Mohon tunggu...
Nadin
Nadin Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pelajar/mahasiswa

Gemar menulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran: Tantangan dan Peluang di Kurikulum Merdeka

13 Desember 2023   19:45 Diperbarui: 13 Desember 2023   19:47 401
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Pendidikan merupakan salah satu sektor penting dalam pembangunan suatu negara, karena pendidikan merupakan salah satu cara untuk meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas. Karena pendidikan pada hakekatnya dapat meningkatkan dan mengembangkan potensi dan kualitas hidup manusia, maka dianggap penting bagi pertumbuhan suatu bangsa. Tujuan ini membutuhkan modifikasi dan kemajuan berkelanjutan dalam pendidikan. Dalam meningkatkan kualitas pendidikan, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan merubah kurikulum. Dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia menteri Kebudayaan menerapkan program “Merdeka Belajar”. Merdeka belajar merupakan salah satu upaya dalam menciptakan pendidikan yang berkualitas. 

Upaya peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia harus dibarengi dengan perkembangan teknologi. Di era globalisasi ini, teknologi berperan sangat penting karena merupakan modal utama didalam persaingan global. Setiap negara berlomba-lomba untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Teknologi dalam pendidikan sebagai wadah dalam memfasilitasi proses belajar sehingga dapat digunakan sebagai sumber belajar supaya terbentuk pendidikan yang efisien dan efektif. Namun, seiring kemajuan teknologi, muncul berbagai permasalahan yang dihadapi oleh para guru dalam mengadopsi dan memanfaatkan teknologi. Meskipun demikian, implementasi teknologi dalam pembelajaran menjadi tonggak penting yang memperkaya pengalaman belajar siswa, sambil membawa tantangan sekaligus peluang dalam kurikulum sekolah. Berikut tantangan Implementasi teknologi di kurikulum merdeka:

1. Kurangnya pelatihan bagi guru dan tenaga pendidikan

Pelatihan yang memadai diperlukan agar guru dan tenaga pendidikan dapat memahami konsep dan tujuan Kurikulum Merdeka berbasis teknologi. Pelatihan yang kurang dapat menghambat potensi penuh teknologi dalam meningkatkan pembelajaran.

2. Manajemen infrastruktur yang kurang 

Kurangnya manajemen infrastruktur yang efisien dapat menghambat kelancaran proses pembelajaran, memunculkan risiko keamanan data, dan menghambat inovasi.

3. Aksesibilitas teknologi yang tidak merata 

Aksesibilitas teknologi dalam Kurikulum Merdeka mengacu pada kemampuan siswa dan lembaga pendidikan untuk meraih dan memanfaatkan teknologi dengan merata. Ini mencakup ketersediaan perangkat keras, konektivitas internet, serta pemahaman dan keterampilan guru dalam mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran. 

Peluang Implementasi teknologi di Kurikulum Merdeka:

1. Pengajaran yang lebih terbuka dan fleksibel

Pengajaran yang lebih terbuka dan fleksibel dapat dicapai melalui teknologi pendidikan, memfasilitasi akses yang lebih terbuka terhadap materi pembelajaran. Dengan adanya kursus daring (online), siswa dapat belajar sesuai jadwal pribadi mereka, memberikan fleksibilitas terutama bagi mereka yang memiliki komitmen lain seperti pekerjaan atau tanggung jawab keluarga.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun