Mohon tunggu...
Nalendro Mulyo Wicaksono
Nalendro Mulyo Wicaksono Mohon Tunggu... Lainnya - Penulis

Penulis Bidang Wirausaha

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Strategic Desicion Making Process dalam Bisnis Usaha Barbershop

20 April 2023   23:17 Diperbarui: 20 April 2023   23:20 294
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ppt kwu hal 30 oleh prof apollo

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Strategic Decision Making Process Dalam Bisnis Usaha BarberShop

Dalam usaha bisnis Barbershop, strategic decision Making Process adalah Langkah yang penting untuk membuat dan 

mengembangkan strategi-strategi usaha sehingga dapat bersaing dalam dunia usaha, berikut adalah contoh penerapan Strategic 

Decision Making Process dalam bisnis usaha BarberShop 

Pendahuluan

Memangkas rambut adalah suatu hal yang hampir semua orang lakukan, terlebih kaum laki-laki yang pekerjaannya menuntut untuk berpenampilan rapih khususnya dalam hal kerapihan rambut yang mengharuskan untuk pergi ke barbershop secara rutin untuk merapihkan rambutya, oleh karena usaha Barbershop adalah usaha yang menjamin karena memangkas rambut adalah suatu hal yang penting yang Sebagian orang lakukan dan target pasarnya adalah semua kalangan baik pria atau Wanita, kaum pemuda, orang tua, dan lain lain.

1. Evaluate current performance results

Performa usaha kami pada setiap tahunnya ini cenderung stabil, keuntungan kami terus meningkat setiap bulan, khususnya saat hari hari penting seperti hari raya Natal dan lebaran, pendapatan kami dapat meningkat drastis hampir menyentuh angka 200% dari pendapatan biasanya, oleh karena itu dapat dikatakan peforma kami cenderung stabil bahkan meningkat pada setiap tahunnya, dan diperkirakan akan terus meningkat di masa yang akan datang.

2. Review corporate governance

Untuk saat ini struktur kepemimpinan dalam usaha barbershop adalah saya sendiri, saya dibantu oleh empat karyawan, tiga karyawan bekerja sebagai Capster/tukang cukur, satu karyawan bekerja sebagai kasir dan bagian admistrasi, kami masih membuka lapangan pekerjaan dengan jumlah kuota dua orang untuk bekerja di bagian capster.

3. Scan and assess the external environment

Kami selalu mengikuti pekembangan jaman khususnya dalam bidang stylist, sehingga kami dapat menyesuaikan model potongan rambut kami sesuai dengan yang sedang trend saat ini, sehingga dapat menarik pelanggan lebih banyak lagi sehingga dapat terus mengembangkan usaha barbershop kami.

4. Scan and assess the internal corporate environment

Setiap setahun sekali kami akan melakukan evaluasi kinerja dari para karyawan kami khususnya dalam bagian capster, untuk capster terbaik akan kami berikan penghargaan berupa bonus insentif dan fotonya akan di pajang di reward of wall setiap tahunnya untuk memberikan motivasi kepada capster lain untuk bersaing untuk menjadi yang terbaik yang tentunya dengan persaingan yang sehat.

5. Analyze strategic (SWOT) factors

Analisis SWOT biasanya kami lakukan setiap tahunnya untuk menganalisis usaha kami, kami akan berdiskusi dengan para karyawan kami mengenai kekuatan, kelemahan, peluang, dan Ancaman yang terdapat dalam usaha kami, sehingga kami dapat memikirkan strategi yang sesuai dengan usaha kami sehingga usaha kami dapat berkembang dan dapat menghasilkan keuntungan semaksimal mungkin.

6. Generate, evaluate and select the best alternative strategy

Kami juga akan melakukan riset dalam pasar tentang sestautu yang sedang viral dan trend pada saat ini sehingga kami dapat membuat alternatif strategi untuk melengkapi SWOT yang telah kami buat sebelumnya, sehingga strategi kami bersifat elastis yang maksudnya dapat berubah sesuai kebutuhan pasar saat ini.

7. Implement selected strategies

Dalam menerapkan strategi kami juga mengikuti komunitas dalam bidang barbershop sehingga kami dapat bertukar pikiran dan berbagi pengalaman yang membuat kami dapat menentukan strategi pasar yang tepat pada saat ini dan di masa yang akan dating sehingga usaha kami tidak berkesan ketinggalan zaman atau kuno, kami juga menyewa jasa konten creator untuk mempromosikan usaha kami sehingga dapat menarik pelanggan yang berminat menjadi pelanggan pada usaha barbershop kami.

8. Evaluate implemented strategies

Setelah membuat dan menerapkan strategi usaha kami, kami akan terus mengevaluasi untuk mengetahui apakah strategi kami berjalan sesuai rencana dan sesuai dengan yang diharapkan, jika sesuai kami akan terus menerapkankan sambil terus mengevaluasi setiap bulannya, dan jika strategi usaha kami tidak sesuai dengan rencana kami akan Kembali berdiskusi untuk menentukan Langkah apa yang harus dilakukan untuk kemajuan usaha barbershop kami.

Penutup

Bisnis usaha Barbershop adalah bisnis usaha yang menjanjikan pada saat ini dan di masa yang akan datang karena memiliki ruang lingkup pelanggan yang luas dan dengan di bantu oleh Strategic Decision Making Process kita dapat semakin meningkatkan usaha bisnis kita untuk dapat bersaing dengan competitor lain dalam bidang usaha yang sama dan bahkan dapat mengunggulinya karena kiat memiliki strategi usaha yang berkonsep untuk mencapai tujuan dari usaha kita tersebut.


Demikian Artikel yang saya buat, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian, jika pada artikel saya terdapat kesalahan itu murni dari kekhilafan saya, karena kesempurnaan hanya milik Allah SWT


Wasalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun