Di susun oleh
Rifa Khoirun nisa'_34202200037
Nailul iszah_34202200018
Nathania Eka Salsabila _34202200020
Siva Chusnita_34202200039
Wiwik Kuswijayanti_34202200040
Mahasiswa prodi pendidikan matematika universitas Islam Sultan Agung
Dosen pengampu : Bu Nila Ubaidah M.pd. (dosen Unissula)
Pentingnya kehidupan probabilitas dalam kehidupan sehari-hari
Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang diajarkan pada tingkat Pendidikan, mulai dari pendidikan dasar hingga perguruan tinggi. Pentingnya matematika Bisa lihat dari manfaat dan kegunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari, juga bagi Perkembangan ilmu pengetahuan (Wewe, 2017). Salah satu materi yang dipelajari dalam Bidang studi matematika adalah materi peluang.
 Peluang atau dikenal juga sebagai probabilitas adalah cara untuk mengungkapkan pengetahuan atau kepercayaan bahwa suatu kejadian akan berlaku atau telah terjadi. Konsep ini telah dirumuskan dengan lebih ketat dalam matematika, dan kemudian digunakan secara lebih luas dalam tidak hanya dalam matematika atau statistika, tetapi juga keuangan, sains dan filsafat.
Pada pembelajaran materi peluang Terdapat beberapa kesulitan yang dialami siswa. Kesulitan dalam menyelesaikan masalah Berkenan dengan soal pada materi peluang berada pada kategori belum baik, dikarenakan guru matematika mengajar tidak menggunakan metode terjun langsung ke lapangan melihat kondisi sebenarnya,guru hanya menjelaskan teori peluang dan rumus peluang.
Kurangnya pemahaman siswa dalam Memahami konsep peluang, sering salah menggunakan rumus dalam menyelesaikan soal Yang diberikan guru. Guru hanya menerangkan materi peluang tanpa mengaitkan di kehidupan sehari-hari,akibatnya banyak dari siswa hanya mengetahui rumus yang di berikan tanpa bisa menyelesaikan soal soal yang di berikan jika di kaitkan dengan kehidupan sehari hari.
Peluang merupakan ilmu matematika yang dapat di terapkan dalam kehidupan nyata manusia contohnya dalam pengambilan nomor urut dalam urutan presentasi dikelas, peluang keluar angka 6 pada dadu dalam permainan ular tangga, peluang muncul nama kita dalam arisan, ramalan cuaca untuk menganalisis kemungkinan akan adanya turun hujan berawan atau langit cerah, dan masih banyak lagi yang lainya.
Guru matematika dapat menjelaskan materi probabilitas dengan Menggunakan metode terjun langsung lapangan atau menggunakan objek yang nyata contohnya dalam permainan ular tangga, guru membawa contoh permainan ular tangga, dan mempraktekannya dengan cara menghitung peluang munculnya dadu yang di lempar untuk permainan ular tangga dari situ guru dapat menjelaskan rumus peluang dan dapat mudah diterima oleh siswa karena siswa mengalami pengalaman langsung.
Contoh Soal 1:pada proses pelemparan sebuah dadu, tentukanlah peluang munculnya mata dadu yang berangka ganjil
Jawab:Ruang sampel S = {1,2,3,4,5,6}
N(S) = 6
Mata dadu ganjil = {1,3,5}
N(S) = 3
Maka P(K) = 3/6 = 1/2
Jadi peluang munculnya mata dadu yang berangka ganjil adalah 1/2
Contoh soal 2: sebuah kantong terdapat 3 bola merah dan 7 bola putih. Peluang mengambil 3 bola putih sekaligus adalah...
Jawab:Menentukan n(K) atau banyak cara mengambil 3 bola putih dari 7 bola:
n(K) = C(7, 3) = 7!/3! . (7 -- 3)!
 = 7 x 6 x 5 x 4!/3 x 2 x 1 . 4!
n(K) = 210/6= 35
Menentukan n(S) atau banyak cara mengambil 3 bola dari 10 bola:
n(S) = C(10, 3) = 10!/3! . (10 -- 3)!
 = 10 x 9 x 8 x 7!/3 x 2 x 1 x 7!
n(S) =720/6 = 120
Peluang mengambil 3 bola putih sebagai berikut:
P(K) = N(K)/N(S)= 35/120
= 7/24
Jadi peluang mengambil 3 bola Putih sekaligus adalah 7/24
Pembelajaran materi probabilitas dengan menggunakan praktek lapangan secara nyata menjadikan kegiatan belajar mengajar (KMB) matematika lebih menyenangkan dan menarik.tidak hanya keterampilan baru yang di dapat.tetapi pengalaman baru yang dapat di terapkan di kehidupan sehari-hari.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI