Assalamualaikum Wr. Wb.
Apa kabar guru hebat? Semoga kita senantiasa diberi kesehatan dan kemudahan dalam berikhtiar. Salam kenal saya M. Nafsur Rokhman Calon Guru Penggerak Angkatan 9 dari SMA Maarif NU Pandaan
Pada kesempatan yang baik ini, saya akan berbagi pengalaman selama proses mempelajari Modul 1.2 yaitu tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak. Tulisan/jurnal pengalaman ini merupakan refleksi diri setelah saya mengikuti kegiatan pendidikan (upgrading skill) yang ditulis secara rutin setiap dua mingguan.
Dalam menulis jurnal refleksi ini saya menggunakan model 1 yang diprakarsai oleh Dr. Roger Greenaway yaitu model 4F (Facts, Feelings, Findings, Future) dapat diterjemahkan menjadi 4P (Peristiwa, Perasaan, Pembelajaran, dan Penerapan).
Berikut jurnal refleksi dwimingguan modul 1.2. Nilai dan Peran Guru Penggerak.
1. Facts (Peristiwa)
Pada tanggal 7 November 2022 saya mulai mempelajari modul 1.2 tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak. Saya mempelajari modul 1.2. dengan alur MERDEKA, yakni:
a. Mulai dari Diri
Saya mulai mempelajari modul 1.2. dengan membuka tautan mulai dari diri. Di sini saya mendapat tugas untuk membuat trapesium usia dan saya juga melakukan refleksi dengan menjelaskan isi dari trapesium usia yang sudah saya buat. Selain itu, saya juga memaparkan tentang peran saya sebagai guru penggerak.
b. Eksplorasi Konsep