Gastrodiplomasi atau dikenal juga dengan diplomasi kuliner merupakan salah satu dari diplomasi publik yang dilakukan denga cara memperkenalkan makanan tradisional khas dari suatu negara. Â
Istilah ini sendiri pertama kali digunakan The Economist untuk menyebut keberhasilan pemerintah Thailand dalam mempromosikan makanan tradisional mereka sebagai alat diplomasi luar negeri.
Mengikuti jejak thailand, Indonesia berencana untuk melakukan hal yang serupa dengan memperkenalkan cita rasa nusantara ke mancanegara. Hal ini menjadi target penting Indonesia untuk 2020-2024 sebagai alat untuk membagun citra Indonesia serta menciptakan peluang ekonomi yang lebih luas lagi.
Seperti yang kita tahu Indonesia merupakan negara dengan kekayaan rempah rempah yang melimpah. Tak heran, inilah mengapa kebanyakan makanan khas Indonesia memiliki cita rasa dan aroma rempah rempah yang kuat.
Ini merupakan keistimewaan sendiri bagi Indonesia untuk lebih memperkenalkan lagi makanan tradisional Khas Indonesia dengan membuka restoran-restoran Indonesia di luar negeri. Dengan begitu bukan hanya makanan khasnya saja yang terkenal tapi citra Indonesia di mata duniapun bisa ikut terbangun.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H