Mohon tunggu...
Mukhammad Nafsur Rokhman
Mukhammad Nafsur Rokhman Mohon Tunggu... Guru - Guru

Pekerjaan saya sebagai guru mengajar di sma swasta di kabupaten pasuruan, hobi saya main game dan mencoba hal baru.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Diklat Wawasan Kebhinekaan Global (WKG) pada PPG dalam Jabatan Kelas Informatika Kemendikbud Kategori 1 Gelombang 3 Tahun 2024

14 Januari 2024   15:10 Diperbarui: 14 Januari 2024   15:12 209
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kegiatan Diklat WKG untuk Daljab Reguler informatika  dilaksanakan mulai pukul 08.00 s.d. 17.00 WIB pada Hari Minggu Tanggal 14 Januari 2024 secara daring. Kegiatan dilakukan selama satu hari dengan waktu 10 JP (1 JP = 50 menit). Ada lima topik yang di bahas dalam diklat WKG

  • Kebinekaan global
  • Kebinekaan Indonesia
  • Damai dengan diri sendiri
  • Keberagaman disekolah
  • Menuju sekolah damai

Sesi satu Dosen Pemateri Sesi 1 : Prof. Dr. Hakkun Elmunsyah, S.T., M.T. membahas topik 1-3, pada saat penyampaian materi di sesi pertama Prof. Dr. Hakkun Elmunsyah, S.T., M.T memberikan contoh -- contoh dan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang sesuai dengan topik 1-3 sehingga mahasiswa aktif dalam kegiatan diklat WKG, terjadi intraksi dan diskusi antara dosen dengan mahasiswa.

Sesi kedua Dosen Pemateri Sesi 2 : Mohamad Rodhi Faiz, S.T., M.T. membahas topik 4-5, topik 4-5 disini dimulai dari jma 13.00 sampai selesai, di topik 4 -5 ini mahasiswa dibagi menjadi kelompok untuk membahas masalah msalah yang di persentasikan oleh desen, ada kelompok yang menjadi peran kepsek, guru, wali murid, siswa dan Yayasan, dan kelompok selanjutnya merefleksikan hasil diskusi yang di paparkan dari kelompok yang persentasi.

Setelah diklat WKG ini mahasiswa di beri tugas untuk merefkesikan hasil dari materi yang sudah di sampaikan oleh dosen pemateri 1 dan 2. Dan memposting tugas tersebut ke dalam media social serta di screen shut, sebagai bukti bahwa mahasiswa sudah mengerjakan.

Deskripsikan refleksi setelah mengikuti kegiatan Diklat Wawasan Kebhinekaan Global!

No

Topik

Hasil Refleksi

1

Kebhinekaan Global 

Topik 1

Topik ini membawa kita pada fakta asal usul setiap manusia di dunia ini geragam, bahkan melalui tes DNA kita ditunjukkan bahwa asal usul nenek moyang setiap orang tidak tunggal. Kita juga belajar bahwa semakin kita beragam maka semakin membuat kita jauh lebih cerdas.

2

Kebhinekaan Indonesia 

Topik 2

Topik ini menjelaskan lebih jauh tentang keragaman Indonesia sebagai sebuah karunia dari sang pencipta. Ada tantangan yang dihidangkan juga di topik ini serta solusi bagaimana mengatasinya tantangan tersebut .

3

Berdamain dengan Diri Sendiri  

Topik 3

Konsep tantagn ragam identitas , dimana identitas diri. Identitas diri sebagai kesadaran akan diri sendiri yang bersumber dari observasi dan penilaiaan, yang merupakan semua aspek konsep diri sebagai suatu kesatuan.

Contoh tantang sikap welas asih pada diri sendiri atau self comfession yaitu sering mengkritik diri sendiri saat menghadapi kegagalan atau kesulitan, serta penting mempraktekkanya dalam kontes yang beragam

4

Keragaman di sekolah 

Topik 4

Membuat rencana tertulis proyek aktifitas kebhinekaan di sekolah, seperti penyusunan rencana proyek pembuatan program pemilihan ketua Osis dengan menggunakan pakaiaan adat beragam saat hari pemilihan. Mampu memngimplementasikan rencana proyek aktifitas kebhinekaan sesuai jadwal.

5

Menuju Sekolah damai

Topik 5

Setiap sekolah pasti memiliki ancaman dan kerentanan sehingga menjadi tantangan pada stakeholder di sekolah untuk bagaimana meminimalisir efek negative dari semua ancaman dan kerentanan itu. Hal ini tidak lepas dari seberapa besar kapasitas yang dimiliki sekolah tersebut.

Buatlah rencana program dalam bentuk aktivitas kebhinekaan baik di lingkup sekolah maupun lingkup kelas pada tempat PPL/Sekolah Saudara!

No

Nama Program

Lingkup

Aktivitas

1

Menyelenggarakan kegiatan pojok ekspresi dengan melombakan Nyayian Solo ( menyanyikan Lagu Daerah)

Sekolah

Perencamaam, membuat jadwal, pelaksanaan, evaluasi, tindak lanjut

2

Menyelenggarakan kegiatan sabtu budaya, dengan menampilkan dan melombakan kesenian -- kesenian dari berbagai daerah

Sekolah

Perencanaan, membuat jadwal, pelaksanaan, evaluasi, tindak lanjut

3

Mengikuti kkegiatan Upacara bendera di hari besar nasional dengan menggunakan berbagai baju adat tradisional

Sekolah

Perencanaan, penyusunan jadwal, pelaksanaan, pemajangan Poster, evaluasi, tindak lanjut.

4

Memberi sikap hormat pada saat upacara

Sekolah

Pelaksanaan saat Upacara berlangsung

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun