Mohon tunggu...
Nadya Oktavia Susanti
Nadya Oktavia Susanti Mohon Tunggu... Guru - PAI A9 IAIN JEMBER T20171358

Berani memulai usaha. Fokus dengan Produk. konsisten untuk terus memasarkan

Selanjutnya

Tutup

Money

Mari Belajar Apa Itu Marketing Plan

12 April 2020   23:13 Diperbarui: 12 April 2020   23:22 29
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Assalamualaikum readers.. 

Semoga selalu senantiasa diberikan kesehatan dan kelancaran dalam segala hal yang di lakukan amin.. 

Marketing Plan atau perencanaan pemasaran adalah salah satu hal yang sangat penting bagi kita dalam memulai sebuah usaha, hah kenapa bisa penting? Ya benar sekali karena suatu pemasaran yang baik maka akan memberikan feedback pemesanan product yang baik juga. Kuta bisa mendapatkan banyak keuntungan dari sini.

Nah apa saja sih yang penting dalam merancang atau menyusun marketing plan?

1. Tujuan, ya kita harus mengetahui apa sih tujuan kita dalam membuka bisnis mau kita bawa kemana bisnis kita dan agar ketika sudah ada tujuan maka kita akan menjadi kus terhadap apa yang ingin kita capai. 

2. Target pasar, sebelum kita menjual product kita sangat penting untuk kita mengecek dulu keadaan pasar yang ingin kita distribusikan product kita apa benar product kita akan mudah di terima dan sangat cocok dan dibutuhkan masyarakat tersebut dan apakah harga dengan keadaan oasar kuta sudah coxok. 

3. Prioritas, kita harus tau dan dapat membedakan mana prioritas dan mana yang bukan sehingga dalam memajukan usaha kita dapat memilah dan menomor duakan yang bukan prioritas. Misalnya bnyak repeat order yang menyukai product A, maka kita harus memperbnyak product tersebut dari pada product yang tidak begitu diminati. 

4. Fokus terhadap ide, ya memang memiliki banyak ide adalah hal yang baik, namun memiliki satu ide dan itu bisa kita realisasikan dan kita kembangkan itu jauh lebih baik. 

5. Bugeting, sangat penting dalam memulai usaha dalam menentukan berapa modal awal, karena kita tidak bisa seeenaknya mengeluarkan uang kita untuk usaha tanpa kita hitung terlebih dahulu, disini fungsi menetapkan modal adalah agar lebih mudah untuk kuta dalam mengjitung hasil yang kuta dapat. 

Okee sudah kuta ulas sedikit mengenai Marketing plan yuuk lanjut ke Segmentasi, apasih Segmentasi? 

Segmentasi adalah sebuah usqha yang kuta lakukan dalam mengorganisir atau mengelompokan konsumen sesuai dwngan apa yang mereka butuhkan misalkan apabila kita menjual sebuah product kecantikan, kita mengelompikanya yaiti dengan orang-orang atau masyarakat yang ada di daerah pantai cenderung bercuaca panaa sehingga kita lebih memperbnyak product yang melindungi kulit, sedangkan untuk daerah pegunungan karena dingin maka kita akan memperbanyak product seperti pelembab karena cenderung kering di kulit. 

Selanjtnya kita akan membahas tentang cara dan langkah membuat marketing plan

Ya ada beberapa hal yang perlu kita lakukan dalam membuat marketing plan, 

1. Executive summary, atau profil dari peeusahan kita, iya ini penting agar ketika kita akan menjalin sebuah kerjasama kita akan mudah dalam menjelaskan kepada calon relasi dan bahkan hal ini ketika kita bagus dalam membuatnya kita akan dapat menarik minat relasi kita untuk bekerja sama. 

2. Spesifikasi konsumen, kita harus tahu lebih dalam siapa yang akan menjadi konaumen kita sehingga kuta dapat menyesuaikan baik harga isi dan packaging sehingga menhasilkan  keuntungan yang kita inginkan. 

3. Menciptakan sebuah product dengan keunnikanya sendiri sehingga konsumen tau dan mudah hapal dengan product kita. 

4. Strategi promosi, iya diaini penring sekali memilih strategi promosi karna akan sangat mempengaruhi banyaknya pelanggan, di zaman serba teknologi ini media sosial adalah hal yang tidak bisa di anggap remeh dalam hal promosi. 

5. Distribusi yang jelas, iyaa kuta harus tau alur diatribusi product kita sehingga jelas datang kekonsumen dan tidak menghabiskan banyak waktu di perjalanan. 

Selanjutnya yang harus ada dalam marketing plan adalah Targeting dan Positioning 

 Apa sih Trageting? :'

Targeting adalah suatu usah yang kuta lakukan dalam mengevaluasi atau melihat secara mendalam apa saja yang dibutuhkan oleh konsumen disesuaikan dengan product yang kita jual. Apakah product kita sudah sesuai dengan harapan konsumen atau belum. 

Positioning adalah sebuah penanaman citra atau sebuah proses branding product ke masyarakat agar masyarakat benar-benar mengenal product kuta dan percaya bahwa product kita adalah salah satu yang terbaik dan tidak ragu ketika membeli, sehingga product kuta sudah memiliki temoat di masyarakat. 

Oke selanjutnya kita juga harus memiliki strategi product, bagaimana strategi product itu? 

Strategi product adalah sebuah cara atau langkah yang kuta tempuh atau lakukan agar sebuah pridcut yang kita jual dapat di terima. Product yang kuta jual haruslah memiliki atau mencapai semua kriteria seperti :

1. Inti product, barang yang kita jual bukan hanya agar kita mendapatkan untung semata namun haruslah sebagai product yang dapat bermanfaat bagi orang lain. 

2. Wujud prodcut, product yang dijual  haruslah memiliki wujud yang sangat menarik aman dan sesuai dengan prodcut yang dijual. 

3.kesemournaan sebuah product yaitu product memiliki gabungan dari kedua point sebelumnya. Sehingga ketika sampai ditangan konsumen product benar-benar memuaskan baik dari segi wujud maupun manfaatnyya. 

Yang terakhir adalah harga dan promosi, 

Ya ini adalah point penting, kta harus bisa menentukan harga dan metode promosi yang cocok dan sesuai dengan product kita. Dan kita tidak boleh merugikan konsumen hanya agar kuta mendapatkan untung yang banyak misalkan berbicara tentang keadaan sebuah product tidak seauai dengan keadaan aslinya dan menjual dengan harga yang mahal. Maka diaini menyesuaikan kualitas barang denga harga yang seauai adalah hal yang sangat baik dan tips dari saya lebih baik untuk sedkit dulu tapi usaha dan konsumen selalu repeat order daripada untung banyak hanya satu kali. Dan ketika kuta sudah menentukan harga yang sesuai kita harus mempromosikanya dengan baik kita bisa lewat pamflet, media sosial dengan design yang seauai dan menarik. 

Alhamdulillah akhirnya kita sudah sampai di akhir ulasan hehe

Semiga berkah dan bisa menambah sedikit pengetabuan ya Readers.. 

Wasalamualaikum wr wb

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun