Dibuat oleh:Â
Achmed Fajar Husein (2214140015)
Nadila Uswatun Hasanah (2214140013)
Normelli (2214140019) Â Â Â Â Â Â Â
   Â
 Definisi Biaya Relevan dan Tidak Relevan
Biaya relevan adalah biaya yang terjadi pada masa mendatang dalam berbagai alternatif untuk pengambilan keputusan manajemen. Bisa disebut sebagai by diferensial yaitu biaya yang memiliki alternatif berbeda-beda. Sebaliknya, biaya tidak relevan adalah biaya yang tidak mempengaruhi pengambilan keputusan, oleh karena itu biaya ini tidak perlu dipertimbangkan dalam proses pengambilan keputusan.
Pengertian Biaya Relevan menurut beberapa para ahli:
1. Menurut Horngren, et al. (2023):
Biaya relevan adalah biaya yang berbeda antara dua atau lebih alternatif yang sedang dipertimbangkan dalam pengambilan keputusan. Biaya relevan hanya mencakup biaya-biaya yang akan berubah sebagai akibat dari keputusan yang diambil.
2. Menurut Garrison, et al. (2022):
Biaya relevan adalah biaya masa depan yang dipengaruhi oleh keputusan manajemen. Biaya relevan hanya mencakup biaya-biaya yang akan berbeda di antara alternatif-alternatif yang sedang dipertimbangkan.
3. Menurut Hansen dan Mowen (2021):
Biaya relevan adalah biaya yang akan berubah sebagai akibat dari suatu keputusan yang diambil. Biaya relevan hanya mencakup biaya-biaya yang berbeda di antara alternatif-alternatif yang sedang dipertimbangkan.
Jadi, dapat disimpulkan definisi dari biaya relevan adalah biaya masa depan yang akan berbeda di antara alternatif-alternatif dalam pengambilan keputusan manajemen. Biaya relevan hanya mencakup biaya-biaya yang akan terpengaruh oleh keputusan yang diambil, tidak termasuk biaya-biaya tetap yang tidak berubah.
Biaya relevan dan tidak relevan
Perusahaan Unreal Vapor Biaya Relevan Dan Tidak Relevan memilih supplier dalam pembelian bahan baku dengan harga sebagai berikut:
Supplier Dari Jawa
Supplier Dari Banjarmasin
Harga bahan Baku per box
Rp 3.750.000
Rp.3.750.000
Biaya Pengiriman
Rp 250.000
Rp 150.000
Pengambilan Keputusan
   Ada sub topik berikut perusahaan harus mampu memilih satu dari beberapa alternatif.
   Tentunya keputusan yang diambil manajemen jangan sampai merugikan perusahaan.
   Pengambilan keputusan yang diambil manajemen meliputi berbagai macam hal, misalnya :
- Keputusan untuk menyewakan atau menjual fasilitas perusahaan
- Keputusan menjual atau mengolah lebih lanjut, dll.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H