Mohon tunggu...
Nadila Dila
Nadila Dila Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Manajemen Bisnis Syariah

Viva La Vida 🍉

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pemasaran

23 Maret 2024   18:47 Diperbarui: 23 Maret 2024   19:01 70
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

STRATEGI PEMASARAN JASA & PRODUK BISA DI SAMAKAN?

Nah sobat, kali ini kita akan membahas tentang strategi pemasaran yaitu lebih jelasnya pada strategi pemasaran jasa & produk . Mungkin masih banyak di luaran sana yang keliru akan kedua hal tersebut apakah strategi mereka bisa disamakan?

Tentunya tidak yah sobat, karena mereka berbeda dan keduanya memiliki karakteristiknya masing-masing serta pendekatan yang berbeda-beda pula.

Bisa di lihat dari strategi pemasaran jasa ia memiliki beberapa strategi yaitu:

- Memberikan pelayanan terhadap konsumen secara efisien

-Memberikan kepuasan terhadap pelanggan

-Memanfaatkan adanya teknologi terutama sosial media 

-Adanya peran penting karyawan  terhadap pelayanan konsumen

- Selalu beradaptasi pada budaya yang berkembang

-Menentukan harga yang tepat dan masuk akal.

Sedangkang strategi pemasaran Produk adalah strategi pemasaran para pebisnis untuk mencapai target penjualan.Berikut beberapa strategi pemasaran produk atau biasa disebut 4p :

- Product, awal pemasaran tentulah mesti ada yang namanya sebuah produk .Karena produk lah yang nantinya akan jadi bahan pemasaran.

- Price, Price atau harga merupakan salah satu strategi pemasaran produk  untuk mendapatkan financial income bagi sang pemilik usaha.

-Place, place yaitu tempat dimana para pemilik usaha membangun, memasarkan produk nantinya .

-Promotion, dan yang terakhir yaitu adalah promosi , dalam pemasaran promosi sangat penting ,karena dengan adanya promosi para konsumen dapat mengetahui produk si pemilik usaha tersebut.

Jadi , dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran jasa dan produk sangatlah berbeda yah sobat.

HUBUNGAN ANTARA BAURAN PEMASARAN  dengan STRATEGI PEMASARAN PERUSAHAAN

Mereka  saling memiliki  hubungan karena pada dasarnya bauran pemasaran yaitu kumpulan alat pemasaran taktis yang dipadukan perusahaan untuk menghasilkan respon yang diinginkan di pasaran .Dan strategi pemasaran perusahaan dapat tersusun dengan rapi dan berjalan sesuai keinginan jika bauran pemasaran nya jelas.

Demikianlah pembahasan mengenai strategi pemasaran , semoga bermanfaat bagi para pembaca , sukses selalu sobat -sobatku.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun