Mohon tunggu...
naim madjid
naim madjid Mohon Tunggu... Dosen - ketua program studi Pendidikan Bahasa Arab

Bekerja keras, dapat bekerja secara individu dan secara berkelompok, dan sella memiliki ide dan gagasan inovatif dalam mengembangkan dan memajukan lembaga kependidikan yang dipimpin.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Dosen PBA UMY Mengatasi Foreign Language Anxiety di Malaysia & Indonesia Dengan Metode Klasik&Modern

24 Mei 2023   11:20 Diperbarui: 5 Agustus 2023   18:07 340
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar 1. Tim dan Peserta didik TPA Ar-Rihlah PRIMA Kuala Lumpur

Muh. Naim Madjid, S.S., M.I.S., Ph.D, Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, telah melakukan program pengabdian masyarakat internasional di Malaysia yang mengarah pada penerapan metode pembelajaran bahasa Arab dan bahasa Inggris (Read Aloud and Repeatedly dan Arabic in My FaFiFu) secara klasik dan modern dalam konteks menangani kecemasan berbahasa Asing (Foreign Language Anxiety) di Indonesia dan Malaysia. Mitra pengabdian adalah TPA Ar-Rihlah Kg. Baru Chow kit Kuala Lumpur di bawah asuhan Pimpinan Ranting Istimewa Muhammadiyah dan Aisyiyah (PRIMA) dan mitra di Indonesia TK ABA Wirobrajan 2 Yogyakarta, dengan judul pengabdian: Implementation of Classical and Modern Methods of Arabic Learning For TPA Students to Deal with Foreign Language Anxiety in Indonesia and Malaysia. 

Adapun tujuan pengabdian ini, yaitu:

1. Memperkenalkan dan mengimplementasikan metode klasik dan modern (Read Aloud and Repeatedly and Arabic in My FaFiFu) dalam pembelajaran bahasa Arab di kalangan mahasiswa TPA di Indonesia dan Malaysia.

2. Meningkatkan minat dan kepercayaan diri siswa untuk mempelajari bahasa Arab dengan menggunakan metode yang menyenangkan, kreatif, dan edukatif.

3. Untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengenal dan memahami kosa kata bahasa Arab dengan mudah melalui metode kombinasi antara RAR dan bahasa Arab di My FaFiFu.

Gambar 2. Peserta didik TPA saat menyimak materi yang disampaikan
Gambar 2. Peserta didik TPA saat menyimak materi yang disampaikan

Kegiatan pengabdian internasional ini berjalan dengan lancar dan mendapat respon positif dan sangat baik dari pihak Mitra TPA Ar-Rihlah Kg. Baru Chowkit dan PRIMA Kuala Lumpur. Mereka sangat antusias menyambut dan mengikuti program/kegiatan yang dilakukan ole tim pengabdi. Sosialisasi dan koordinasi Tim telah dilakukan sejak Desember 2022 hingga tahap pelaksanaan pada bulan januari (25-30 Januari 2023) secara offline dan monitoring serta evaluasi hingga pada bulan April 2023.

Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini dilakukan oleh ketua Tim (Muh. Naim Madjid) dan Mitra dengan mendemonstrasikan dan mempraktikkan metode membaca dengan jelas dan berulang-ulang (Read Aloud and Repeatedly) dan metode Arabic in My FaFiFu dalam konteks pembelajaran bahasa Asing (bahasa Arab dan bahasa Inggris) dan para peserta TPA (berusia: 5 tahun hingga 13 tahun) dengan jumlah sekitar 51 siswa TPA Ar-Rihlah dan 33 siswa TK ABA Wirobrajan 2. Siswa menyimak dan mengikuti kegiatan dengan aktif dan penuh antusias. Kegiatan pengabdian ini berjalan dengan baik dan pihak Mitra  sangat berterima kasih atas kegiatan bermanfaat ini dan mereka berharap kegiatan seperti ini dapat diwujudkan melalui kerjasama yang berkelanjutan.

Hasil pelaksanaan pengabdian yang telah dicapai melalui pelatihan/workshop adalah munculnya minat dan antusias peserta didik dalam mempelajari bahasa Arab dan bahasa Inggris tanpa ada lagi rasa takut dan khawatir dan para guru serta peserta didik pun memperoleh wawasan baru tentang metode yang tepat, menarik, fun dan edukatif dalam pembelajaran bahasa Asing (Arab dan Inggris) sebagaimana angka persentase kuesioner yang diperoleh sangat tinggi yaitu 100%,92,2% , dan 90,2% bahwa responden santa setuju dan meyakini bahwa metode Read Aloud dan Repetition sangat tepat dan efektif dalam menangani masalah kecemasan berbahasa asing (FLA) dan juga data rata-rata  TCR yaitu 85,6% dengan kategori Baik menunjukkan bahwa metode Arabic in My FaFiFu adalah inovasi baru dalam pembelajaran Bahasa Arab dan Inggris yang mudah dipraktikkan serta dapat mengatasi FLA. Hal ini juga menjadi branding promosi bagi pihak Sekolah untuk lebih memperluas lagi kerjasamanya. Luaran kegiatan ini berupa Modul pembelajaran yang dibuat oleh ketua tim dan anggota, naskah publikasi ilmiah, berita media massa, dan video kegiatan kreatif.

whatsapp-image-2023-05-24-at-10-03-38-am-646d8f0237cb2a46015e8fa2.jpeg
whatsapp-image-2023-05-24-at-10-03-38-am-646d8f0237cb2a46015e8fa2.jpeg
                                                                         Gambar 3. Peserta didik TPA menirukan materi yang disampaikan

Kesimpuannya, kegiatan pengabdian ini memberikan manfaat yang banyak bagi pihak Mitra dalam peningkatan literasi bahasa Asing (Arab dan Inggris) dan Ketua Tim dan anggota mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang telah memberikan kesempatan yang berharga kepada Tim untuk mengambil peran penting dalam menanam kebaikan dan menebar kemaslahatan untuk umat.

Gambar 4. Peserta didik TK ABA Wirobrajan 2 saat menyimak materi yang disampaikan
Gambar 4. Peserta didik TK ABA Wirobrajan 2 saat menyimak materi yang disampaikan

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun