Mohon tunggu...
najmi Khalisah
najmi Khalisah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Komunikasi digital dan media

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Docang: Inovasi Donat dari Cangkang Telur dalam Bidang Digital Creative Economy

23 Februari 2024   15:24 Diperbarui: 23 Februari 2024   15:38 370
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Intan Nadyma Arista salah satu mahasiswa Sekolah Vokasi Institut Bogor (IPB) Program Studi Manajemen Agribisnis. Intan adalah salah satu anggota dari Future Light peraih juara pertama dalam Olimpiade Vokasi Indonesia (OLIVIA) 2023 di Universitas Sebelas Maret, Surakarta pada 24-25 November 2023. 

Dalam olimpiade ini Intan dan kawan-kawan meraih juara pada perlombaan bidang Digital Creative Economy : local foodpreneur. Tokoh yang menginspirasi Intan dalam perjalanan di bidang ekonomi kreatif itu salah satunya adalah Kak Ivan Taufik Nugraha. Salah satu mahasiswa berprestasi utama nasional angkatan 22 dan CEO dari PT Sutan Vet Medika. 

Perjalanan Mengembangkan produk Docang 

Intan mendapatkan ide menciptakan donat cangkang telur ini saat sedang membeli sebuah martabak "saya pikir limbah dari cangkang telur ini pasti banyak, apa bisa limbah cangkang telur menjadi nilai ekonomis"- Intan Nadyma. 

Tim Future Light melakukan riset untuk cangkang telur ini, bisa diolah atau tidak bisa di olah cangkang telur ini untuk dikonsumsi. Setelah melakukan riset dan mengembangkan resep karena donat ini berbeda dengan donat-donat di pasar sehingga harus ada pengembangan resep. Selanjutnya tim Future Light  melakukan pengujian uji gizi lalu pengujian konsumen, pengujian gizi yang dilakukan untuk melihat kandungan yang ada.

Setelah keluar hasil kandungan lalu tim Future Light melakukan uji coba kepada konsumen apakah dari segi rasa tekstur maupun penampilan dapat diterima atau tidak. Selanjutnya produksi massal, produksi massah yang dimaksud adalah melakukan open pre order periode pertama atau batch 1 lalu setelah itu tim Future Light memasarkan docang tersebut. Tim Future Light tidak hanya melakukan open pre order tapi melakukan dengan cara door to door.

Selanjutnya ada umpan balik tim Future Light mengharapkan bisa  menjalin hubungan baik dengan konsumen, mereka melakukan pendekatan kepada konsumen untuk mengetahui apakah produk ini dapat diterima atau tidak. Setelah melakukan semuanya terlihat hasil dari umpan balik, karena ada beberapa saran dari konsumen. Dari masukan itulah mereka mengulang lagi dari mulai pengembangan resep hingga uji coba. 

Pada akhirnya setelah mengulang saran dari konsumen produk Docang bisa dipasarkan kembali dan bisa diterima oleh konsumen baik dari segi rasa, tekstur, maupun penampilan. Dalam proses pengelolaan produk ini Tim Future Light membagi tugas. Pembagian terdiri dari CEO Syahla Soraya, Product Officer Intan dan Nadia, Finance Officer Sindi, dan Marketing Officer Kiss Ke.

Tantangan dalam mengembangkan produk 

Tantangan dalam mengembangkan bisnis donat cangkang telur berada di brand awareness, karena bagaimana produk ini dapat dilihat oleh konsumen dan juga memastikan kualitas produk tetap konsisten. Dari tantangan tersebut mereka selalu melakukan branding dan selalu menjaga kualitas agar tetap konsisten. Mungkin menciptakan produk seperti apa yang diharapkan terlihat sepele tetapi Tim Future Light membuat ide seperti ini cukup panjang. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun