Dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat link online shop di Instagram dengan lebih efisien. Â
Instagram adalah platform yang populer untuk berjualan secara online. Namun, dalam pengaturan standar, Anda hanya dapat menambahkan satu tautan di bio profil Anda.Â
Tautan ini bisa menjadi pintu gerbang untuk membawa pengunjung ke online shop Anda atau halaman lain yang ingin Anda promosikan.
Manfaat membuat link online shopÂ
1. Jangkau audiens yang besar
Instagram merupakan salah satu platform yang paling banyak digunakan oleh masyarakat.Secara khusus, sekitar 70% pembeli setia menggunakan Instagram untuk mencari produk.Â
2. Mempermudah konsumen untuk berbelanjaÂ
 Konsumen yang melihatnya juga dapat menemukan lebih banyak informasi  produk dan melakukan pemesanan tanpa meninggalkan aplikasi.Â
3. Meningkatkan lalu lintas situs web
Selain mengaktifkan penjualan dalam aplikasi langsung, Anda dapat mengarahkan konsumen melihat produk Anda untuk diunggah ke situs web toko online agar mereka dapat memeriksanya. Dengan begitu, jumlah pengunjung atau traffic ke website toko online Anda bisa  meningkat.Â
4. Menjual dan menjaga hubungan dengan konsumen
Dengan proses transaksi dan pengalaman berbelanja yang mudah, konsumen juga akan merasa lebih nyaman berbelanja, yang pada gilirannya akan meningkatkan penjualan. Selain itu, mereka dapat menelusuri produk sambil berkomunikasi di platform yang sama.
5. Promosi lebih mudah dan beragam
 Anda dapat mempromosikan produk Anda melalui iklan Shopping atau bekerja sama dengan influencer melalui  Shopping untuk kreator. Dengan Creator Shopping, setiap unggahan influencer akan diberi label "Partner berbayar dengan (nama brand)" sehingga penonton akan langsung tahu bahwa produk yang ditampilkan di foto atau video tersebut adalah produk Anda.
Langkah-langkah Dalam Cara Membuat Link Online Shop InstagramÂ
Berikut adalah penjelasan mengenai langkah-langkah dalam menggunakan atau membuat link online shop instagram, simak selengkapnya :Â
1. Menggunakan biolink
 Tautan bio adalah tautan utama yang ditemukan di profil Instagram Anda. Bahkan jika Anda hanya memiliki satu tautan untuk ditampilkan di profil Anda, Anda dapat menggunakan layanan seperti Linktree atau Campsite untuk membuat halaman dengan banyak tautan yang dapat diakses pengunjung.
 Yang perlu Anda lakukan hanyalah menautkan bio Anda ke halaman itu dan dari sana pengunjung dapat memilih halaman atau produk yang ingin mereka lihat.Â
2. Gunakan artikel dengan deskripsi tautan atau LinkÂ
 Anda dapat memanfaatkan anotasi dalam posting anda dengan menambahkan tautan ke sana. Namun, perlu diingat bahwa tidak mungkin mengklik tautan  langsung dari legenda.Â
Pengguna harus menyalin dan menempelkannya ke browser mereka. Namun, ini masih bisa menjadi cara untuk menarik perhatian pengguna ke tautan Anda.Â
3. Buat situs web dan halaman Facebook, serta katalog produk
Langkah selanjutnya adalah membuat situs web. Selain  meningkatkan dan memperluas kredibilitas brand atau toko Anda, membuat  website juga akan memudahkan Anda dalam membuat Instagram Shopping.
Pada tahap ini, Anda perlu membuat halaman di Facebook untuk menempatkan beberapa katalog produk komersial Anda. Buat akun dari pengelola halaman  Facebook seperti  Facebook Business Manager lalu masuk dan masuk dengan akun Facebook yang Anda miliki.
Isi informasi atau data yang diminta saat membuat akun profesional baru. Jika katalog produk Anda telah selesai mengimpor halaman Facebook dan situs web Anda, aktifkan Belanja di Instagram melalui aplikasi Instagram.Â
4. Gunakan IGTV dan Live Shoping
deskripsi IGTV, Anda bisa menambahkan tautan yang bisa diakses pengguna. Ini memungkinkan Anda  mengarahkan mereka ke halaman atau produk yang terkait dengan konten IGTV Anda.
Instagram telah meluncurkan Belanja Langsung, yang memungkinkan Anda memamerkan produk dan tautan langsung selama streaming langsung. Hal ini dapat memungkinkan pembeli untuk langsung membeli produk yang ditampilkan.Â
5. Mengaktifkan fungsi pembelianÂ
Jika akun Anda adalah akun bisnisa telah menautkan katalog produk ke akun Instagram Anda, Anda dapat menggunakan fitur Belanja di postingan. Anda dapat menandai produk  di foto dengan tautan langsung ke produk tersebut.Â
Pengguna cukup mengklik produk yang diberi tag untuk dibawa langsung ke halaman pembelian. Jika akun Instagram Shopping Anda telah disetujui oleh  Instagram, kini Anda dapat mengaktifkan  Instagram Shopping.
Membuat tautan toko online  Instagram membutuhkan kreativitas dan pemahaman tentang fungsionalitas platform. Pilih metode yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan pastikan Anda dengan mudah mengarahkan pengunjung  ke halaman atau produk yang ingin Anda promosikan. Dengan memanfaatkan semua fitur yang ada, Anda bisa memaksimalkan potensi Instagram sebagai alat pemasaran yang efektif untuk bisnis online Anda.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H