Â
KKN MBKM UM -- Rabu (9/11/2022) Salah satu bentuk program kerja mahasiswa KKN MBKM Universitas Negeri Malang, yakni berupa kegiatan "Edukasi Persiapan Pendidikan Lanjutan Tingkat Perguruan Tinggi di SMK Darul Hikam Bantur". Program ini diberi nama Eduverse 2022 yang merupakan singkatan dari Education Universe.Â
Program ini dilaksanakan di SMK Darul Hikam Bantur yang terletak di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan wawasan siswa kelas 12 SMK Darul Hikam Bantur terkait kehidupan seputar dunia perguruan tinggi.
Pengetahuan yang didapatkan dari kegiatan ini dirasa sangat diperlukan oleh siswa yang telah menduduki kelas 12 SMA/SMK karena dalam fase ini banyak siswa kelas 12 yang masih kebingungan dalam menentukan rencana karir mereka untuk mengenyam pendidikan lanjutan di tingkat perguruan tinggi.Â
Menurut Yunita dan Rahayu (2021), fenomena yang terjadi pada siswa kelas 12 terkait kematangan karir mereka adalah banyak siswa yang kurang mengenali dirinya. Mereka kurang memahami kemampuan dan minat yang dimiliki. hal tersebut menyebabkan kebingungan dalam memilih program studi ataupun jurusan yang akan mereka tekuni di perguruan tinggi.
Suwanto (2016) mendefinisikan bahwa kematangan karir sebagai bentul kesiapan afektif dan kognitif seseorang dalam menghadapi fase perkembangan mereka, yaitu perkembangan biologis, sosial, dan harapan dari masyarakat sesuai tahap perkembangannya.Â
Kesiapan afektif terdiri atas perencanaan dan eksplorasi karir, sedangkan kesiapan kognitif terdiri atas kemampuan dalam mengambil keputusan dan wawasan mengenai dunia kerja. Saifuddin (2018) juga menambahkan bahwa  kematangan karir menunjukkan ada atau tidaknya gambaran karir masa depan pada diri siswa sesuai dengan realita, seperti minat dan bakat yang ingin dikembangkan.
Dalam kegiatan ini, siswa kelas 12 SMK Darul Hikam disediakan modul digital yang berisi tentang jenis-jenis perguruan tinggi yang meliputi jenjang Sarjana dan Vokasi, yaitu Universitas, Institut, Sekolah Tinggi dan juga jenjang vokasi tersendiri, yaitu Politeknik, dan Akademi. Selain itu, terdapat materi bonus berupa pengetahuan sekilas tentang lembaga kursus keprofesian.Â
Tujuan dari penggunaan modul digital dalam kegiatan ini adalah agar siswa mengakses modul dengan lebih fleksibel dimana pun dan kapan pun. Pada modul ini juga ditambahkan fitur yang terdapat pada lambang-lambang perguruan tinggi yang tercantum. Lambang-lambang tersebut jika diklik, akan langsung diarahkan ke website resmi dari perguruan tinggi yang bersangkutan sehingga siswa dapat mencari tahu lebih detail terkait profil perguruan tinggi tersebut.
Di akhir kegiatan ini terdapat sesi tanya jawab, pembagian hadiah, dan juga foro bersama. Harapan dari dilaksanakannya kegiatan ini adalah mampu meningkatkan wawasan dan kesadaran terhadap kematangan karir siswa SMK Darul Hikam Bantur terkait gambaran pemilihan karir yang akan mereka tekuni di masa depan.
Sumber Rujukan
Saifuddin, A. (2018). Kematangan Karir Teori dan Strategi Memilih Jurusan dan Merencanakan Karir. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Suwanto, I. (2016). Konseling Behavioral dengan Teknik Self Management untuk Membantu Kematangan Karir Siswa SMK. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 1, (1), 1-5.Â
Yunita, I., & Rahayu, A. (2021). Internal Locus of Control dan Konsep Diri Hubungannya dengan Kematangan Karir Siswa SMA X Bekasi. Jurnal IKRA-ITH Humaniora, Vol(5) No(1).Â
Penulis : Nadya BellaÂ
Dosen Pembimbing : Duwi Leksono Edy, S.Pd, M.Pd
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H