Di era milenial saat ini cara masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sangat beragam. Jika di era terdahulu ketika seorang ingin membeli sesuatu harus melakukan perjalanan untuk mendatangi toko atau penjual untuk melakukan transaksi.
 Alhasil, cara tersebut membutuhkan banyak pengorbanan apalagi ditambah dengan waktu perjalanan yang jauh pasti kepanasan, kehujanan dan yang lebih tidak mengenakkan lagi yakni berat diongkos.
Â
Kemudahan dalam hal bertransaksi kini menjadi sebuah hal yang wajib di era milenial saat ini. Apalagi ditengah era digital  transaksi-transaksi secara digital sudah menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari.
Ditambah lagi ditengah era Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) yang merupakan program yang diinisiasi oleh pihak Bank Indonesia (BI) dan industri sistem pembayaran untuk kebutuhan bertransaksi non tunai diseluruh Indonesia, dimana seluruh kartu ATM/debit dapat melakukan transaksi pembayaran disemua mesin EDC.
Dukungan jaringan Prima memberikan kemudahan dalam hal bertransaksi baik untuk berbelanja, traveling, kuliner, teknologi hingga game online melalui fitur dan layanan. Kemudahan dalam bertransaksi tersebut dikemas apik dalam fitur layanan yang dimiliki oleh jaringan Prima yang diantaranya adalahÂ
Pertama, layanan Prima ATM, dimana Prima ATM ini memberikan kemudahan kepada seluruh nasabah mitra bank Prima ATM untuk dapat bertransaksi transfer dana antar Bank, tarik tunai, cek saldo diseluruh mesin ATM berlogo Prima. Tak hanya itu, layanan dan fitur Prima ATM ini memiliki lima keunggulan antara lain, kemudahan dan kenyamanan transaksi ATM di seluruh Indonesia, proses real time  online 24 jam dalam transaksi transfer dana antar bank, terhubung lebih dari 80 Bank di Indonesia, memiliki lebih dari 120.000 jaringan ATM yang terkoneksi dengan internet Banking, mobile Banking dan chanel digital lainnya di seluruh Indonesia, dan yang terakhir efisiensi waktu bagi nasabah Bank ATM Prima.
Layanan Prima kedua yaitu Prima debit yang merupakan layanan yang memberikan kemudahan pembayaran elektronik yang aman, berkualitas dan efisien pada semua mesin EDC. Apalagi Prima debit ini merupakan produk jaringan Prima yang selaras dengan kebijakan Bank Indonesia yaitu GPN. Yang menarik lagi Prima debit ini memiliki dua keunggulan yakni keunggulan bagi nasabah dan keunggulan untuk merchant.Â
Keunggulan untuk nasabah diantaranya nasabah dapat bertransaksi disemua mesin EDC Bank seluruh Indonesia, tidak dikenakan biaya oleh merchant, tidak perlu membawa unag dalam jumlah besar, kenyamanan dan kemudahan berbelanja. Sedangkan keunggulan untuk merchant diantaranya, satu mesin EDC untuk semua kartu, standarisasi besaran MDR, cash handling lebih efektif, mengindari uang palsu dan pangsa pasar yang lebih luas.
Layanan Prima yang ketiga yakni Prima payment solution, dimana layanan ini memberikan kemudahan pembayaran online untuk seluruh nasabah mitra Bank jaringan Prima melalui chanel ATM, internet Banking, mobile Banking, SMS Banking, Teller dan PPOB yang telah terhubung dengan jaringan Prima. Layanan Prima payment solution ini juga memiliki keunggulan diantaranya transaksi diproses secara real time online, Channel pembayaran yang beragam yang terhubung dengan lebih dari 88 mitra biller dengan latar belakang bisnis yang beragam  dan terhubung lebih dari 20 collecting Agent baik Bank dan non Bank.
Tak hanya sampai di situ layanan Prima yang ke empat adalah transaksi internasional yakni kemudahan bagi nasabah mitra Bank jaringan Prima saat berada luar negeri.
Dan untuk layanan Prima yang ke lima adalah top-up uang elektronik Flazz yang mudah dengan menggunakan kartu debit mitra bank jaringan Prima dengan keunggulan yakni proses mudah saat isi ulang saldo yang dapat menggunakan sumber dana dari bank lain dan baiaya yang kompetitif dan yang tak kalah penting adalah secara real time online.
Alhasil dengan layanan jaringan Prima tersebut transaksi akan semakin mudah dan nyaman serta memberikan rasa nyaman bagi para pengguna yang sangat membutuhkan kecepatan kemudahan dan kenyamanan serta keamanan dalam bertransaksi.
Seperti halnya saya saat mengalami kebingungan lantaran kelupaan menyiapkan kebutuhan liburan akhir tahun bagi keluarga. Kejadian tersebut saya alami saat menjelang liburan akhir tahun kemarin. Rutinitas yang padat membuat saya hampir saja melupakan rencana liburan yang sudah direncanakan jauh-jauh hari bersama istri.Â
Ceritanya saat itu kami sekeluarga sepakat untuk melakukan liburan diakhir tahun diluar kota Surabaya, beberapa rencana tempat wisata akan kami kunjungi dan kami memutuskan untuk bermalam untuk beberapa hari di kota tujuan kami tersebut. Dan saya harus melakukan pemesanan baik untuk hotel, tiket dan lainnya dan itu semua harus melakukan transaksi.
Â
Dan karena padatnya pekerjaan disebuah media online semua itu seakan lepas dari ingatan. Hingga tiba-tiba disela-sela obrolan bersama rekan-rekan kerja salah satu kawan berceletuk tentang kegiatan liburan diakhir tahun. " Akhir tahun rencana liburan kemana,..?". Mendengar lontaran pertanyaan tersebut sontak ingatan saya tertuju pada rencana liburan keluarga yang sudah saya rencanakan dan semua kebutuhan liburan belum saya kerjakan sama sekali.
Bingung...dan panik memang. Namun, saya mencoba untuk tenang dan menyelesaikan semua kebutuhan liburan yang sudah saya rencanakan tersebut. saya mulai searching di portal online penyedia kebutuhan traveling. saya mencoba mencari dan memesan hotel, tiket secara online dan melakukan transaksi melalui gawai yang saya miliki dengan layanan Prima Mobile Banking.
Transaksi pun saya lakukan dengan mudah dan aman. Hingga akhirnya kebutuhan liburan saya sudah terselesaikan secara cepat dan nyaman. akhirnya liburan kamipun terlaksana.
Dengan adanya layanan Prima tersebut momen liburan akhir tahun saya bisa terselamatkan dan saya menikmati liburan dengan keluarga secara berkualitas. Saat liburanpun saya memanfaatkan layanan Prima lainya seperti transaksi menggunakan ATM debit, sehingga saya tidak perlu membawa uang cash yang banyak saat liburan. Terimaksih layanan Prima..
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI