Suatu organisasi bisnis (perusahaan) dapat tumbuh dan berkembang jika menganut konsep efektivitas dan produktivitas dalam menjalankan kegiatan bisnisnya. Tidak dapat dipungkiri bahwa mendirikan organisasi bisnis adalah cara terbaik untuk meraih keuntungan. Pada saat pandemi COVID-19 ini, strategi bisnis yang tepat untuk memasarkan produk dapat dilakukan melalui media sosial dengan jangkauan pemasaran yang luas.
Berikut beberapa strategi pemasaran yang efektif di masa pandemi seperti ini :
1. Konten Marketing
Setiap orang setidaknya mengonsumsi konten dimedia sosial setiap harinya, dengan melakukan konten marketing di media sosial kita bisa memasarkan produk dengan budget minimal tetapi hasil maksimal. Tapi bagaimana konten yang kita buat bisa menarik pembaca/penonton untuk mengubahnya menjadi pembeli produk kita? Jawabannya adalah Anda harus menggunakan teknik soft-selling  dalam konten Anda. Oleh karena itu, ketika seseorang membaca/melihat konten Anda, seolah-olah mereka tidak sedang ditawari suatu produk. Oleh karena itu, jika Anda menggunakan strategi pemasaran produk ini, Anda juga harus pandai bercerita membuat konten semenarik mungkin yang membuat para konsumen tertarik untuk membeli produk yang kita tawarkan.Â
2. Customer Review
Dengan memanfaatkan customer review Anda bisa menggunakan apa yang sudah dikatakan oleh konsumen tentang produk Anda yang sesuai ekspektasi dan mempromosikan opininya tersebut.
Apalagi jika Anda juga menggunakan saluran marketplace, ini akan membantu Anda. Pendapat orang lain tentang produk Anda akan memudahkan orang lain untuk memutuskan apakah akan membeli produk Anda/tidak. Dalam strategi pemasaran produk ini, Anda tidak memerlukan banyak uang, karena Anda hanya perlu mendengarkan pendapat konsumen yang sudah ada. Strategi ini mungkin kurang cocok untuk mereka yang baru memulai dari nol, namun jika bisnis sudah berjalan cukup lama, Anda bisa langsung menggunakannya.
3. Â Program Afiliasi
Yaitu dengan membuat referal program. Referal program adalah dimana produk Anda dipromosikan oleh seseorang, dan orang tersebut mendapat komisi dari setiap penjualan yang terjadi melalui dirinya.Â
Saat Anda membuka program afiliasi ini, biasanya pembuat konten, blogger, atau karyawan YouTube akan membantu mempromosikan produk Anda, dan semakin mereka mengarahkan orang untuk membeli produk Anda, semakin menguntungkan bagi mereka. Strategi pemasaran produk ini bisa menjadi win-win solution di mana Anda bisa mendapatkan bantuan dalam mempromosikan promosi produk yang sedang Anda adakan.
4. Kontes Media Sosial
Pemasaran produk yang bisa dibilang hampir gratis sama sekali, asalkan Anda sudah punya base follower yang lumayan, yaitu kontes media sosial. Disini Anda menyiapkan sebuah bonus atau diskon dari produk Anda dengan beberapa syarat bagi yang menginginkannya. Contohnya Anda menjual kaos, dan Anda bisa memberi diskon kaos atau bahkan giveaway satu produk Anda saja.Â
Tapi syaratnya kalau ada yang mau, harus follow akun IG Anda terlebih dahulu, lalu repost, lalu tag yang lain, dan lain sebagainya. Keputusan pemenang ada pada Anda. Kuncinya adalah Anda memperluas promosi melalui pengikut Anda. Strategi pemasaran produk ini akan sangat efektif dalam meningkatkan jumlah orang yang mengetahui merek Anda. Semakin banyak Anda menyebar, semakin besar peluang Anda untuk mendapatkan pembeli.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H