Mohon tunggu...
nadja keona azalia
nadja keona azalia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Halo, perkanalkan saya Nadja Keona Azalia, mahasiswa semester 5 dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Strategi Pandawara Group dalam Meningkatkan Kesadaran Lingkungan dengan Media Komunikasi TikTok

1 November 2023   15:31 Diperbarui: 1 November 2023   15:37 1173
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Latar Belakang 

Sangat sedikit yang diketahui tentang kesadaran lingkungan di Indonesia. Rendahnya tingkat perilaku lingkungan yang dilaporkan menimbulkan pertanyaan tentang apa yang dimaksud dengan mengidentifikasi diri sebagai pecinta lingkungan di Indonesia. Kami mengeksplorasi tentang isu-isu lingkungan di tingkat lokal, nasional, dan internasional; apa yang mereka pikir dapat mereka lakukan untuk mengatasi isu-isu tersebut; hambatan yang dirasakan dalam menyelesaikan masalah; dan siapa yang bertanggung jawab untuk menyelesaikan masalah tersebut. 

Kami mengidentifikasi limbah/sampah sebagai masalah utama di tingkat lokal, tetapi tidak memiliki informasi yang cukup tentang isu-isu lingkungan di tingkat nasional dan internasional. Mereka tidak tahu bagaimana cara mengatasi masalah lingkungan, yang mencerminkan kelemahan PLH dalam pemecahan masalah. Mereka tidak pernah mengidentifikasi konsumsi sebagai masalah. Kurangnya pengetahuan, kepedulian dan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan sebagai hambatan utama dalam memecahkan masalah lingkungan.

Komunikasi lingkungan berperan penting dalam mengartikulasikan isu-isu lingkungan dan bencana seperti pemanasan global, kenaikan suhu permukaan air laut, polusi, dan pelestarian alam. Tidak hanya menyampaikan informasi dan dialog tentang lingkungan, namun juga diwujudkan dalam bentuk aksi seperti protes, poster, film, dan partisipasi nyata. titik temu komunikasi lingkungan di Indonesia seharusnya terletak pada aksi yang melibatkan partisipasi masyarakat dalam gerakan konservasi.

Namun akhir-akhir ini Pandawara group menjadi perbincangan publik, Pandawara Group adalah sebuah organisasi lingkungan hidup yang berbasis di Indonesia yang berfokus pada peningkatan kesadaran masyarakat tentang isu-isu lingkungan. Grup ini bertujuan untuk mengedukasi dan melibatkan masyarakat melalui berbagai saluran komunikasi, termasuk platform media sosial seperti TikTok.

Strategi Pandawara Group dalam menggunakan TikTok sebagai media komunikasi adalah untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan lebih muda. TikTok merupakan platform yang populer di kalangan anak muda Indonesia, sehingga menjadi alat yang efektif untuk menyebarkan informasi dan meningkatkan kesadaran tentang lingkungan. Dengan memanfaatkan TikTok, Pandawara Group dapat membuat konten yang menarik dan menghibur yang dapat menarik perhatian pengguna dan menyampaikan pesan-pesan penting tentang pelestarian lingkungan.

Strategi komunikasi TikTok grup ini melibatkan pembuatan video pendek dan berdampak besar yang membahas berbagai topik lingkungan seperti pengelolaan limbah, deforestasi, dan perubahan iklim. Video-video ini sering kali menggabungkan konten edukasi dengan penceritaan yang kreatif, musik, dan efek visual agar lebih menarik dan mudah dibagikan.

Selain itu, Pandawara Group berkolaborasi dengan para influencer TikTok dan advokat lingkungan untuk memperkuat pesan mereka dan menjangkau audiens yang lebih luas. Dengan bermitra dengan pengguna TikTok populer yang memiliki pengikut yang signifikan, Pandawara Group dapat memanfaatkan pengaruh mereka untuk menyebarkan kesadaran dan mendorong tindakan lingkungan yang positif.

Melalui strategi komunikasi TikTok mereka, Pandawara Group bertujuan untuk membuat kesadaran lingkungan menjadi lebih mudah diakses, mudah dipahami, dan menyenangkan bagi generasi muda. Dengan menggunakan platform yang sudah mereka gunakan, grup ini dapat secara efektif mempromosikan praktik-praktik berkelanjutan, menginspirasi perubahan perilaku, dan memberdayakan individu untuk mengambil tindakan bagi lingkungan.

Tiktok dan Pandawara Group

Tiktok adalah platform jejaring sosial dan video musik Tiongkok yang dirilis pada september 2016 dan memungkinkan penggunanya membuat video pendek yang keren dan menarik perhatian banyak orang. Orang dewasa dan anak-anak sangat menyukai aplikasi Tiktok ini untuk membuat video pendek yang didukung musik. Aplikasi ini juga memungkinkan Anda melihat video pendek dengan berbagai video dari pembuatnya. TikTok dapat memberikan dampak pada massa dan mempengaruhi perilaku penonton sesuai dengan model komunikasi multi-langkah. Sebagai model aliran dua langkah, TikTok dapat memengaruhi para pemimpin opini yang kemudian dapat menyebarkan informasi tersebut ke khalayak yang lebih luas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun