Mohon tunggu...
Nana Marcecilia
Nana Marcecilia Mohon Tunggu... Asisten Pribadi - Menikmati berjalannya waktu

Mengekspresikan hati dan pikiran melalui tulisan

Selanjutnya

Tutup

Hobby Artikel Utama

"Traveling" Hemat ke Jerman Selama Corona

6 Mei 2021   06:58 Diperbarui: 6 Mei 2021   14:00 658
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Suasana Jalur Bersepeda di Sepanjang Danau Hintersee(Badan Turis Nasional Jerman (GNTB) via PRecious Communications)

Selama masa pandemi, kegiatan traveling ke negeri lain kerap ditunda demi menjaga kesehatan, sekaligus menjaga keseimbangan finansial, mengingat kondisi perputaran perekonomian di dunia belumlah terlalu stabil. 

Travel virtual pun ditawarkan kepada orang-orang yang membutuhkan suasana baru, tapi tidak bisa ke mana-mana. Sangat menarik, menurut saya. Kocek yang dikeluarkan tidak terlalu besar, namun setidaknya bisa me-refresh pikiran bagi yang sudah sangat jenuh berada di rumah saja. 

Beberapa waktu lalu, saya menemukan satu channel YouTube, Hayao, yang merekomendasikan cara travel yang asyik tanpa mesti bepergian. 

Hayao sangat suka traveling ke negara lain, namun di masa pandemi ini, ia melakukan traveling dengan melihat foto-foto yang menarik dari satu negara yang ingin ia kunjungi dan melakukan make over dapurnya sehingga ia merasakan dirinya seakan sedang berada di negeri yang ia "kunjungi" melalui buku.

Terinspirasi dari channel tersebut, saya teringat pada sepenggal kalimat dalam buku Nyanyian Sunyi Seorang Bisu, Pramoedya Ananta Toer tidak suka dengan konsep komik yang langsung menggambarkan situasi. 

Beliau lebih senang dengan buku yang bercerita, sehingga daya imajinasi anak bisa berkembang. Daya imajinasi anak berfungsi untuk meningkatkan daya kreativitasnya. Komik bergambar dinilai "mematikan" daya kreativitas sang anak nantinya. 

Mengingat kalimat tersebut dan menonton vlog Hayao, menginspirasi saya untuk melakukan traveling melalui daya imajinasi, sekaligus membuat suasana seakan saya berada ke negeri yang saya kunjungi. 

Jerman merupakan negara yang ingin saya kunjungi. Hal ini dikarenakan seringnya saya mendengar cerita tentang negara tersebut dari anaknya teman ibu saya, teman saya sendiri yang sepertinya sangat betah tinggal di sana, vlog salah satu influencer Indonesia yang tinggal di sana, Gita Savitri, dan tentu tulisan-tulisan Kak Hennie Triana, Kompasianer, yang seringkali mengulas tentang Jerman. 

Ilustrasi traveling melalui bacaan buku | Foto Smartmoney.co
Ilustrasi traveling melalui bacaan buku | Foto Smartmoney.co
Karena seringnya mendengar dan membaca tentang Jerman, rasa tertarik dan penasaran pun selalu muncul. Menunggu selesai pandemi pun, belum tentu saya bisa ke sana, mengingat kocek yang dikeluarkan sungguh besar. Ada pengeluaran lain yang mesti diprioritaskan.

Kecintaan saya pada makanan, memberikan ide untuk membuat makanan ala western. Spaghetti carbonara dengan bumbu bolognese. Karena suami sedang ada dinas, saya pun berbuka puasa sendiri dengan spaghetti tersebut, ditemani dengan buku Insight Germany yang ditulis oleh Kak Hennie Triana. 

Traveling pun dimulai sembari menyantap makanan...

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun