Dalam perkembangan dan kemajuan usaha di bidang ekonomi semakin meningkat dan perusahaan dituntut dapat mengikuti dan menyesuaikan diri untuk dapat mengembangkan dan memajukan usahanya. Persaingan di dunia usaha dapat mempengaruhi perusahaan untuk beroperasi lebih baik dari sebelumnya agar kelangsungan hidup perusahaan tetap terjaga. Hal tersebut secara tidak langsung akan mempengaruhi tujuan perusahaan.
Perusahaan rokok Gudang Garam adalah salah satu industry rokok terkemuka di tanah air yang telah berdiri sejak tahun 1958 di kota kediri, Jawa Timur. Hingga kini, Gudang Garam sudah terkenal luas baik di dalam negeri maupun mancanegara sebagai penghasil rokok kretek berkualitas tinggi. Produk Gudang Garam bias ditemukan dalam berbagai variasi, mulai sigaret kretek klobot (SKL), sigaret kretek linting-tangan (SKT), hingga sigaret kretek linting-mesin (SKM). Gudang Garam didirikan pada 26 Juni 1958 oleh Tjoa Jien Hwie atau Surya Wonowidjoyo. Sebelum mendirikan perusahaan ini, di saat berumur sekitar dua puluh tahun, Tjoa Jien Hwie mendapat tawaran bekerja dari pamannya di pabrik rokok Cap 93 yang merupakan salah satu pabrik rokok terkenal di Jawa Timur pada waktu itu.
 Gudang Garam memiliki fasilitas produksi rokok kretek di dua lokasi. Pertama, di kota Kediri, dengan jumlah peduduk 249 ribu jiwa yang merupakan pusat perdagangan regional sekaligus lokasi kantor pusat perseroan. Fasilitas produksi ini kedua berjarak 130 km dari kota ini, tepatnya di Gempol. Dari fasilitas produksi ini Perseroan mampu memenuhi permintaan rokok yang ada. Perseroan memproduksi berbagai jenisrokok kretek, termasuk jenis rendah tar dan nikotin serta produk tradisional sigaret kretek tangan.
 PT Gudang Garam tbk mempromosikan produknya melalui iklan-iklan di televisi, radio maupun koran. Selain itu promosi produk juga dilakukan lewat spanduk yang dipasang di berbagai tempat dan pemasangan billboard. PT Gudang Garam tbk dalam perjalanannya juga melakukan revitalisasi terhadap backbone brand mereka seperti melakukan revitalisasi terhadap tagline produk-produk mereka. Misalnya merubah tagline Gudang Garam Merah dari "Buktikan Merahmu" menjadi "Nyalakan Merahmu" dan tagline Gudang Garam Internasional dari "Pria Punya Selera" menjadi "Bukan Hanya Petualangan". Dalam melaksanakan promosi produknya PT Gudang Garam tbk membuat event yang berjudul "Gudang Garam Inter Music Java Rockin'Land" yang diselenggarakan dibeberapa kota-kota besar. PT Gudang Garam tbk mengangkat genre rock untuk menguatkan positioning produk Gudang Garam Internasional sebagai rokoknya para pria.
Sistem pengendalian manajemen di PT Gudang Garam Tbk mencakup berbagai metode dan prosedur yang dirancang untuk memastikan efisiensi operasional, pencapaian tujuan perusahaan, dan pemantauan kinerja secara terus-menerus. Berikut adalah beberapa komponen yang mungkin ada didalam sistem pengendalian manajemen PT Gudang Garam Tbk:
- Penetapan Tujuan dan Sasaran
PT Gudang Garam Tbk menetapkan tujuan jangka pendek dan jangka panjang yang spesifik, terukur, dan realistis. Tujuan ini mencakup aspek keuangan, operasional, dan strategis perusahaan. Setiap divisi dan departemen juga memiliki sasaran kinerja yang terkait dengan tujuan perusahaan secara keseluruhan.
- Pengukuran Kinerja
PT Gudang Garam Tbk menggunakan indikator kinerja kunci (Key Performance Indicators/KPIs) untuk mengukur dan memantau pencapaian tujuan dan sasaran. KPIs ini dapat mencakup penjualan, margin keuntungan, pangsa pasar, kualitas produk, efisiensi produksi, dan lain sebagainya. Data kinerja dikumpulkan secara teratur dan dianalisis untuk mengevaluasi sejauh mana tujuan tercapai.
- Anggaran dan Pengendalian Biaya
PT Gudang Garam Tbk menggunakan anggaran sebagai alat untuk mengendalikan pengeluaran dan memastikan penggunaan sumber daya secara efisien. Anggaran diajukan oleh setiap departemen dan divisi, dan disusun berdasarkan proyeksi pendapatan dan pengeluaran. Pengendalian biaya dilakukan melalui pemantauan dan analisis realisasi anggaran, serta identifikasi dan penanganan penyimpangan yang mungkin terjadi.
- Sistem Pelaporan
PT Gudang Garam Tbk memiliki sistem pelaporan yang terstruktur dan berkala untuk mengkomunikasikan informasi kinerja kepada manajemen dan pemangku kepentingan. Laporan keuangan, laporan operasional, dan laporan kinerja KPIs disiapkan secara rutin untuk memberikan pemahaman yang jelas tentang keadaan perusahaan.
- Audit Internal
PT Gudang Garam Tbk memiliki fungsi audit internal yang bertanggung jawab untuk memastikan kepatuhan terhadap kebijakan dan prosedur yang ditetapkan, serta untuk mengidentifikasi risiko dan memberikan rekomendasi perbaikan. Audit internal juga membantu dalam memastikan integritas data keuangan dan operasional perusahaan.
- Kebijakan dan Prosedur
PT Gudang Garam Tbk memiliki kebijakan dan prosedur yang ditetapkan untuk mengarahkan aktivitas operasional. Kebijakan ini mencakup aspek seperti pengendalian persediaan, manajemen risiko, pengelolaan kualitas, kepatuhan terhadap regulasi, dan lain sebagainya. Prosedur operasional ditetapkan untuk menjalankan kebijakan dengan konsisten dan efisien.
- Komunikasi dan Pengawasan
PT Gudang Garam Tbk menerapkan komunikasi yang efektif di seluruh organisasi untuk memastikan pemahaman yang jelas tentang tujuan, kebijakan, dan prosedur yang ditetapkan. Selain itu, pengawasan dilakukan melalui pemantauan secara langsung, tinjauan kinerja berkala, dan pertemuan manajemen untuk mengidentifikasi masalah dan peluang perbaikan.
Naila Nazatul Qomariah
S1 Akuntansi
Universitas Pamulang
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H