Kamu tahu Frappuccino? Salah satu minuman es dari kedai kopi terkemuka berlogo hijau, saya salah satu penggemar berat frappuccino.
Dibalik rasa segar dan dominasi frappuccino di pasar perkopian, ternyata ada pelajaran bisnis yang bisa diambil dari sejarah terciptanya frappuccino itu.
Kisahnya dimulai ketika ada seorang manajer toko dari kedai kopi berlogo hijau tersebut, di California Selatan, melihat banyak kedai kopi lokal menjual blended coffee beverage.
Kemudian si manajer toko ini kemudian berpikir bagaimana seandainya kedai kopi mereka memproduksi sendiri minuman jenis blended coffee beverage itu.
Namun saat ide tersebut diajukan ke komite produk, ide tersebut ditolak dengan alasan kedai kopi tersebut menjual kopi, bukan minuman es.
Namun manajer toko ini tetap bersikeras bahwa idenya akan berhasil dan akhirnya manajer toko ini melakukan eksperimen dan menjualnya.
Singkat cerita, eksperimen tersebut ternyata disukai dan ternyata memang ada perubahan perilaku konsumen dibalik itu.
Akhirnya minuman frappuccino ini diteliti, dikemas, dan dipasarkan oleh kedai kopi berlogo hijau tersebut dan the rest is history.
Ini adalah contoh konsep emergent strategy, suatu pendekatan strategi dari bawah ke atas berdasarkan pengalaman, permasalahan, dan solusi yang ditemukan di kegiatan operasional sehari-hari.
Konsep yang patut dicoba, diuji, dan diimplementasikan sebagai complimentary strategy atau bahkan strategi utama korporasi.