Mohon tunggu...
Putri Nafa Munadah
Putri Nafa Munadah Mohon Tunggu... Freelancer - MathEdu

Semoga Bermanfaat

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Belajar Matematika dengan Alat Peraga Jam

5 Juli 2019   17:45 Diperbarui: 25 Juni 2021   14:43 1209
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Belajar Matematika dengan Alat Peraga Jam (unsplash/taylor-wilcox)

Pendidikan sangat penting bagi negara, negara yang memiliki kualitas pendidikan yang bagus dinilai negara itu maju. maka itu pendidikan di Indonesia sangat diutamakan oleh pemerintah. 

Di dunia pendidikan ada berbagai macam mata pelajaran, salah satu nya mata pelajaran matematika. Matematika merupakan salah satu pengetahuan yang paling bermanfaat dalam kehidupan. 

Hal ini, dikarenakan matematika selalu ada di dalam kehidupan. Namun nyatanya matematika sering dianggap sebagai salah satu mata pelajaran yang sulit dan membosankan, karena dianggap sulit dan membosankan pelajaran matematika bisa menjadi masalah maupun kendala dalam proses belajar mengajar. Tidak heran matematika merupakan mata pelajaran yang paling tidak diminati oleh siswa.

Baca juga : Tips Menjalankan Perkuliahan Menggunakan Metode Pembelajaran Daring di Masa Pandemi

Untuk membangun minat siswa dalam mata pelajaran matematika, sebagai guru perlu ada nya inovasi dalam menyajikan materi saat pembelajaran. matematika sendiri pada dasarnya mengajarkan logika berfikir berdasarkan akal dan nalar. 

Sehingga secara natural model pembelajaraan matematika yang baik adalah secara nyata dengan melihat, merasakan, dan melakukan dengan tangan para siswa. atau secara konsep bisa diajarkan dengan cara dilihat, dipegang dan dimainkan, digambar, diucapkan, lalu ditulis. 

Untuk itu, alat peraga dibutuhkan dalam pengajaran. Alat peraga yaitu alat yang dapat diserap oleh mata dan telinga untuk membantu guru dalam menjelaskan dan mewujudkan konsep pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk berfikir menggunakan benda-benda konkret. 

Alat peraga jam dinding ini digunakan sebagai media pembelajaran matematika untuk membantu siswa dalam membaca jam, dan pengukuran sudut. Alat peraga  jam ini terbuat dari bahan-bahan sederhana. Alat peraga ini dapat digunakan untuk mengajar SD.

Alat peraga yang dibuat ini adalah berbentuk lingkaran yang terdiri dari angka 1 sampai 12. Jika jam ini digunakan untuk menghitung sudut maka setiap angka jam diberi sudut-sudut nya. Tujuan dari pembuatan alat peraga ini adalah untuk membantu siswa dalam membaca satuan waktu, dan bisa menghitung besar sudut disetiap angka jam. Karena banyak anak yang masih kurang paham dalam materi ini.

Baca juga : Keefisienan Pembelajaran pada Masa Daring di Era Pandemi Covid-19

Alat dan bahan pembuatan :

DOKPRI
DOKPRI
Cara membuat alat peraga jam :
  1. Triplek dipotong sehingga membentuk satu buah persegi dengan panjang sisi nya 50 cm.
  2. Lalu, list kayu di potong sesuai dengan sisi dari triplek yang sudah jadi.
  3. Triplek dan list kayu di cat sesuai selera.
  4. Setelah triplek dan list kayunya kering disatukan dengan menggunakan lem fox.
  5. Karton dipotong membentuk lingkaran berdiameter 36cm, lalu ditempelkan pada triplek.
  6. Buat derajat 0, 30, 60,..., 360, berkelipatan 30, lalu tempelkan ke karton tersebut sesuai derajatnya dengan menggunakan busur.
  7. Buat angka 1-12, lalu ditempel ke lingkaran sesuai derajatnya, seperti angka 12 dengan 0, 1 dengan 30, dan seterusnya.
  8. Lapisi lingkaran jam dengan  plastik parsel.
  9. Buat jarum jam menggunakan triplek, dengan ukuran 21cm dan 14cm.
  10. Gabungkan jarum jam tersebut ke lingkaran dengan menggunakan baut.
  11. Setelah itu, gabungkan setiap bagian bagian tersebut menggunakan baut sehingga bisa di lepas pasang.

Cara bermain alat peraga :

Sudut

  1. Untuk menentukan sudut lancip, maka putarlah jarum jam yang menunjukan pukul 14:00.
  2. Untuk menentukan sudut siku siku, maka putarlah jarum jam yang menunjukan pukul 09:00.
  3. Untuk menentukan sudut tumpul, maka putarlah jarum jam yang menunjukan pukul 07:00

Baca juga : Cara Meningkatkan Semangat Belajar pada Saat Pembelajaran Daring dengan Ice Breaking

Menentukan pukul jam

  1. Siswa mencocokan antara jam digital dengan jam di alat peraganya. Dan siswa mencoba menunjukan pukul yang diminta guru

Kelebihan dan kekurangan dari alat peraga ini :

DOKPRI
DOKPRI

Guru harus mampu membuat alat peraga yang  menarik untuk siswa agar minat siswa dalam mata pelajaran matematika semakin meningkat dan diharakan guru harus menguasai alat peraga tersebut dan membuat alat peraga sesuai dengan karakter siswanya. oleh karena itu, dengan ada nya alat peraga jam ini diharapkan siswa dapat lebih tertarik dalam mata pelajaran matematika.

Dibuat oleh:

  1. Putri Indah Sari
  2. Nafa Anindita Awalia
  3. Munadah

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun