Mohon tunggu...
NAJLA MUTIA HAPSRIANATASYA
NAJLA MUTIA HAPSRIANATASYA Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Yogyakarta

menulis

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Cerpen: Deadline Mendekati

10 Juni 2024   15:17 Diperbarui: 10 Juni 2024   15:30 59
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Senin Pagi, 07:30 WIB 

Suara ketukan keyboard laptop memecah keheningan kosan. Rara, mahasiswi jurnalistik semester 5, mengerutkan dahi menatap layar laptopnya. Deadline tugas mata kuliah feature writing mendekat, tapi Rara belum menyelesaikan satupun kata. 

Rara tergoda untuk menunda pekerjaannya. Dia membuka media sosial, melihat teman-temannya asyik berlibur dan bersenang-senang. Rasa iri dan penyesalan menyelimuti dirinya. 

Flashback ke Seminggu Sebelumnya

Rara menerima tugas feature writing dari dosennya, Pak Budi. Beliau meminta mahasiswa untuk menulis cerita tentang pahlawan masa kini di lingkungan sekitar. Rara memilih untuk menulis tentang Pak Tono, seorang tukang bakso keliling yang terkenal dengan kedermawanannya. 

Rara bersemangat untuk memulai tugasnya. Dia mewawancarai Pak Tono dan beberapa pelanggannya, mengumpulkan data dan foto. Namun, saat dia mulai menulis, ide-idenya buntu. Rara merasa kesulitan untuk merangkaikan ceritanya dengan menarik. 

Kembali ke Masa Kini

Rara menutup media sosialnya dan menarik napas dalam-dalam. Dia harus fokus menyelesaikan tugasnya. Dia membuka kembali file Word dan mulai mengetik. Perlahan tapi pasti, ide-idenya mulai mengalir. Rara menulis tentang perjuangan Pak Tono dalam membesarkan anak-anaknya, tentang semangatnya untuk membantu orang lain, dan tentang dampak positifnya bagi masyarakat.

Selasa Malam, 23:00 WIB 

Rara lega setelah menyelesaikan ceritanya. Dia membaca ulang tulisannya beberapa kali, memastikan tidak ada kesalahan. Tepat sebelum deadline, Rara mengirim tugasnya melalui email. 

Rabu Pagi, 09:00 WIB 

Rara cemas menunggu hasil tugasnya. Pak Budi akhirnya mengumumkan nilai di kelas. Rara mendapat nilai A! Dia sangat senang dan bangga dengan dirinya sendiri.

Pelajaran yang Dipetik 

Pengalaman ini mengajarkan Rara tentang pentingnya manajemen waktu dan disiplin. Dia belajar untuk tidak menunda-nunda pekerjaan dan fokus pada apa yang harus dia selesaikan. Rara juga belajar bahwa kerja keras dan dedikasi akan membuahkan hasil yang memuaskan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun