Mohon tunggu...
Nala Widya Aprelia
Nala Widya Aprelia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UIN Maliki Malang

masih belajar nulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Analisis Wacana Kritis mengenai Perbankan Syariah

7 Oktober 2023   19:50 Diperbarui: 7 Oktober 2023   20:04 111
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Analisis wacana kritis merupakan cara berpikir secara rasional, yakni dengan menganalisis dan memahami masalah-masalah sosial, kemudian dikembangkan dengan asumsi-asumsi. Sehingga dalam pemikiran atau penerimaan informasi tidak serta merta diterima begitu saja, namun diolah terlebih dahulu agar mendapat kesimpulan yang benar.

Contoh Analisis Wacana Kritis mengenai Perbankan Syariah

Deskripsi

Kurang meluasnya pemahaman masyarakat tentang apa itu bank syariah, konsep bagi hasil, dan macam-macam produk bank syariah.

Interpretasi

Bank syariah memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh bank konvensional, yaitu transaksinya yang berdasarkan bagi hasil. Sehingga keuntungan yang didapat sesuai dan jika mengalami kerugian akan ditanggung sesuai dengan akad yang digunakan. Akan tetapi, bank syariah memiliki kelemahan dari bank konvensional, yakni keterbatasan jaringan pemasaran bank syariah, belum memiliki Sumber Daya Manusia yang mencukupi, serta efisiensi operasional perbankan syariah yang masih belum optimal.

Eksplanasi

Dari kelemahan yang dimiliki oleh bank syariah, mereka tetap memiliki potensi pasar yang masih luas. Tentunya dengan penyusunan strategi sebagai upaya pengembangan bank syariah kedepannya. Diantara strategi yang dapat dilakukan ialah:

  • Peningkatan Kualitas Pelayanan

Aspek ini cukup sensitif terhadap nasabah, karena nasabah lebih memilih untuk berhenti berlangganan ketika pelayanan yang didapat kurang baik.

  • Penetrasi Pasar

Perluasan pasar perlu dilakukan terutama pada kalangan yang peduli dengan halal-haram. Perluasan yang dimaksud baik pasar dalam penghimpunan dana maupun pasar penyaluran dana

  • Peningkatan Promosi dan Sosialisasi Terhadap Produk-Produk Bank Syariah Secara Efektif

Promosi dapat dilakukan dengan memanfaatkan bantuan perseorangan, kelompok, maupun instansi yang meliputi petinggi pemerintah, cendekiawan, public figure, dan lain-lain

  • Peningkatan Kualitas SDM

Pelatihan dan pengembangan perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas SDM, baik mengenai manajemen perbankan maupun pengetahuan tentang perbankan syariah.

  • Pengembangan Produk-Produk Bank Syariah yang Kompetitif dan Inovatif

Pasar yang semakin maju dan pesaing bank syariah tidak hanya pada bank konvensional saja, melainkan dari sesama bank syariah itu sendiri. Hal ini mendorong bank syariah untuk terus melakukan pembaharuan agar tidak mengalami ketertinggalan.

Referensi:

Dr. Diana Silaswati, M. (2019). ANALISIS WACANA KRITIS DALAM PENGKAJIAN WACANA. Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 6-7.

Munawir, H. (2005). PERENCANAAN STRATEGI PENGEMBANGAN BANK SYARIAH DI INDONESIA . Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 42-46.

Rusydiana, A. S. (2016). ANALISIS MASALAH PENGEMBANGAN PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA:APLIKASI METODE ANALYTIC NETWORK PROCESS. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 240-244.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun