Mohon tunggu...
Najma AthiyaNurmanida
Najma AthiyaNurmanida Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Brawijaya

Digital Marketing

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Ketahui 10 Manfaat Press Release Bagi Bisnis. Apa Saja?

26 Januari 2023   09:41 Diperbarui: 27 Januari 2023   10:45 503
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Dikutip dari Casa Kreatif, press release merupakan salah satu cara marketing yang dapat digunakan oleh sebuah perusahaan dengan mempublikasi penerbitan artikel ke media massa online . Hal tersebut sudah banyak dipakai semenjak industri periklanan masih memakai cara yang tradisional hingga saat ini ketika industri periklanan sudah berganti memakai cara secara digital.

Apa itu Press Release?

Sebelum anda mengetahui manfaat dari press release, alangkah baiknya mengetahui lebih dalam  terlebih dahulu mengenai apa itu press release. Dilansir dari Wikipedia, press release yang dalam bahasa Indonesia disebut sebagai siaran pers adalah tulisan atau rekaman yang ditujukan langsung kepada media dengan tujuan untuk mengumumkan sesuatu yang memiliki nilai berita agar terpublikasi di media masa.

Baca juga: Apa Perbedaan dari Press Release dan News Release?

Berbagai pihak sudah sering memakai jasa press release seperti instansi, lembaga pemerintah, hingga ke perusahaan- perusahaan yang besar maupun yang kecil. Hal tersebut dilakukan supaya informasi terkini yang menyangkut instansi, Lembaga, dan brand tersebut memperoleh publikasi yang layak serta sesuai dengan tujuan mereka. Pada akhir bagian press release terdapat latar belakang yang berisi informasi singkat yang dapat dipakai penulis untuk memperbanyak artikel mereka.

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan media untuk membuat press release yang mereka dapatkan. Mereka dapat menerbitkannya secara apa adanya, atau ditulis Kembali agar meneyesuaikan dengan format yang dimiliki oleh media mereka. Selain itu, merea juga dapat meringkas kembali informasi yang berbelit-belit atau juga dapat menambahkan informasi dengan cara melakukan interview ataupun mendapatkannya dari sumber-sumberlain untuk melengkapi beritanya.

Baca juga: 3 Cara Jitu Mengirim Press Release Tembus ke Media Nasional

Manfaat Press Release Bagi Bisnis

1. Meningkatkan Reputasi

Karena diunggah dalam bentuk berita jurnalistik, isi yang disampaikan dalam press release memilikkki popularitas yang lebih baik dan isa mendapatkan kepercayaan dari masyarakat luas. Jika di padankan dengan iklan yang biasa, press release dapat membuat branding menjadi lebih meningkat lebih positif.

2. Nilai Iklan

Walaupun press release dibuat dalam bentuk jurnalistik, akan tetapi press release masih mengandung nilai iklan karena di dalamnya terdapat informasi mengenai suatu produk yang ditawarkan. Oleh karena itu, press release memiliki 2 dampak positif sekaligus yaitu menginfokan hal terkini mengenaik produk, sekaligus mempromosikannya.

3. Target Audens yang Luas

Press Release bisa dikirimkan ke media dengan jumlah yang banyak sekaligus. Hal tersebut dapat memperluas target audiens karena tentunya dari tiap tiap media memiliki pembacanya masing-masing. Itulah mengapa anda harus mengetahui jenis-jenis press release agar tahu cara menarik perhatian audiens.

Baca juga: Macam Macam Press Release dan Penggunaanya

4. Biaya Terjangkau

Jasa press release memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan iklan yang berbentuk lain. Press release pun akan dibuat secara profesional dengan fokus pada target audiens. Digital marketing yang membuat press release memiliki media mana saja yang skiranya akan cocok untuk menerbitkann press release sesuai dengan produk yang ditawarkan agar memperoleh hasil yang diharapkan.

5. Meningkatkan Potensi Penjualan

Press release yang didalamnya berisi manfaat atau fitur utama suatu produk memiliki lebih banyak potensi meningkatkan penjualan. Hal tersebut terjuadi ketika press release dibuat dalam rangka peluncuran atau promo suatu produk. Dari press release itulah akan muncul audiens baru yang bisa meningkatkan penjualan.

6. Kesempatan Beriklan Gratis

Apakah anda tahu kaitannya press release dengan iklan?

Press release dan iklan merupakan jenis konten yang berbeda. Akan tetapi, isi dalam suatu press release bisa mengandung iklan secara tidak langsung. Iklan tersebut bisa dalam bentuk hars selling maupun soft selling. Perbedaannya, mempublish press release di media yang besar membutuhkan biaya yang cukup terjangkau dibandingkan memasang iklan.

Penulis juga pernah menuliskan artikel mengenai iklan advertorial. Klik disini untuk membaca: Mengenal Apa itu Iklan Advertorial? Ciri-ciri, Jenis dan juga Contohnya

7. Membangun Brand

Dengan membaca press release, mata masyarakat akan terpaku pada pencapaian yang anda miliki. Pemberitaan melalui berbagai media nasional tersebut pastinya akan berdampat pada brand yang anda miliki. 

8. Memperkuat SEO Situs Web

Memperkuat SEO situs web merupakan salah satu manfaat yang jarang disadari oleh banyak pelaku bisnis. Apakah indeks mesin pencari pada Google bisa memiliki dampak yang besar?

Ya, mencantumkan backlink pada didalam isi press release merupakan hal yang sangat berharga karena secara langsung dapat memperkua SEO situs web yang anda miliki. Tentunya situs anda dapat bersaing di peringkat pencarian untuk keyword.

9. Eksposur Langsung

Apabila press release tersebut diterbitkan dibanyak media nasional yang memiliki jutaan audiens, manfaatnya bukan hanya dapat menjaring konsumen yang potensial. Akan tetapi, bisa mendapatkan kemungkinan untuk mendatangkan investor baru. Anda bisa memanfaatkan press release backling yang mengarahkan ke situs web yang anda miliki

Baca juga: Apa Sih Press Release Beserta Fungsinya?

10. Akrab dengan Media

Akrab dengan media merupakan manfaat press release jangka panjang. Dengan adanya press release, anda bisa memiliki banyak kenalan degan orang media, bisa itu wartawan maupun redaksinya. Tentuntya terdapat keuntungan tersendiri di industri publikasi jika memiliki hubungan dengan media. Contohnya jika anda sudah dekat dengan wartawan dan kebetulan wartawan tersebut sedang membutuhkan berita terbaru, anda memiliki kemungkina untuk menjadi salah satu sumber berita yang akurat.

Baca juga: Peranan Media Relations dalam Meningkatkan Branding Perusahaan

itulah 10 manfaat dari jasa press release bagi bisnis anda. Metoede press release terbukti efektif untuk salah satu strategi marketing yang sudah diterapkan oleh berbagai pihak selama bertahun-tahun. Press release memiliki sifat lebih alami sehingga berhasil meningkatkan kepercayaan masyarakat dan menjadi salah satu cara marketing yang banyak digunakan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun