Mohon tunggu...
Nanda Prihatini
Nanda Prihatini Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Bimbingan Belajar Materi IPA Sekolah Dasar dengan Memanfaatkan Media Pembelajaran

31 Desember 2020   07:35 Diperbarui: 31 Desember 2020   07:40 104
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Oleh: Ayu Juliyani Permatasari, Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Purworejo

Melakukan kegiatan bimbingan belajar dengan memanfaatkan media pembelajaran sangat bagus karena sangat membantu saat proses belajar mengajar apalagi pada saat materi IPA Sekolah Dasar yang Sebagian Besar didalam materinya sangat membutuhkan media pembelajaran yang bertujuan untuk membuat proses belajar mengajar lebih efektif  dan membuat siswa SD lebih semangat untuk mempelajari materi-materi serta menumbuhkan keaktifan siswa.

Tidak hanya itu, media pembelajaran juga menjadikan proses belajar menjadi konkrit dan nyata. Selain itu, dengan adanya media pembelajaran maka siswa Sekolah Dasar akan lebih memahami akan materi yang disampaikan. Dan siswa akan lebih mandiri ketika adanya sebuah media pembelajaran yang biasanya menumbuhkan sikap simpati dan rasa ingin tahu yang lebih mendalam.

Media pembelajaran merupakan salah satu alat komunikasi yang di desain khusus guna untuk mencapai tujuan pembelajaran. Saat pembuatan media pembelajaran bisa dengan menggunakan kertas asturo, kertas origami, styrofoam, kardus serta alat bantu lainnya. 

Didalam media pembelajaran tidak hanya berisi tentang materi-materi saja. Apalagi disaat pembelajaran berlangsung siswa cenderung akan merasa cepat bosan maka dari itu media pembelajaran juga harus di isi dengan  gambar-gambar animasi, kuis bahkan permainan.

Dengan adanya media pembelajaran maka dampak dari penggunaannya yaitu mendorong kemauan terciptanya proses belajar pada diri peserta didik. Dampak keberhasilan tidak sepenuhnya dari media pembelajaran itu sendiri akan tetapi keberhasilan dalam menerapkan atau menggunakan media pembelajaran itu sendiri. 

Untuk meningkatkan hasil belajar itu tergantung pada tiga unsur pokok yaitu, isi dari media pembelajaran itu sendiri, bagaimana cara menjelaskan dan menyampaikan materi di media pembelajaran dan yang terakhir atau karakteristik siswa.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun