Mohon tunggu...
Najwa Aulia
Najwa Aulia Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - SMKN 1 Mundu Cirebon

SMKN 1 Mundu

Selanjutnya

Tutup

Financial

Cara Membuat Link Online Shop di Instagram Mengarahkan Pelanggan dengan Mudah

14 Agustus 2023   19:49 Diperbarui: 14 Agustus 2023   19:59 142
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

Dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat link online shop di Instagram dengan lebih efisien.  

Instagram adalah platform yang populer untuk berjualan secara online. Namun, dalam pengaturan standar, Anda hanya dapat menambahkan satu tautan di bio profil Anda. 

Tautan ini bisa menjadi pintu gerbang untuk membawa pengunjung ke online shop Anda atau halaman lain yang ingin Anda promosikan.

Manfaat membuat link online shop 

1. Jangkau audiens yang besar

Instagram merupakan salah satu platform yang paling banyak digunakan oleh masyarakat.Secara khusus, sekitar 70% pembeli setia menggunakan Instagram untuk mencari produk. 

2. Mempermudah konsumen untuk berbelanja 

 Konsumen yang melihatnya juga dapat menemukan lebih banyak informasi  produk dan melakukan pemesanan tanpa meninggalkan aplikasi. 

3. Meningkatkan lalu lintas situs web

Selain mengaktifkan penjualan dalam aplikasi langsung, Anda dapat mengarahkan konsumen melihat produk Anda untuk diunggah ke situs web toko online agar mereka dapat memeriksanya. Dengan begitu, jumlah pengunjung atau traffic ke website toko online Anda bisa  meningkat. 

4. Menjual dan menjaga hubungan dengan konsumen

Dengan proses transaksi dan pengalaman berbelanja yang mudah, konsumen juga akan merasa lebih nyaman berbelanja, yang pada gilirannya akan meningkatkan penjualan. Selain itu, mereka dapat menelusuri produk sambil berkomunikasi di platform yang sama.

5. Promosi lebih mudah dan beragam

 Anda dapat mempromosikan produk Anda melalui iklan Shopping atau bekerja sama dengan influencer melalui  Shopping untuk kreator. Dengan Creator Shopping, setiap unggahan influencer akan diberi label "Partner berbayar dengan (nama brand)" sehingga penonton akan langsung tahu bahwa produk yang ditampilkan di foto atau video tersebut adalah produk Anda.

Langkah-langkah Dalam Cara Membuat Link Online Shop Instagram 

Berikut adalah penjelasan mengenai langkah-langkah dalam menggunakan atau membuat link online shop instagram, simak selengkapnya : 

1. Menggunakan biolink

 Tautan bio adalah tautan utama yang ditemukan di profil Instagram Anda. Bahkan jika Anda hanya memiliki satu tautan untuk ditampilkan di profil Anda, Anda dapat menggunakan layanan seperti Linktree atau Campsite untuk membuat halaman dengan banyak tautan yang dapat diakses pengunjung.

 Yang perlu Anda lakukan hanyalah menautkan bio Anda ke halaman itu dan dari sana pengunjung dapat memilih halaman atau produk yang ingin mereka lihat. 

2. Gunakan artikel dengan deskripsi tautan atau Link 

 Anda dapat memanfaatkan anotasi dalam posting anda dengan menambahkan tautan ke sana. Namun, perlu diingat bahwa tidak mungkin mengklik tautan  langsung dari legenda. 

Pengguna harus menyalin dan menempelkannya ke browser mereka. Namun, ini masih bisa menjadi cara untuk menarik perhatian pengguna ke tautan Anda. 

3. Buat situs web dan halaman Facebook, serta katalog produk

Langkah selanjutnya adalah membuat situs web. Selain  meningkatkan dan memperluas kredibilitas brand atau toko Anda, membuat  website juga akan memudahkan Anda dalam membuat Instagram Shopping.

Pada tahap ini, Anda perlu membuat halaman di Facebook untuk menempatkan beberapa katalog produk komersial Anda. Buat akun dari pengelola halaman  Facebook seperti  Facebook Business Manager lalu masuk dan masuk dengan akun Facebook yang Anda miliki.

Isi informasi atau data yang diminta saat membuat akun profesional baru. Jika katalog produk Anda telah selesai mengimpor halaman Facebook dan situs web Anda, aktifkan Belanja di Instagram melalui aplikasi Instagram. 

4. Gunakan IGTV dan Live Shoping

deskripsi IGTV, Anda bisa menambahkan tautan yang bisa diakses pengguna. Ini memungkinkan Anda  mengarahkan mereka ke halaman atau produk yang terkait dengan konten IGTV Anda.

Instagram telah meluncurkan Belanja Langsung, yang memungkinkan Anda memamerkan produk dan tautan langsung selama streaming langsung. Hal ini dapat memungkinkan pembeli untuk langsung membeli produk yang ditampilkan. 

5. Mengaktifkan fungsi pembelian 

Jika akun Anda adalah akun bisnisa telah menautkan katalog produk ke akun Instagram Anda, Anda dapat menggunakan fitur Belanja di postingan. Anda dapat menandai produk  di foto dengan tautan langsung ke produk tersebut. 

Pengguna cukup mengklik produk yang diberi tag untuk dibawa langsung ke halaman pembelian. Jika akun Instagram Shopping Anda telah disetujui oleh  Instagram, kini Anda dapat mengaktifkan  Instagram Shopping.

Membuat tautan toko online  Instagram membutuhkan kreativitas dan pemahaman tentang fungsionalitas platform. Pilih metode yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan pastikan Anda dengan mudah mengarahkan pengunjung  ke halaman atau produk yang ingin Anda promosikan. Dengan memanfaatkan semua fitur yang ada, Anda bisa memaksimalkan potensi Instagram sebagai alat pemasaran yang efektif untuk bisnis online Anda.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun