Minggu kemarin, penulis telah membahas tentang bagaimana konselor seharusnya bersikap kepada siswa (klien), yang di antaranya adalah konselor harus melayani semua sisiwa, tidak hanya yang bermasalah saja tetapi juga melakukan pencegahan bagi siswa yang tidak bermaslah agar tidak terjerumus dalam jurang penyesalan.
Selanjutnya, pada kesempatan kali ini penulis ingin membahas tentang bagaimana cara konselor menghadapi siswa yang sedang mengadukan permasalahannya pada komselor. Karena pada hakikatnya, seorang konselor tidak bisa memberikan solusi secepat dokter memberikan resep pada pasiennya, tetapi harus melalui beberapa tahap di bawah ini. J
Langkah pertama:Tenangkan diri
Pada saat siswa datang ke ruang konseling dan  mengadukan permasalahannya, sikap sebagai konselor yang baik adalah berusaha tidak membuatnya tambah panik,  tetapi menenangkan diri siswa tersebut agar ia tetap tenang dalam menghadapi permasalahannya dan agar ia tetap berprasangka baik terhadap apa yang akan ia hadapi selanjutnya serta meyakinkannya bahwa semua permasalahan pasti ada solusinya, yakinkan juga bahwa tuhan tidak akan memberikan cobaan di luar kemampuannya (landasan religi).
Langkah ke-dua: Amati
Setelah mengetahui permasalahan siswa tersebut, hendaknya konselor melakukan pengamatan terhadap beberapa variabel di bawah ini:
Lingkungan dimana siswa itu tinggal
Dengan siapa saja ia berinteraksi atau teman dekatnya dan
Apa saja aktivitas/kegiatannya selain ke sekolah
Setelah mendapatkan data dari beberapa variabel di atas, lakukan langkah ketiga.
Langkah ke-tiga: Pelajari
Langkah ketiga ini merupkan langkah untuk mendapatkan dan memutuskan suatu pemecahan masalah, pelajari lebih lanjut dari data-data yang telah didapat dari langkah kedua, maka konselor akan mengetahui apa yang dibutuhkan oleh siswa tersebut hingga pada akhirnya menemukan solusi yang tepat.
Langkah ke-empat: Berikan solusi
Setelah menemukan solusi yang tepat, berikan solusi tersebut pada siswa yang telah dilakukan pengamatan sebelumnya. Solusi ini juga dapat bermanfaat bagi siswa yang mengalami masalah yang sama.
Sekian pemaparan dari penulis, semoga bermanfaat .^_^.