Di era digital 4.0 berbisnis bukan suatu hal yang baru lagi mulai dari bisnis berbagai jenis produk hingga jasa. Pada pandemi covid 19 ini banyak para karyawan yang diberhentikan, banyak perusahaan yang harus bangkrut hal tersebut membuat perekonomian semakin terpuruk dan membuat masyarakat harus mencari cara bagaimana mempertahanankan perekonomiannya sehingga muncul ide-ide kreatif dalam berbisnis.
Dalam berbisnis tentu bukan suatu perkara mudah namun dalam berbisnis harus memiliki tekad dan semangat yang kuat. Untuk menentukan jenis bisnis apa yang akan kita jalani yaitu dengan melihat peluang (trend) atau membuat suatu hal yang berbeda (gebrakan baru)...hal tersebut pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.Â
Kelebihan memilih bisnis yang sedang trendÂ
1. Mudah di promosikan
Memilih bisnis yang sedang trend pasti sangat mudah untuk di promosikan untuk dikenalankan kepada konsumen mengenai merk produk atau jasa dari usaha kita karena sedang booming-booming nya diburu oleh konsumen.Â
2. Mudah mendapatkan konsumen
Produk yang sedang hits dikalangan masyarakat pastinya sangat diburu untuk dicari dan di beli oleh masyarakat karena sangat tertarik ingin mencoba produk tersebut.Â
3. Keuntungan dapat meningkat pesatÂ
Pada saat permintaan pasar atau konsumen meningkat biasanya pemasar atau perusahaan akan meningkatkan pula harga dari produk atau jasa tersebut yang akan berpengaruh meningkat pada laba atau keuntungan bisnis.Â
Kelemahan memilih bisnis yang sedang trend
1. Kompetisi yang kuat
Karena bisnis produk atau jasa tersebut sedang trend biasanya banyak para pebisnis yang berani untuk menjalankan bisnis yang sedang trend. Hal tersebut membuat para pebisnis perlu mengatur strategi pemasarannya yang matang dan tepat agar tidak tersingkir dengan para kompetitor lainnya
2. Permintaan pasar akan surut
Menjalankan bisnis yang sedang trend biasanya hanya terjadi pada waktu atau musim tertentu, setelah itu mungkin masyarakat akan merasa bosen dan mengurangi pembelian atau pemakaian produk dan jasa tersebut. Maka dari itu diperlukan cara alternatif untuk mengatasi permasalahan permintaan pasar yang mulai menurun
Kelebihan dari memilih bisnis yang berbeda atau membuat gebrakan yang baru
1. Minim kompetisi atau pesaing
2. Bisnis dapat berlangsung lama jika memang ditekuni, tekad, dan strategi pemasaran yang tepat
3. Laba yang dihasilkan biasanya besar karena minim nya atau tidak adanya pesaing di bidang bisnis tersebut
Kelemahan dari memilih bisnis yang berbeda atau membuat gebrakan baru
1. Biaya promosi lebih besar karena produk tersebut belum atau bahkan tidak dikenal oleh masyarakat
2. Waktu yang tidak pasti dalam penjualan, cepat atau lambatnya merk dikenalkan oleh masyarakat tergantung pada strategi pemasaran dan pemasar hal tersebut bisa juga diatasi dengan canggihnya teknologi. Dengan adanya teknologi membuat penyampaian informasi baru dapat diterima dengan cepat.Â
3. Permintaan pasar biasanya pada awal bisnis belum begitu banyak
Nah... Gimana pejuang bisnis sudah pahamkan baik buruknya dari memilih bisnis yang sedang trend dengan memilih bisnis yang berbeda atau membuat gebrakan baru.Â
Menentukan sebuah jenis bisnis pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing hanya saja kita harus siap dalam menghadapi rintangan bisnis dikemudian harinya.Â
Jika bukan mulai dari sekarang, kapan lagi???
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H