanjutnya setiap kelompok diminta untuk bercurah pendapat tentang keyakinan tersebut, tampak seperti apa, tampak tidak seperti apa.Â
Kemudian hasil curah pendapat  setiap kelompok dipresentasikan pada kelompok besar, dan kertasnya ditempel di sekeliling dinding kelas untuk dapat dilihat setiap warga kelas agar menguatkan pemahaman.Â
1. Â Kegiatan Tampak Seperti/Tidak Tampak Seperti
Sekarang tugas mandiri Anda adalah, silahkan coba melakukan pemetaan seperti kegiatan sebelumnya.
Tersedia 2 butir Keyakinan Kelas 5 (lihat contoh) yang disediakan dalam bentuk Tabel T. Tuliskan gagasan-gagasan Anda tentang contoh perwujudan dari 2 keyakinan tersebut, tampak seperti apa dan tidak tampak seperti apa?
bersikap positif
Tampak Seperti
Tidak Tampak Seperti
Jujur
Rajin
Berbicara santun
Tepat waktu
Salam dan senyum
Berkomitmen
Tidak Jujur
Tidak rajin
Berbicara kasar
Terlambat
Tidak salam dan senyum
Tidak berkomitmen
Percaya dan menghormati orang lain dan barang miliknya
Tampak Seperti
Tidak Tampak Seperti
Menghargai orang lain
Menyampaikan amanat / Amanah
Meminta Izin Jika meminjam barang Milik orang lain
Menjaga Barang Milik orang lain
Mengembalikan segala sesuatu yang di pinjam
Tidak Menghargai orang lain
Tidak menyampaikan amanat/ Khianat
Tidak meminta Izin Jika meminjam barang milik orang lain
Merusak barang milik orang lain
Tidak mengembalikan segala sesuatu yang di pinjam
Selanjutnya isilah bagaimana perwujudan dari Keyakinan Kelas 1 berikut: "setiap anggota kelas melakukan tugas". Tuliskan apa yang ingin Anda dengar, lihat, dan lakukan dalam format Tabel Y, seperti di bawah:Â
2. Â Kegiatan Tugas Saya-Tugas Kamu (Tugas Guru-Tugas Murid)
Coba Anda lakukan kegiatan Tugas Saya-Tugas Kamu dengan murid-murid di sekolah Anda, atau bisa juga dilakukan dengan anak-anak Anda di rumah (menjadi: Tugas Orang Tua-Tugas Anak). Bercurah pendapat tentang tugas masing-masing warga kelas atau rumah untuk membangun lingkungan positif yang aman dan nyaman, yang selanjutnya menjadi suatu budaya positif.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H