Oleh: Nafidza Shadrina DIva Aulia, Mahasiswa Departemen Ilmu Ekonomi FEB UB
Media sosial telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia di era digitalisasi seperti saat ini, termasuk Generasi Z. Generasi yang tumbuh dan berkembang di tengah kemajuan teknologi ini, tentu telah menjadikan media sosial selayaknya teman hidup. Media sosial menjadi salah satu tempat andalan bagi para Generasi Z untuk membangun jaringan sosial di dunia maya. Platform media sosial, aplikasi pesan instan, dan forum online memainkan peran penting dalam memfasilitasi interaksi dan berbagi informasi di antara generasi ini. Namun, seperti halnya dua sisi mata uang, ada keuntungan dan risiko yang harus dipertimbangkan ketika membangun jaringan sosial di dunia maya.
Keuntungan Membangun Jaringan Sosial di Dunia Maya
Memperluas Jangkauan Komunikasi
Salah satu manfaat utama  media sosial adalah kemampuannya untuk memperluas cakupan komunikasi. Dibandingkan dengan metode komunikasi tradisional, media sosial memungkinkan individu  menjangkau khalayak yang lebih luas. Generasi Z dapat dengan mudah terhubung dengan orang-orang dari berbagai belahan dunia untuk belajar dan berbagi pengalaman yang ada.
Meningkatkan Kesadaran Sosial
Melalui media sosial, Generasi Z dapat dengan cepat mendapatkan informasi tentang isu-isu sosial dan lingkungan yang sedang tren. Hal ini memungkinkan mereka untuk menjadi lebih sadar dan peduli terhadap berbagai masalah yang dihadapi oleh masyarakat global, mulai dari perubahan iklim, ketimpangan sosial, hingga isu-isu hak asasi manusia. Dengan akses yang mudah terhadap berbagai sumber informasi, generasi Z memiliki kesempatan untuk mendalami berbagai perspektif dan pandangan yang ada, sehingga memperkaya pemahaman mereka tentang kompleksitas masalah-masalah yang ada. Tidak hanya itu, media sosial juga memberikan platform bagi generasi Z untuk berpartisipasi dalam diskusi publik, berbagi pendapat mereka, serta dapat saling berkolaborasi untuk membantu menyelesaikan isu-isu yang ada.
Peluang Karir dan Bisnis
Media sosial juga memberikan peluang bagi Generasi Z untuk membangun reputasi dan jaringan profesionalnya. Banyak platform, seperti LinkedIn dan Instagram, memungkinkan mereka untuk mempromosikan bakat, karya, dan produk mereka serta membuka peluang karir dan bisnis baru. Melalui platform ini, mereka dapat menampilkan portofolio, membagikan proyek-proyek yang telah dikerjakan, dan berbagai kegiatan yang dapat membangun personal branding yang lebih baik sehingga dapat menunjang prospek karir kedepannya.