Mohon tunggu...
Najwa Ainun
Najwa Ainun Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

Hallo

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pemanfaatan Media Sosial Untuk Peningkatan Pemasaran UMKM

23 Januari 2025   20:38 Diperbarui: 23 Januari 2025   20:38 12
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Peluang UMKM di Era Digital

Media sosial menjadi alat pemasaran efektif untuk UMKM, memungkinkan bisnis menjangkau lebih banyak audiens dengan cara interaktif. Platform seperti Instagram, TikTok, dan Facebook tidak hanya mempermudah komunikasi dengan pelanggan, tetapi juga membangun citra merek. Meski potensial, banyak UMKM belum sepenuhnya mengoptimalkan penggunaannya.

Metode Penelitian

Penelitian ini dilakukan pada Chizzyid, UMKM di Bandung yang bergerak di bidang fashion dan aksesori. Data dikumpulkan melalui observasi langsung dan wawancara selama tiga minggu untuk memahami strategi pemasaran media sosial yang diterapkan.

Hasil Penelitian

Profil Chizzyid

Chizzyid, didirikan pada 2020 oleh Nelvi Trimasdelani, menawarkan produk handmade seperti vest dan aksesori berbahan manik-manik, dengan fokus pada kreativitas dan kualitas.

Strategi Media Sosial

Instagram menjadi platform utama Chizzyid. Strategi pemasaran mencakup konten visual menarik, seperti foto estetik dan video pendek tentang proses produksi.

Tantangan

Chizzyid menghadapi kesulitan menjaga konsistensi konten dan menghadapi perubahan algoritma media sosial yang memengaruhi jangkauan audiens.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun